uefau17.com

Sumba Masuk Daftar Destinasi Wisata Terbaik untuk Dikunjungi di 2024 Versi CNN Travel - Lifestyle

, Jakarta - Pesona alam Indonesia telah lama tersohor di dunia internasional. Sebut saja ketika Sumba di Nusa Tenggara Timur masuk daftar destinasi wisata terbaik untuk dikunjungi di 2024 versi CNN Travel.

Dikutip dari laman resminya, Selasa (2/1/2024), CNN Travel merilis 24 destinasi wisata untuk dikunjungi di tahun ini. Ulasan mengenai Sumba sendiri ditulis oleh jurnalis CNN Karla Cripps. Ia menyampaikan bagi mereka yang mencari destinasi pantai yang mengutamakan kesadaran masyarakat dan keberlanjutan, Pulau Sumba di Indonesia adalah jawabannya.

"Dengan desa-desa terpencil, hutan yang belum terjamah, ritual kuno, dan tempat selancar kelas dunia, Sumba adalah penangkal sempurna bagi keramaian Bali, yang hanya berjarak satu jam penerbangan. Memang belum terkenal secara internasional, namun bukan berarti kecil. Sumba memiliki luas lebih dari 4.000 mil persegi (lebih dari 10.000 kilometer persegi) – dua kali luas Bali," jelasnya.

Disebutkan pula bahwa Resor Nihi Sumba yang membawa pulau ini menarik perhatian para pencari kemewahan ketika pertama kali dibuka pada 2012. Lebih dari satu dekade kemudian, Sumba telah menyambut beberapa resor ramah lingkungan mewah baru.

"Ini termasuk The Sanubari, serangkaian vila tepi pantai yang dibuka pada 2022, dan Cap Karoso, yang terletak di barat daya pulau," tambahnya.

Berikut daftar rekomendasi destinasi wisata yang wajib dikunjungi di seluruh dunia versi CNN Travel:

  1. Sumba, Indonesia
  2. Black Sea coast, Turkiye
  3. Tartu, Estonia
  4. Tainan, Taiwan
  5. Northwest Michigan
  6. Trans Dinarica Cycle Route, Balkan
  7. Culebra, Puerto Riko
  8. Angola
  9. Saint John, New Brunswick, Kanada
  10. Korea Selatan
  11. Albania
  12. Chili
  13. Abrolhos Islands, Australia Barat
  14. Makedonia, Yunani
  15. Panama
  16. Galicia, Spanyol
  17. Pulau-pulau lepas pantai Singapura
  18. Merida, Meksiko
  19. Maroko
  20. Mata air tawar Florida
  21. Texas Hill Country
  22. Fujairah
  23. Greenland
  24. Uzbekistan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Nihi Sumba Masuk Daftar 50 Hotel Terbaik di Dunia 2023

Nihi Sumba kerap masuk dalam daftar hotel terbaik di dunia. Sebut saja ketika The World's 50 Best Hotels mengumumkan daftar tahunan mereka lewat seremoni yang terselenggara di Inggris, Selasa, 19 September 2023, waktu setempat. 

Keduanya adalah Nihi Sumba yang berada di peringkat ke-18 dan di posisi 40 ada Desa Potato Head, Seminyak, Bali. Mengutip situs webnya, Kamis, 21 September 2023, Nihi Sumba ditulis sebagai akomodasi yang terletak di wilayah seluas 567 hektare, yang "sebagian besar belum tersentuh di pesisir barat Pulau Sumba yang terpencil di Indonesia bagian timur."

Diterangkan pula bahwa akomodasi itu "dekat dengan Taman Nasional Komodo dan satu jam penerbangan dari Bali." "Desain resor dengan 27 vila ini terinspirasi struktur jerami tradisional Sumba dengan atap runcing yang jadi ciri khasnya, terletak di perbukitan terjal di atas pantai pribadi, rumah bagi salah satu tempat selancar paling terkenal di dunia, Occy’s Left."

Dijelaskan bahwa Nihi Sumba memulai eksistensi sebagai pondok selancar dan mempertahankan semangat akomodasi sederhana, jalur batu kasar, penekanan pada aktivitas luar ruangan, mulai dari selancar, memancing, snorkeling, menunggang kuda, bersepeda gunung, sampai hiking.

3 dari 4 halaman

Nihi Sumba Masuk Daftar Hotel dan Resort Terbaik di Dunia 2023 Versi Conde Nast Traveler

Daftar tahunan Golden List yang disusun Conde Nast Traveler dalam kategori Hotel dan Resort Terbaik di Dunia 2023 telah dirilis. Dari sekian banyak nama akomodasi-akomodasi top, ada satu wakil Indonesia, yakni NIHI Sumba.

Daftar tahunan ke-29 itu dipilih dengan "penuh semangat oleh tim internasional kami," tulis mereka, dikutip dari situs webnya, Kamis, 4 Januari 2023. Daftarnya mengungkap termasuk resor tepi laut mana yang mereka kunjungi setiap bulan Agustus.

"Sekarang yang harus Anda lakukan adalah memilih pengalaman yang tepat untuk Anda, dan melakukan perjalanan," seru pihaknya.

NIHI Sumba sebagai salah satu rekomendasi dituliskan sebagai akomodasi yang cukup sulit dicapai. Mereka mencatat, "Ada penerbangan panjang ke Bali, dilanjutkan penerbangan domestik ke Pulau Sumba. Setelah mendarat, (kami masih harus berada) satu setengah jam di belakang jip safari yang berkelok-kelok melalui sawah bertumpuk dan desa-desa dengan gubuk beratap jerami."

"Tapi begitu Anda mencapai papan kayu bertuliskan, 'Selamat datang di Edge of Wildness,' Anda sudah tahu bahwa Anda akan dengan senang hati melakukannya lagi," mereka menyambung. "Anda akan melakukannya untuk melihat dan merasakan (keseluruhan pengalamannya)."

4 dari 4 halaman

Hotel Indonesia Masuk Daftar Terbaik Dunia 2022 Versi Travel + Leisure

Lalu, daftar hotel terbaik dunia 2022 dirilis menurut pembaca Travel + Leisure. Dikutip dari laman resmi Travel + Leisure, Senin, 18 Juli 2022, terpilih 100 hotel sebagai pemenang dalam kategori ini. Hotel yang menyabet gelar "terbaik" ini dipilih melalui suara dan komentar para pembaca.

"Pembaca kami memperjuangkan hotel yang memberikan layanan hebat dan fasilitas yang bijaksana, yang membuat perjalanan tidak hanya lebih mudah tetapi juga lebih berkesan," demikian bunyi keterangan tersebut.

Setiap tahunnya untuk survei Penghargaan Terbaik Dunia, pihak Travel + Leisure meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia. Hal ini lebih spesifik kepada membagikan pendapat mereka mengenai hotel, resor, kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan, dan lainnya.

Hotel (termasuk safari lodges atau pondok safari) dinilai berdasarkan fasilitas, lokasi, layanan, makanan, dan nilai keseluruhannya. Properti diklasifikasikan sebagai kota atau resor berdasarkan lokasi dan fasilitasnya.

Nihi Sumba menduduki posisi ke-37 dengan skor 97,33. Hotel bintang lima ini dilengkapi dengan 28 vila pedesaan yang terletak di pantai pribadi di tepi hutan. Hotel difasilitasi dengan canopy beds, bak mandi luar ruangan, dan kolam renang kecil (salah satunya memiliki air terjun), yang semuanya berkontribusi pada suasana yang sangat romantis.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat