uefau17.com

Polisi: Izin Hanya 3.000, tapi Penonton Festival Berdendang Bergoyang Tembus 21.000 - News

, Jakarta Polisi menghentikan festival musik Berdendang Bergoyang. Polisi menyebut jumlah penonton acara musik itu melebihi kapasitas yang diizinkan. 

Penyelenggara Festival Berdendang Bergoyang memang sudah mengantongi izin keramaian yang berlaku selama tiga hari, dari hari Jumat hingga Minggu. Sedianya, acara yang digelar di Istora Senayan, Jakarta Pusat, diselenggarakan selama tiga hari terhitung dari 28-30 Oktober 2022.

Namun, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin mengatakan panita penyelenggara diduga melanggar kesepakatan yang dibeberkan pada saat pengajuan izin keramaian.

Salah satunya, berdasarkan surat pengajuan izin tertulis undangan atau penonton sebanyak 3 ribu. Namun, fakta yang didapat pada Jumat kemarin, jumlah penonton sangat overkapasitas.

"Hari pertama itu jumlah pengunjung tembus di angka 20 ribu lebih," ujar Komarudin saat dihubungi, Jakarta, Minggu (30/10/2022).

 

Tak cuma itu, panitia penyelenggara hanya menyiapkan satu tenda kesehatan dengan lima petugas di dalamnya. Sementara, panggung yang disediakan ada lima.

"Di sana kami temukan banyak antrean pengunjung minta pelayanan kesehatan, ada yang pingsan juga. Termasuk juga beberapa jalur evakuasi yang tertutup karena ada panggung atau booth di sekitar jalur tersebut," kata Komarudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Indahkan Saran Polisi

Atas kejadian itu, Polres Metro Jakpus kemudian kembali mengundang pihak manajemen untuk memberikan masukan-masukan terutama agar panitia melakukan pembatasan.

"Dari lima panggung yang ada, kami minta cuma tiga, kemudian penambahan jumlah petugas kesehatan dan juga pembatasan jumlah pengunjung sampai dengan batas maksimal 10 ribu," ujar dia.

Namun demikian, arahan pada saat pertemuan kemarin itu pun tidak diindahkan.

"Semalam kami menemukan jumlah pengunjung yang masuk tercatat dari Pintu 1 dan pintu 2 itu 21.500 lebih, di luar dari panitia," ujar Komarudin.

 

3 dari 3 halaman

Pertimbangan Keselamatan, Izin Dicabut

Komarudin menerangkan, semalam juga terjadi sedikit insiden pengunjung yang masuk ke hall dalam Istora.

"Karena di dalam Istora juga ada panggung, ini terjadi gesekan. Karena memang di dalam sudah tidak memungkinkan untuk ditambah lagi, tapi pengunjung yang di luar tetap ingin masuk ke dalam, inilah terjadi dorong-dorongan, ada yang pingsan, ada yang lecet-lecet, dan sebagainya," ujar dia.

Komarudin menerangkan, dengan mempertimbangkan keselamatan maka diputuskan kegiatan Festival musik bertajuk Berdendang Bergoyang resmi dihentikan pada pukul 22.00 WIB.

"Kami sudah membuat rekomendasi izin hari ini dicabut, tidak boleh dilakukan, karena beberapa pertimbangan yang tidak diindahkan," ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat