uefau17.com

Wali Kota Depok Optimis Pembangunan Underpass Dewi Sartika Segera Rampung - News

, Jakarta - Underpass Dewi Sartika yang dibangun hasil kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kota Depok akan segera selesai. Nantinya, underpass tersebut akan menuntaskan kemacetan di Jalan Dewi Sartika yang diakibatkan terdapat lintasan kereta api commuter line.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, pembangunan underpass Dewi Sartika yang saat ini masih dikerjakan akan segera selesai tepat waktu. Kepastian tersebut didapatkan dari perhitungan pihak pengembang.

“Kalau perhitungan mereka laporan progresnya ke saya itu selesai,” ujar Idris kepada , Minggu (10/12/2022).

Idris menjelaskan, penyelesaian pengerjaan pembangunan underpass tidak hanya yang bersifat inti pekerjaan. Rencananya Pemerintah Kota Depok akan berkoordinasi kembali dengan Provinsi Jawa Barat terkait pembangunan tersebut.

“Jadi artinya penyelesaian itu tidak hal yang sifatnya penunjang, ini yang inti itu kan memang Provinsi yang inti,” jelas Idris.

Pemerintah Kota Depok akan berkoordinasi kembali terkait dengan hal penunjang pada pembangunan underpass. Nantinya pekerjaan penunjang akan dikerjakan Pemerintah Kota Depok atau Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Penunjang itu maksudnya pohon kemudian median jalan seperti apa dan sebagainya,” ucap Idris.

Idris mengungkapkan, pada pembangunan underpass Dewi Sartika terdapat beberapa hal yang belum terselesaikan, seperti trotoar. Idris memastikan pembangunan underpass Dewi Sartika yang selesai tepat waktu yakni pembangunan fisik berupa jalan.

“Jadi yang selesai itu jalan nya, fisik jalan nya dan terowongannya,” ungkap Idris.

Sebelumnya pembangunan underpass Dewi Sartika direncanakan akan selesai pada November lalu. Namun pembangunan tersebut belum dapat diselesaikan pada akhir tahun ini dikarenakan terdapat kendala permasalahan jaringan pipa.

Pada pemberitaan sebelumnya, Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana mengatakan, monitoring yang dilakukannya untuk mengetahui progress pembangunan underpass. Pembangunan underpass direncanakan akan selesai pada November mendatang.

“Underpass Dewi Sartika progresnya berdasarkan laporan pimpinan proyek saat ini lebih kurang baru 40 persen,” ujar Dadang kepada awak media, Jumat 29 Juli 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembangunan Dilaksanakan Secara Bertahap

Dadang menjelaskan, pembangunan baru dikerjakan pada bagian timur underpass. Pembangunan underpass Dewi Sartika akan dilaksanakan secara bertahap sehingga dapat mengejar target penyelesaian pembangunan sesuai jadwal yang ditentukan.

“Dua minggu ke depan akan dimulai pembangunan untuk wilayah baratnya,” jelas Dadang.

Rencananya pengerjaan pembangunan di wilayah barat akan diberikan jalan pendamping. Hal itu untuk memudahkan pengendara dari arah Sawangan melalui Jalan Dewi Sartika menuju stasiun Depok Baru maupun ke arah Jalan Arif Rahman Hakim.

“Tadi reportnya sudah selesai, ada jalan pendamping juga yang sudah diselesaikan,” ucap Dadang.

3 dari 3 halaman

Kolaborasi Pemkot Depok dan Pemprov Jabar

Dadang mengungkapkan, pembangunan underpass Dewi Sartika merupakan pembangunan yang dilaksanakan antara Pemerintah Kota Depok dengan Provinsi Jawa Barat. Pada pengerjaan konstruksi pembangunan merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Project ini adalah project sharing pendanaan, pengadaan lahan dari pemerintah kota menggunakan APBD kita, konstruksinya dari Provinsi Jawa Barat,” ungkap Dadang.

Dadang mengakui, pada pelaksanaan pengerjaan pembangunan underpass Dewi Sartika sempat mengalami kendala. Bappeda Kota Depok mencontohkan, kendala yang dihadapi salah satunya jaringan perpipaan yang berada di Jalan Dewi Sartika.

“Ya kendalanya tadi, ada jaringan perpipaan, itu perlu ada treatment khusus, tetapi itu sudah selesai,” terang Dadang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat