uefau17.com

Pangdam Cenderawasih: Pembakar Pesawat MAF di Papua Kelompok Sabinus Waker - News

, Jakarta - Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono menyatakan, pihak yang melakukan pembakaran terhadap pesawat milik Mission Aviation Fellowship (MAF) di Kampung Pagamba, Intan Jaya, Papua adalah kelompok Sabinus Waker. 

"Kelompok itulah yang melakukan pembakaran terhadap pesawat milik MAF yang dilakukan sesaat setelah menurunkan dua orang penumpang, kata Mayjen TNI Yogo kepada Antara, Sabtu (9/1/2021). 

Dia mengatakan, pembakaran terhadap pesawat oleh kelompok Sabinus Waker terbilang brutal, karena selama ini maskapai tersebut membantu masyarakat untuk mengangkut warga beserta logistiknya. 

"Memang di sekitar Kampung Pagamba, Distrik Mbiandoga, tidak ada aparat keamanan yang bertugas karena mereka (TNI) berada di Sugapa. Namun, bila dibutuhkan, prajurit TNI siap dikerahkan karena aparat yang bertugas di wilayah itu bersiaga," tegas Pangdam TNI Yogo. 

Sebelumnya, pesawat MAF yang dipiloti Alek Luferchek, warga Amerika dibakar sesaat setelah mendarat dengan membawa dua penumpang, Rabu, 6 Januari 2021. 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang dan Pilot Selamat

Pilot dan penumpangnya selamat dalam insiden tersebut. Oleh pendeta dan masyarakat setempat, sang pilot diamankan dengan membawanya  ke kampung tetangga dengan berjalan kaki. 

Pada Kamis, 7 Januari 2021, Alek Luferchek dievakuasi Nabire dengan menggunakan helikopter, siang harinya diterbangkan ke Jayapura. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat