uefau17.com

Beredar Foto Anies Baswedan Saat Masih Sekolah, Kenapa Jadi Sorotan Fans K-pop? - Lifestyle

, Jakarta - Berbagai usaha dilakukan para calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pilpres 2024 untuk menarik perhatian calon pemilih. Begitu pula dengan Anies Baswedan yang kini mulai eksis di media sosial TikTok.

Sejak terjun di sana, ia acap kali jadi sorotan fans Kpop karena tingkah lucunya saat siaran langsung di TikTok, yang mana itu pertama kali dilakukan pada 30 Desember 2023. Dari potongan video yang beredar, terlihat Anies Baswedan melakukan live dalam mobil di tengah perjalanan menuju suatu tempat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak membicarakan politik, tapi justru mengajak para penonton ngobrol santai. Ia bahkan membahas soal kegelisahan anak muda saat ini dalam meraih mimpi. Menariknya, live tersebut tidak hanya ramai di TikTok, tapi juga sampai trending di X, dulunya Twitter.

Segala hal tentang Anies pun jadi perbincangan warganet, terutama fans K-pop. Foto masa lalu pria berusia 54 tahun ini itu turut disebar. Menurut fans K-pop, paras Anies saat masih sekolah cocok jadi calon idol Korea yang akan segera debut.

Potret masa muda Anies ini pernah diunggah ayah empat anak itu beberapa waktu lalu, dan kini dibagikan ulang akun X @XHyunBaim. Akun tersebut mengunggah foto Anies saat masih SMA. Mantan Menteri Pendidikan itu tampil dengan rambut hitam tebal dan belum memakai kacamata di gambar lawas tersebut.

Di keterangan unggahan, ia menyebut Anies dengan sebutan "Ahjussie," yang dalam bahasa Korea berarti paman. "Anies Ahjussie Predebut Pict y'all," tulis akun tersebut, dikutip pada Minggu, 31 Desember 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anies Baswedan Cocok Jadi Visual Grup Kpop?

Cuitan itu pun viral dan sampai berita ini ditulis sudah dilihat lebih dari 1,1 juta kali dan disukai lebih dari 24 ribu kali. Unggahan itu mendapat banyak komentar warganet, termasuk para penggemar K-pop. Mereka bahkan beranggapan Anies cocok jadi visual grup Kpop.

"Oh wow, he could be visual and center," komentar seorang warganet. "Heol daebak jadi seperti ini wajahnya saat dia masih menjadi oppa," kata warganet yang lain. "Predebut Park Ahn Ies," tuls warganet lainnya memelesetkan kata Pak Anies.

"Asiq kapan jadwal konsernya oppa anies," ujar warganet lainnya. "Oh wow anies ahjussi, habis ini mau ngadain fanmeet gaa pak? “ kelakar warganet lainnya.

Ini bukan kali pertama calon presiden nomo urut 01 itu jadi sorotan K-popers. Akhir pekan kemarin, akun X, Anies Bubble @aniesbubble, yang sempat jadi trending topic, kedapatan membalas unggahan berita yang menyebut Anies berterima kasih karena sudah membuat akun tersebut.

3 dari 4 halaman

Narasi Anies Diterjemahkan ke dalam Bahasa Korea

"My pleasure 🫡," tulisnya sebagai tanggapan. Kendati akun tersebut tertera bergabung di Twitter sejak Juli 2016, cuitan dukungan pada calon presiden nomor urut 01 itu baru dipublikasi pada 30 Desember 2023.

Di cuitan yang di-pin, pihaknya menulis dalam bahasa Inggris yang artinya, "Halo! Ini akun baru capres kita Anies Baswedan. Ikuti kami dan nyalakan notifikasinya!"

Uniknya, akun tersebut dikelola layaknya akun penggemar idol K-pop. Di sejumlah cuitan, video menampilkan narasi Anies bahkan diterjemahkan ke dalam bahasa Korea, lengkap dengan ejaan hangul. Karena itu, ketika Anies kedapatan mengucapkan terima kasih, warganet menggoda pemilik akun tersebut "di-notice bias," merujuk pada idola favorit dalam grup.

"Sekarang kita butuh nama fandom WKWK😭😭," sebut seorang warganet. "Chukae (Selamat) masternim akhirnya di notis sama bias," goda yang lain.

"Tutorial biar di-notice bias dong admin-nim," timpal pengguna berbeda. Sementara ada juga yang berkomentar, "'Boys at school never looked at me, but Anies did' moment," mengacu pada meme populer.

"Info min, ini gak ada yang bikin akun aniesclosets, anieswear, aniesgoods, aniesthings gitu? Kan kemaren ada yang nanyain kacamatanya tuh," kata warganet lainnya.

4 dari 4 halaman

Acara Kpop dan Politik

Di tengah sejumlah komentar, K-popers, sebutan penggemar K-pop, juga masih terus mengingatkan untuk tidak "mempolitisasi" K-pop. "Tetep harus hati-hati, waspada buzzer, jangan sampe jadi war antar-fandom, karena malu banget woy kalo kejadian begitu," sebut salah satunya.

Sebelum masa kampanye Pemilu 2024 dimulai, para penggemar K-pop di Indonesia memang sudah saling mengingatkan untuk tidak "mencampurkan acara K-pop dengan politik." Beberapa di antaranya pernah memperingatkan untuk tidak mengisi data pribadi di acara-acara noraebang yang diduga "disusupi kepentingan politik," sebut warganet.

"Itu data pribadi yang gak pernah ditanya kalo noraebang. Hati-hati jangan langsung isi. Mending tanda dulu di (akun) base," kata salah satunya memperingatkan.

Tidak sedikit pula yang menegur akun yang pakai profil foto idol K-pop, tapi hanya membahas politik. "Jangan sampe idol kita, fandom kita yang kena. Padahal bisa jadi itu orang yang ngelola akun bukan K-popers. Ditanya siapa yang jadi PP juga belum tentu tau," cuit seorang K-popers.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat