uefau17.com

Kerap Macet, Pemkot Depok Ditagih Janji Bangun Fly Over dan Underpass di Citayem - News

, Jakarta Kemacetan lalu lintas kerap terjadi di Jalan Raya Citayam, tepatnya depan stasiun Citayam, Cipayung, Kota Depok. Warga menagih janji pembangunan underpass atau fly over di jalan yang menghubungkan wilayah Kabupaten Bogor.

Salah seorang warga, Siman mengatakan, kemacetan di Jalan Raya Citayam terjadi saat pagi dan sore hingga malam. Menurutnya, jalan tersebut sudah tidak dapat menampung jumlah kendaraan yang melintas di jalan tersebut.

“Kabarnya Gubernur bersama Pemerintah Kota Depok mau membangun underpass atau fly over, tapi nyatanya sampai sekarang tidak ada,” ujar Siman kepada , Senin (28/8/2023).

Siman menjelaskan, kemacetan di Jalan Raya Citayam mulai dari akses jalan yang berdekatan langsung dengan Stasiun Citayam, sampai pintu perlintasan kereta rel listrik.

Menurutnya, jalan tersebut banyak dipenuhi angkot yang berhenti sembarangan, parkir motor ojek, maupun warga yang antar-jemput ke stasiun.

“Kalau sudah jam masuk maupun pulang kerja, macetnya sudah enggak ketolongan,” jelas Siman.

Hal senada dirasakan Sukmawati yang kerap melintas di Jalan Raya Citayam menuju wilayah Pabuaran, Kabupaten Bogor.

Apabila melintas di depan stasiun Citayam pada pukul 19.30 WIB, macet di jalan tersebut tidak dapat dihindarkan.

“Pernah kejebak macet hingga 30 menit lebih hanya untuk melintas dari depan stasiun sampai ke bangunan pasar Citayam,” kata Sukmawati.

Sukmawati menilai, kemacetan selain disebabkan jalan yang sempit, banyaknya angkot yang berhenti sembarangan menjadi penyebab kemacetan. Anehnya, pada jam sibuk, petugas Dishub Kota Depok maupun kepolisian jarang terlihat membantu pengaturan lalu lintas.

“Jarang ada petugas, malahan angkot seenaknya aja ngetem depan stasiun tanpa berpikir antrian kendaraan di belakangnya,” kesal Sukmawati.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masuk RPJMD Jabar

Sementara, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pembangunan underpass atau fly over Jalan Raya Citayam masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat.

Pemerintah Kota Depok pernah mendorong usulan penataan jalan di dekat Stasiun Citayam kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Kalau tidak salah ada pembangunan underpass atau flyover di Jalan Raya Citayam itu belum terlaksana, itu masuk RPJMD Provinsi Jawa Barat,” ujar Idris.

Dia mengatakan, mengetahui secara pasti penyebab belum terbangunnya penataan jalan di stasiun Citayam hingga ke Pasar Citayam. Diduga rencana pembangunan fly over maupun underpass mengalami kendala.

“Saya enggak tahu apa ininya, mungkin ada kendala-kendala dari sisi pembebasan lahan,” pungkas Idris.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat