uefau17.com

Bendung Katulampa Siaga 3, Warga Bantaran Ciliwung Diminta Waspada Banjir - News

, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan informasi kenaikan Tinggi Muka Air (TMA) di Bendung Katulampa pada Minggu (12/2/2023).

Imbas hujan yang mengguyur sejak Sabtu, 11 Februari 2023 lalu, ketinggian air di Bendung Katulampa mencapai 90 centimeter (cm) pada pukul 07.30 WIB dengan status TMA siaga tiga atau waspada banjir.

"Selamat pagi, kami BPBD DKI Jakarta menginformasikan bahwa pada pukul 07.30 WIB ketinggian Bendung Katulampa 90 centimeter gerimis dalam status siaga 3," kata BPBD DKI Jakarta melalui akun Instagram resmi @bpbddkijakarta, Minggu (12/2/2023).

Adapun kronologis kenaikan TMA di Bendung Katulampa terjadi sejak pukul 06.00 WIB, dimana TMA saat itu 40 cm dengan kondisi cuaca hujan. TMA naik 40 cm pada pukul 07.00 WIB, sehingga TMA menjadi 80 cm dengan kondisi cuaca gerimis.

BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat di 20 wilayah untuk mengantisipasi banjir. Pasalnya 6-9 jam ke depan, air diprakirakan melewati Pintu Air Manggarai.

"Diimbau kepada warga sepanjang bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati terhadap bahaya banjir," kata BPBD.

Wilayah yang dilalui aliran sungai antara lain Srengseng Sawah, Lenteng Agung, Tanjung Barat, Pejaten Timur, Rajawati, Pengadegan, Cikoko, Kebon Baru, dan Bukit Duri.

Ada pula Manggarai, Kalisari, Baru, Cijantung, Gedong, Balekambang, Cililitan, Cawang, Bidara Cina, Kampung Melayu, serta Kebon Manggis.

"Dalam keadaan darurat hubungi call center Jakarta siaga 112," kata BPBD DKI.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejumlah Titik Tergenang

Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda sebagian besar wilayah DKI Jakarta pada Sabtu (11/2/2023) pagi.

Hal ini menyebabkan munculnya genangan di beberapa titik di Ibu Kota.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD DKI Jakarta mencatat, terdapat satu ruas jalan dan 4 RT yang tergenang hingga pukul 12.00 WIB.

Adapun data wilayah terdampak yang masih tergenang adalah sebagai berikut:

Jakarta Barat:

  • Kelurahan Kebon Jeruk: 3 RT, Ketinggian 20-30 cm dengan penyebabnya curah hujan dan luapan Kali Pesanggarahan
  • Kelurahan Joglo: 1 RT, Ketinggian 10 cm dengan penyebabnya adalah curah hujan tinggi. 

Jalan yang tergenang:

  • Berada di ruas Jalan Bangun Nusa Raya RW 03, Cengkareng, dengan ketinggian 10 cm.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa mengatakan, pihaknya telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat