uefau17.com

Heru Budi Minta Daerah Penyangga Jakarta Rutin Tanam Pohon untuk Kurangi Polusi Udara - News

, Jakarta - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta daerah penyangga Ibu Kota untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) dengan rutin menanam pohon.

"Saya nanti bersama dengan para pejabat Jabotabek kalau kita bisa bersama-sama jangka panjang RTH di se-Jabotabek, ya kita harus lakukan penanaman pohon dan seterusnya harus bersama-sama," kata Heru dalam sambutannya di acara Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara di DKI Jakarta di Hotel Shangri La, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2023).

Heru pun menunjukkan, jika pihaknya hampir setiap pekan melakukan penanaman pohon di Jakarta.

"Kalau saya setiap hampir setiap Minggu nanam pohon, melakukan itu. Saya minta rekan-rekan Bekasi, Bogor, Depok juga sama-sama. Perlu disumbang nggak pohonnya dari Dinas Pertamanan?" ujar Heru.

Selain itu, Heru memberikan saran kepada pemerintah daerah (pemda) penyangga agar penanaman pohon dilakukan oleh swasta melalui CSR.

"Saya rasa kita bisa menggunakan CSR. Jadi bapak tunjuk saja daerah mana, titik (wilayahya). Nanti kita bersama-sama para stakeholder yang bisa melakukan ini," ujar Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Daerah Penyangga Ikut Atasi Masalah Polusi

Lebih lanjut, Heru juga meminta kepala daerah penyangga Jakarta bersama-sama mengatasi polusi udara Jabodetabek. Menurut Heru, dampak polusi udara tak bisa dituntaskan sendiri oleh Pemprov DKI Jakarta.

"Memang namanya polusi udara tidak bisa Jakarta sendiri, tapi harus Jabodetabek, tidak bisa sendiri (Jakarta) untuk mengatasi itu," kata Heru.

Oleh sebab itu, Heru meminta agar pemerintah daerah wilayah penyangga bisa turut serta ikut andil memberikan saran dan masukan sebagai upaya mengatasi polusi udara.

"Tolong Pak Bupati, Pak Walkot juga kita sama-sama menurunkan polusi di Jabodetabek, Jakarta nggak bisa sendiri karena cukup luas area yang terdampak," kata dia.

 

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat