uefau17.com

Jokowi Jadi Rebutan Selfie Jelang Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana - News

, Jakarta Jelang upacara penurunan bendera, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi rebutan tamu undangan untuk berfoto bersama ataupun selfie. Jelang upacara, Jokowi memang menyempatkan untuk menyapa para tamu undangan.

Alhasil, para tamu undangan berebut untuk mengabadikan momen tersebut. Tak sedikit pula yang meminta berjabat tangan dengan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Pengamatan , Jokowi sudah tak lagi mengenakan baju adat seperti di upacara pengibaran bendera merah putih pagi tadi. Kamis (17/8/2023) sore ini, dia mengenakan kemeja biru tua dan celana warna senada, kemeja putih, juga dasi merah.

Sebelumnya, Jokowi mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Solo, Jawa Tengah saat Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Jakarta, Kamis (17/8/2023). 

"Presiden Joko Widodo mengenakan baju daerah Ageman Songkok Singkepan Ageng," demikian rilis yang disampaikan Sekretariat Presiden, Kamis (17/8/2023).

Ageman ini dipakai oleh Para Raja Pakubuwono Surakarta Hadiningrat dalam acara Enggar Eggar Soho Tedhak Loji, yang artinya saat dimana Raja keluar dari Keraton dengan menaiki kereta kuda, diikuti dengan perangkat keraton untuk terjun langsung melihat kondisi kawulo/masyarakat.

Dalam pelaksanaannya, di sepanjang jalan Sang Raja membagikan uang dan makanan sebagai rasa cinta kasih kepada kawulonya atau bisa disebut dengan turuba (turun ke bawah).

Jokowi terlihat memakai kemeja putih yang dilapisi jas bewarna hitam. Penampilan Jokowi dilengkapi dengan topi bewarma hitam serta selendang bewarna emas dan kain merah di tuksedo hitam.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Antusias

Ratusan warga memadati pagar depan Istana Merdeka Jakarta. Pantauan di lokasi, Kamis (17/8) pukul 15.15 WIB, kehadiran di depan pagar Istana Merdeka Jakarta adalah untuk menyaksikan upacara penurunan bendera dalam momentum kemerdekaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia.

“Mau liat upacara penurunan bendera,” kata Rizky salah seorang warga di lokasi, Kamis (17/8/2023).

Meski tidak bisa masuk, Rizky mengaku tidak masalah. Asalkan, bisa melihat secara langsung prosesi peringatan HUT ke-78 RI.

“Iya daripada lihat di TV kurang seru,” kata pemuda yang mengaku tinggal di Depok ini.

Nantinya, giat upacara penurunan bendera akan secara resmi dimulai pukul 16.00 WIB. Kemudian, pada pukul 17.25 WIB, usai bendera diturunkan akan kembali ada arak-arakan pemindahan kembali Bendera Sang Merah Putih dan Naskah Proklamasi dari Istana Merdeka menuju Monumen Nasional.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat