uefau17.com

Wisatawan Membeludak, Pantai Anyer Ditutup Sementara - News

, Jakarta Wisatawan menuju Pantai Anyer membeludak, polisi pun menutup dan memutar-balikkan kendaraan. Penutupan dilakukan sejak Senin 24 April 2023, pukul 12.00 WIB.

"Seperti dilihat sendiri ada putar balik, karena kami lihat mulai pukul 12.00 wib Pantai Anyer sudah mulai penuh, sehingga orang yang mau ke Anyer kami setop dulu, kami putar balik dulu," ujar Kapolres Cilegon, AKBP Eko Tjahyo Untoro, dikutip dari akun resmi Instagram @polres_cilegon, Senin (24/4/2023).

Sebelum Pantai Anyer dipadati wisatawan dan ditutup, Polres Cilegon sempat memberlakukan sistem one way atau satu arah, untuk menarik wisatawan dari arah Kota Cilegon.

Setelah padat, semua kendaraan diputar-balikkan dan objek wisata Pantai Anyer ditutup sementara waktu.

"Belum padatnya wisata kita berlakukan one way, sekarang sudah mulai penuh, jadi kami berlakukan pemutarbalikan," jelasnya.

Hanya masyarakat lokal, karyawan yang bekerja, hingga tamu hotel yang sudah reservasi yang boleh melintas ke wilayah Anyer. Penduduk setempat wajib menunjukkan KTP agar tidak diputar-balikkan polisi.

Sedangkan arus lalu lintas wisatawan menuju Anyer dibuka setelah pantai sepi dari pengunjung.

"Pertama orang yang kerja di daerah industri, kemudian warga lokal yang punya KTP Anyer, ketiga orang yang sudah chek-in. (Sampai kapan ditutup) kita tunggu wisata Anyer itu sudah kosong atau sampai setengah baru kita berlakukan lagi," tuturnya.

Sedangkan untuk jalan pulang, Polres Cilegon menyiapkan dua jalur, yakni mengarahkan wisatawan melalui Simpang Teneng-Padarincang-Palima hingga masuk ke Gerbang Tol (GT) Serang Timur.

Kemudian melalui jalur Pasar Anyer-JLS Kota Cilegon kemudian masuk ke GT Cilegon Timur.

"Melalui JLS dan Simpang Teneng, Simpang Teneng itu ada juga yang dari Pandeglang kemudian menuju Padarincang," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Diberlakukan One Way

Direktorat Lalu Lintas Polda Banten mulai menerapkan rekayasa lalu lintas berupa one way hari ini. Titik yang diberlakukan kebijakan tersebut yakni ruas jalan menuju jalur wisata Pantai Anyer dan Pantai Carita.

"Secara tentatif untuk jamnya dengan cara melihat padat atau tidak kendaraan yang menuju anyer bila terjadi kepadatan akan dilaksanakan sistem one way," kata

Karo Ops Polda Banten, Kombes Pol Dedi Suhartono dalam keterangan tertulis, Senin (24/4/2023).

Dia menyebut bahwa penerapan kebijakan one way bertujuan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang bisa saja terjadi pada H+3 lebaran. 

"Upaya ini kami laksanakan untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang akan berwisata ke Pantai," jelas Dedi.

Polda Banten, kata dia, telah mengimbau kepada para wisatawan di Pantai Banten untuk meninggalkan Pantai kurang dari pukul 17.00 WIB sore nanti. Sebab, akan ada rekayasa lalu lintas pada pukul tersebut.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang berwisata sebelum pukul 17.00 Wib agar sudah persiapan balik karena kami akan melaksanakan kembali kegiatan one way sistem dari arah Pantai menuju Kota Cilegon," kata Dedi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat