uefau17.com

Hardiknas 2023, Jokowi: Pendidikan Tanggung Jawab Bersama untuk Indonesia Maju - News

, Jakarta - Tanggal 2 Mei, diperingati sebagai hari pendidikan nasional (Hardiknas) untuk Bangsa Indonesia. Melalui cuitannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pendidikan adalah sebuah tanggung jawab bersama. Tidak hanya pemerintah, melainkan juga keluarga.

“Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat,” cuit Jokowi dalam akun Twitter pribadinya, @jokowi seperti dilihat Selasa (2/5/2023).

Jokowi yakin, hanya dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan cerdas, maka pendidikan di Indonesia bisa semakin maju.

“Kita dapat memajukan pendidikan untuk menyongsong dan mengelola Indonesia yang maju,” optimis presiden.

Sebagai informasi, cuitan Jokowi tidak hanya sekadar kata-kata. Kepala negara membalutnya dengan ilustrasi visual khas RI-1. Tampak suasana kelas beserta murid yang sedang asyik bersekolah. 

Terdapat beberpa detil dari gambar tersebut, salah satunya kucing oren yang selalu tampak dalam ilustrasi visual khas RI-1.

“Mantap sekali bapak semoga program dan rencana dalam pendidikan mampu menembus bagi mereka yg perekonomiannya sangat terbatas semoga menjadi perhatian dari pemerintah,” cuit harap salah seorang warganet @nunungmar.

Hari ini tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hari Pendidikan Nasional atau yang juga disebut Hardiknas. Hari Pendidikan Nasional diperingati di tanggal yang sama setiap tahunnya. Meski begitu tiap tahunnya tema dari Hardiknas itu pun berbeda-beda. 

Dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berdasarkan Surat Nomor 12811/MPK.A/TU.02.03/2023 tentang Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, tema Hari Pendidikan Nasional 2023 yaitu "Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar".

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringati Kelahiran Ki Hajar Dewantara

Peringatan Hari Pendidikan Nasional bertujuan untuk memperingati kelahiran tokoh pelopor pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara. Itu yang menjadi alasan mengapa Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei lantaran bertepatan dengan hari lahir Bapak Pendidikan Nasional di Indonesia tersebut. 

Ki Hajar Dewantara sendiri lahir di Pakualaman pada tanggal 2 Mei 1889, dan meninggal di Jogjakarta, 26 April 1959 pada usia 69 tahun. Seperti yang masyarakat Indonesia ketahui, beliau adalah seorang pahlawan nasional yang berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. 

Kebijakan yang ditentang adalah kebijakan tentang pendidikan yang hanya bisa dirasakan oleh anak-anak kelahiran Belanda atau anak-anak dari golongan berada saja.

Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah saat itu membuat dirinya diasingkan ke Belanda. Setelah kembali ke Indonesia, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang dikenal dengan nama Taman Siswa. Selain mendirikan Taman Siswa, masih banyak kontribusi Ki Hajar Dewantara dalam ranah pendidikan di Indonesia.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional, salah satunya ialah dengan memberikan ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional dan juga mengunggah Twibbon Hari Pendidikan Nasional 2023 di media sosial untuk memeriahkan peringatan ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat