uefau17.com

Lebaran Hari Ini, Muhammadiyah Siapkan 26 Titik Lokasi Salat Ied di Bekasi - News

, Jakarta - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengumumkan 1 Syawal 1444 Hijriah, jatuh pada Jumat (21/4/2023). Sebanyak 26 titik di Kota Bekasi, Jawa Barat, telah disiapkan sebagai lokasi salat Ied.

Terkait hal ini, Polres Metro Bekasi Kota telah menyiapkan personel untuk mengamankan jalannya salat Ied di puluhan titik yang ditentukan berdasarkan data dan pemetaan tersebut.

"Untuk pengamanan idul fitri kami petakan ada sebanyak 26 lokasi yang akan digunakan salat Idul Fitri besok," kata Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Pol Dani Hamdani, Kamis, (20/04/2023).

Menurutnya, hampir 500 personel yang akan diterjunkan untuk mengawal pelaksanaan salat Idul Fitri sekaligus mengawasi arus mudik di sekitaran lokasi. Beberapa di antaranya juga akan difloting untuk pengamanan di masjid-masjid.

"Jumlah personel sama dengan kemarin, kurang lebih 463, ini termasuk pengamanan personel Polri yang ditempatkan untuk menjaga pengamanan di tempat ibadah," paparnya.

Untuk memaksimalkan pengamanan, lanjut Dani, pihaknya telah memfloting beberapa personel yang ditempatkan di titik-titik lokasi pelaksanaan ibadah salat Ied. Dani sendiri mengaku akan ikut dalam pengamanan di lokasi.

"Saya akan melakukan pengamanan di Bekasi Cyber Park, dan anggota lain sudah kita floating di beberapa lokasi yang didaftarkan salat Idul Fitri," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode

Diketahui, Muhammadiyah menggunakan metode perhitungan hisab untuk menentukan awal bulan. Hal ini tentunya berbeda dengan pemerintah maupun Nahdlatul Ulama (NU) yang menggunakan metode rukyat.

Pemerintah sendiri melalui Kementerian Agama, menentukan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Sabtu (22/4/2023). Penetapan tersebut berdasarkan hasil sidang Isbat penentuan awal Syawal 1444 H yang dipimpin langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Kamis malam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat