uefau17.com

Viral Rumah DP Rp 0 Dijadikan Indekos, Heru Budi: Kita Lihat Aturannya Lagi, Hak Mereka Apa - News

, Jakarta Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menekankan aturan peruntukkan program Rumah DP 0 persen bagi warga Ibu Kota. Menurut Heru, program rumah DP Rp 0 memiliki tujuan mulia bagi warga yang belum punya hunian layak.

Hal ini disampaikan Heru menanggapi video viral di media sosial, yang diduga memasarkan hunian rumah DP Rp 0 Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

"Ya tujuan awal, tujuan mulianya Pemprov kan adalah ingin memberikan pelayanan perumahan kepada warga yang memang belum memiliki rumah, misal kalangan anak muda yang udah nikah, mereka perlu diperhatikan, perlu mendapatkan Rumah DP Rp 0," kata Heru ditemui usai upacara HUT ke-496 DKI Jakarta di Lapangan Monas Sisi Selatan, Kamis (22/6/2023).

Menurut dia, pihaknya bakal menelusuri kembali aturan peruntukkan Rumah DP 0, sehingga keputusan untuk melakukan penindakan dapat dilakukan secara tepat.

"Kita lihat aturannya lagi karena DP Rp 0 hak-haknya mereka apa," ucap dia.

Sebelumnya, beredar video yang diduga memasarkan hunian rumah DP Rp 0 Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Dalam rekaman video yang ada, hunian yang diduga rumah DP Rp 0 tersebut hendak disewa sebagai indekos.

Heru Budi pun meminta meminta segala tindakan yang terindikasi menyalahi aturan rumah DP Rp 0 ditertibkan.

"Ya sesuai aturan dong, ditertibkan," kata Heru Budi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu 21 Juni 2023.

Menurut Kepala Sekretariat (Kasetpres) ini, kewenangan penindakan sepenuhnya dipegang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta. Heru menegaskan, program rumah DP Rp 0 ditujukan agar warga bisa memiliki hunian terjangkau.

Program Milik Anies Baswedan

Diketahui, rumah DP Rp 0 merupakan program milik Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 saat Anies Baswedan memimpin Ibu Kota.

Ketika berkampanye di Pilkada DKI Jakarta 2017, dia bersama Sandiaga Uno memiliki beberapa program unggulan, sebut saja program rumah dengan uang muka (down payment/DP) nol rupiah.

Program ini diterjemahkan dalam bentuk rumah susun milik (rusunami). Jika menilik janji Anies-Sandi pada kampanye lalu, keduanya mengatakan rumah DP nol rupiah ini bisa berupa rumah susun atau rumah tapak. Sebab, yang mereka rancang adalah instrumen pembiayaannya.

Peletakan batu pertama (ground breaking) program ini dilakukan di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur yang merupakan rumah susun (rusun) pertama dengan DP Rp 0 rupiah dilaksanakan pada Kamis, 18 Januari 2018. Lalu, pada Jumat, 12 Oktober 2018 Anies meluncurkan program rumah DP Rp 0 Samawa.

Adapun kriteria dan skema pembiayaan rusunuami DP Rp 0 sudah ditetapkan pada Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 104 Tahun 2018 tentang fasilitas pembiayaan perolehan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral Video Promosikan Rumah DP Rp 0 untuk Indekos

Diketahui, video viral diunggah pemilik akun Instagram @nafishalydia. Dalam video berdurasi 1 menit 6 detik itu, tarif sewa mencapai Rp 1 juta per bulan tanpa biaya iuran pengelolaan lingkungan (IPL).

"Kalian yang lagi cari kosan yang nyaman dan harganya murah, sini aku kasih tau rekomendasi kos murah di Jakarta Timur," tutur wanita dalam rekaman video saat mendeskripsikan hunian, dikutip Rabu 21 Juni 2023.

Rekaman video, memperlihatkan seisi ruang, mulai dari toilet, kamar, hingga beberapa fasilitas elektronik yang bakal didapat pihak yang menyewa.

Keberadaan stiker putih bertuliskan 'Program DP Nol Rupiah Fasilitas Pemilikan Rumah Sejahtera Pemerintah Provinsi DKI Jakarta' yang tertempel di pintu masuk hunian yang ada dalam video lah yang kemudian memperkuat dugaan hunian tersebut benar merupakan rumah DP Rp 0.

Sayangnya, usai viral kini unggahan video itu tak lagi ditemukan di akun Instagram @nafishalydia. Video diduga telah dihapus atau diarsipkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat