uefau17.com

Alasan Pemilik Unit Pasarkan Rumah DP Rp 0 Jadi Indekos Saat Dipanggil Pemprov DKI Jakarta - News

, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memanggil pemilik unit Rumah DP Rp 0 Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang belakangan viral memasarkan unitnya jadi indekos. Hasilnya, ditemukan sejumlah alasan yang melatarbelakangi pemilik unit Rumah DP Rp 0 memasarkan hunian itu.

Herlan suami dari Khalidiyah Nafisah selaku kuasa dari Penerima Manfaat (PM) yang memasarkan unit Rumah DP Rp 0 di media sosial telah dimintai keterangannya pada Jumat, 23 Juni 2023 pukul 13.30 WIB di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta.

"Herlan selaku suami PM mengakui kesalahan PM karena telah melakukan pemasaran unit huniannya untuk digunakan sebagai hunian sewa atau kost yang diupload sejak tanggal 16 Juni 2023," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Retno Sulistyaningrum dalam keterangan tertulis, Jumat 23 Juni 2023.

Retno menjelaskan, sejak September 2021, hunian tersebut tidak ditempati secara terus menerus oleh Herlan dan PM karena kelahiran putra pertamanya. Saat itu, pasangan suami istri ini kembali ke rumah orangtuanya di Cipulir, Jakarta Selatan.

Menurut Retno, selama tinggal di rumah orangtuanya PM jarang menginap di hunian Rumah DP Rp 0 Samawa. Dia juga tetap melakukan pembayaran cicilan kredit dan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) kepada pengelola.

Kena PHK

Namun, pada Maret 2023 Herlan terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), tidak lama setelah kelahiran putra keduanya. Kondisi ini mempengaruhi kondisi keuangan keluarga kecilnya kala itu.

"Sehingga merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya sedangkan penghasilan istrinya terkena auto debet cicilan KPR di setiap bulannya," jelas Retno.

Oleh sebab itu, kata Retno mereka sempat berencana menghentikan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) hunian dan telah mencari informasi mengenai tata caranya kepada pihak Bank DKI.

Namun, karena kondisi yang mendesak dan serba kesulitan, keluarga ini justru mengambil keputusan menyewakan unit hunian jadi indekos. Melalui rekaman video, unit Rumah DP Rp 0 Menara Samawa dipromosikan di akun sosial media (sosmed).

"Dikarenakan kebutuhan biaya hidup yang makin besar, membuat yang bersangkutan berniat mengontrakkan unit hunian tersebut kepada pihak lain yang dipasarkan melalui sosmed guna mencari penghasilan tambahan bagi keluarganya," kata Retno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral

Diketahui, rekaman video tersebut viral usai diunggah pemilik akun Instagram @nafishalydia. Video berdurasi 1 menit 6 detik itu, tarif sewa yang ditawarkan mencapai Rp 1 juta per bulan tanpa biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

"Kalian yang lagi cari kosan yang nyaman dan harganya murah, sini aku kasih tau rekomendasi kos murah di Jakarta Timur," tutur wanita dalam rekaman video saat mendeskripsikan hunian, dikutip Rabu 21 Juni 2023.

Rekaman video, memperlihatkan seisi ruang, mulai dari toilet, kamar, hingga beberapa fasilitas elektronik yang bakal didapat pihak yang menyewa.

Keberadaan stiker putih bertuliskan 'Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta' yang tertempel di pintu masuk hunian yang ada dalam video lah yang kemudian memperkuat dugaan hunian tersebut benar merupakan rumah DP Rp 0.

Usai viral, unggahan video itu tak lagi ditemukan di akun Instagram @nafishalydia. Video diduga telah dihapus atau diarsipkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat