uefau17.com

Berkunjung ke Zona Alam, Sejarah, dan Budaya di Samurangau Eco Park - News

, Paser Terletak di Desa Samurangau Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Samurangau Eco Park wajib masuk daftar wisata, terutama buat Anda yang menyukai petualangan. Samurangau Eco Park dapat dijelajahi dengan mengelilingi hutan asli Samurangau. 

Ketika memasuki wisata ini, Anda akan disambut suara satwa, pepohonan yang tinggi yang memenuhi hutan. Juga ada rumah besar atau dalam bahasa Paser disebut Lou Olay. 

Lou Olay dibuat dari material kayu sirap untuk diletakkan di atas bangunan atau atap. Seluruh bangunan di Lou Olay 98% terbuat dari material kayu ulin yang merupakan kayu khas Kalimantan, dengan karakteristik serat kayu sempurna dan tahan lama. 

Lou Olay memiliki tiga lantai. Jika ingin masuk ke dalam harus masuk dari sisi kanan dan keluar dari sisi kiri. Tujuannya tentu, agar saat pengunjung masuk dan keluar tidak saling bertabrakan. 

Tempat wisata yang mengusung konsep agro edu wisata ini dibangun pada 2021 dan dibuka untuk umum pada 2022.  Kawasan seluas 45 hektare ini merupakan wisata yang dibangun oleh PT Kideco Jaya Agung dan pengelolaannya diserahkan kepada warga setempat.

"Kawasan ini membawa harapan besar bagi kami untuk dapat dikembangkan dan bermanfaat jangka panjang khususnya bagi para generasi muda," kata Direktur Utama PT Kideco Jaya Agung, M Kurnia Ariawan.

Selain itu, ada tiga zona yang ada di wilayah ini, yaitu zona sejarah, zona alam, dan zona budaya. Meski beberapa zona masih dalam tahap pengembangan demi kenyamanan para pengunjung, namun dipastikan setiap zona memiliki keunggulannya masing-masing. Kawasan agro edu wisata ini juga dilengkapi dengan parkiran, toilet, dan juga ada beberapa spot goa batu karst yang bisa dikunjungi. 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat