uefau17.com

Sayangkan Kericuhan di Pasar Kutabumi Tangerang, Pj Bupati: Harusnya Kedepankan Sisi Humanis - News

, Jakarta - Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony Prihartono menyangkan insiden kericuhan antar kelompok yang terjadi di Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang, Banten. Menurutnya, insiden semacam ini harusnya tidak terjadi dalam penertiban pedagang pasar.

"Saya menyayangkan adanya hal ini, harusnya mengkedepankan sisi humanis," kata Andy saat meninjau lokasi kejadian kericuhan, di Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang, Minggu (24/9/2023).

Andi menyebut, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak Forkopimda dan kepolisian untuk segera menyelesaikan permasalahan yang sedang terjadi di wilayahnya tersebut.

"Selanjutnya, kami sudah koordinasi dengan pihak Forkopimda dan kepolisian," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan kericuhan antarkelompok di Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang. Bahkan, ada pedagang atau pemilik toko yang mengaku barang dan uangnya dijarah kelompok tak dikenal tersebut.

Video berdurasi lebih dari 30 detik itu awalnya memperlihatkan, sekelompok orang yang merusak fasilitas pasar dan juga masuk ke area kios. Lalu, kelompok lain yang diduga adalah para pedagang coba membela diri dengan melemparkan berbagai benda tumpul, seperti bambu, kayu dan lainnya.

"Keributan di Pasar Kutabumi, minta polisi untuk netral. Antara ormas dengan pedagang," ujar pria dalam menarasikan video tersebut.

Sementara, sejumlah pedagang mengalami luka karena mempertahankan barang dagangannya. Bukan hanya itu, sejumlah ruko mengalami kerusakan, serta adanya barang dagangan yang hilang dicuri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Minta Para Pelaku Serahkan Diri

Terkait hal ini, Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono meminta pelaku kericuhan di Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang, untuk menyerahkan diri. Bila tidak, polisi akan bertindak tegas untuk menjemput paksa pelaku kericuhan yang menyebabkan korban luka-luka tersebut.

"Kami mengimbau kepada pihak yang terlibat, untuk secara sukarela menyerahkan diri kepada Polisi. Dan kami akan menegakan hukum secara profesional," ujar Sigit saat mengamankan lokasi kejadian kericuhan, di Pasar Kutabumi, Kabupaten Tangerang, Minggu (24/9/2023).

Lebih lanjut, Sigit menegaskan, siapapun yang terlibat dalam kericuhan Pasar Kutabumi di sore hari, baik itu dari kubu orang tak dikenal, ormas, pedagang, untuk secara sukarela menyerahkan diri dan melaporkannya kepada kepolisian.

"Kami akan melakukan penyelidikan dan investigasi lebih dalam terkait peristiwa ini, dan sekaligus mencari pihak-pihak yang bertanggungjawab terhadap tindak pidana dan motifnya,"kata Kapolres.

Sementara, untuk malam hari atau pasca-kericuhan terjadi, petugas gabungan dari Satpol PP dan Polsek Pasarkemis, akan berjaga siaga di lokasi kejadian.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat