uefau17.com

6 Jajanan Enak yang Wajib Dicicip di Pekan Raya Jakarta 2024 - Lifestyle

, Jakarta - Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair 2024 resmi dibuka pada 12 Juni 2024. Acara pesta tahunan warga Jakarta ini selalu menyajikan berbagai kegiatan yang menyenangkan mulai dari diskon belanja besar-besaran, permainan, hingga wisata kuliner enak beraneka ragam.

Deretan jajanan ditawarkan di booth-booth makanan yang tersedia di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, termasuk kerak telor yang tak pernah absen dari arena PRJ.

Tim Lifestyle berkesempatan untuk menjajal beberapa kudapan yang hadir di Jakarta Fair 2024. Ada enam jajanan yang tidak boleh dilewatkan kalau kamu berkunjung ke Jakarta Fair tahun ini.

1. Baby Crab Crispy

Kudapan ini dijual di kios Korean Steamboat & Saos Thailand bersama dengan jajanan bakso seafood dengan saus pedas khas Korea dan Thailand. Kepiting-kepiting kecil ini digoreng dengan tepung dan dilumuri dengan beberapa pilihan bumbu yaitu, balado, barbeque, dan rumput laut.

Jajanan populer ini dijual dengan harga Rp35 ribu. Kamu juga bisa memilih kudapan pendamping lain seperti odeng, bola-bola ikan, dan seafood isi keju yang direbus di dalam saus pedas khas Korea.

Rasanya garing, gurih, dan sedikit pedas yang berasal dari bumbu balado. Bagian dalam kepiting kecilnya masih terasa lembut. Kamu tak perlu khawatir soal kulit kepting ini karena bisa dimakan secara keseluruhan tanpa harus di kupas. Satu porsinya juga sudah cukup mengenyangkan karena bisa dapat hingga 20 buah kepiting kecil yang sudah digoreng.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tanghulu

Menu selanjutnya yang wajib kamu coba adalah tanghulu. Makanan manis yang berasal dari Cina dan tengah populer di berbagai negara seperti Korea ini wajib dicoba untuk kamu yang suka dengan gula-gula atau permen manis.

Buah seperti anggur hijau, anggur ungu, dan jeruk mandarin ditusuk pada satu lidi dan dilumuri dengan gula yang dicairkan. Setelah gula membeku dan menyelimuti seluruh bagian buah, kamu akan mendapatkan tekstur yang renyah dari lapisan gula yang seperti kaca.

Rasa asam dari buah-buahan bercampur dengan rasa manis dari gula sangat cocok untuk dijadikan makanan penutup yang menggungah selera. Satu tusuknya dihargai Rp35 ribu dan bisa kamu temukan di kios Jajanan Els.

3. Surabi Bandung

Meski terdengar aneh melihat kudapan Surabi Bandung di Pekan Raya Jakarta, ini bisa jadi salah satu alternatif jajanan tradisional yang bisa kamu nikmati, tanpa perlu pergi ke Bandung. Di kios Surabi Bandung 89 kamu bisa menemukan beberapa rasa surabi. Ada varian gurih dan varian manis yang bisa dipilih sesuai selera.

Pilihan gurihnya adalah surabi dengan telur dan mayonaise yang dijual mulai harga Rp25 ribu. Sedangkan, varian rasa surabi manis, seperti cokelat, keju, durian, nangka, pisang, hingga almond. Varian surabi manis ini bisa kamu beli mulai harga Rp20 ribu saja.

 

3 dari 4 halaman

4. Es Duren

Siapa tak kenal dengan kudapan dingin yang wanginya semerbak? Es parut dengan campuran buah durian bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang rindu dengan rasa buah eksotis ini dan sulit menemukannya secara langsung. Di Jakarta Fair 2024, ada kios yang berjualan berbagai varian es duren lezat.

Di kios Es Duren Medan 11, ada beberapa jenis menu serba durian yang bisa kamu pesan di tengah teriknya matahari Jakarta. Ada menu es durian, mulai dari yang original, spesial, hingga Durian Montong yang terkenal jumbo. Es durian dijual mulai harga Rp30 ribu.

Selain es durian, juga ada es krim durian yang creamy dan es kopyor durian yang gurih. Kios ini juga menyediakan menu ketan durian mulai harga Rp25 ribu.

5. Toge Goreng dan Laksa Betawi

Pergi ke PRJ jangan sampai melewati makanan khas Betawi. Salah satu makanan gerobakan yang dijual di sini adalah Toge Goreng dan Laksa Betawi. Satu porsinya dijual Rp35 ribu.

Laksa betawi terkenal mi dan kuah kuningnya yang gurih. Ditambah dengan berbagai kondimen seperti telur, lontong, hingga suwiran ayam yang lezat, laksa betawi cocok dengan kamu yang perlu mengisi perut. Gerobak makanan ini juga menjual jagung rebus yang enak di makan di cuaca dingin.

4 dari 4 halaman

6. Ce Hun Tiau

Jajanan khas Pontianak ini juga bisa kamu temui di Pekan Raya Jakarta tahun ini. Satu porsi Ce Hun Tiau berisikan kacang merah, ketan hitam, cincau, dan sau petak ce hun tiau yang terbuat dari tepung beras. Semuanya direndam dalam kuah es dan santan dan dilumuri dengan gula merah cair yang manis.

Di Pekan Raya Jakarta, kudapan khas Tionghoa ini dijual di kios Ce Hun Tiau dan Martabak Kari di Pusat Jajanan dan Oleh-oleh. Harga satu porsinya adalah Rp25 ribu. Bersama dengan ce hun tiau, kamu juga mencoba santapan martabak telur yang disajikan bersama kuah kari yang kaya rasa. Harga satu porsi martabak kari di sini adalah Rp20 ribu.

Pekan Raya Jakarta akan berlangsung hingga 14 Juli 2024 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Tiket masuknya bisa dibeli secara online maupun langsung di tempat dengan harga Rp50 ribu untuk weekday dan Rp60 ribu untuk weekend dan hari libur nasional.

Harga tersebut merupakan tiket masuk reguler tanpa konser. Sedangkan, untuk lansia di atas usia 60 tahun, anak-anak di bawah tinggi 1 meter, dan anggota TNI/POLRI tidak dikenakan biaya masuk.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat