uefau17.com

Setelah Halloween, Shibuya Jepang Juga Tiadakan Acara Hitung Mundur Tahun Baru 2024 - Lifestyle

, Jakarta - Distrik Shibuya di Tokyo, Jepang sekali lagi membatalkan penghitungan mundur malam Tahun Baru 2024, menandai absennya event itu selama empat tahun berturut-turut. Keputusan ini diambil berdasarkan kekhawatiran atas "keselamatan dan keamanan acara tersebut," yang biasanya menarik sekitar 100 ribu pengunjung.

Dalam pemberitahuan online, dikutip dari CNA, Kamis (21/12/2023), Wali Kota Shibuya Ken Hasebe mengatakan bahwa keputusan tersebut mempertimbangkan "peningkatan jumlah pengunjung sejak musim panas," dan keamanan akan diperkuat sejak tahun lalu.

"Demi mencegah kecelakaan terkait kepadatan berlebihan, pemerintah kota bermaksud memperkuat keamanan dan menerapkan langkah-langkah keselamatan bekerja sama dengan polisi, badan transportasi umum, dan pemadam kebakaran," katanya.

Wali Kota juga mengumumkan bahwa minuman keras di jalan di area sekitar Stasiun Shibuya akan dilarang mulai pukul 18.00 pada 31 Desember 2023 hingga pukul 05.00 pada 1 Januari 2024. Kios, toko serba ada, dan pedagang massal di daerah tersebut telah diminta tidak menjual minuman beralkohol, tambah Hasebe.

Iklan dan tampilan lain di sekitar persimpangan Shibuya yang terkenal juga akan dimatikan pukul 23.00 pada 31 Desember 2023, satu jam lebih awal dari biasanya. Distrik ini pertama kali membatalkan acara hitung mundur malam Tahun Baru, yang mulai diselenggarakan pada 2016, tahun 2020, karena pandemi COVID-19.

Alasan yang sama juga disampaikan saat acara tersebut dibatalkan pada 2021 dan 2022. Sebelum perayaan Tahun Baru 2024, Hasebe sudah lebih dulu meminta masyarakat menjauh dari distrik populer tersebut saat perayaan Halloween. Masalah keamanan pada hari yang biasanya menarik banyak pengunjung itu jadi alasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tidak Hanya Tahun Baru

Mengutip Kyodo News, 14 September 2023, Ken Hasebe mengatakan "bukan tidak mungkin" insiden di Seoul tahun lalu juga terjadi di Shibuya. Ungkapan ini merujuk pada insiden kepadatan orang yang kemudian disebut-sebut sebagai "tragedi halloween Itaewon."

Lebih dari 150 orang tewas dalam kerumunan massa pada 29 Oktober 2022 di distrik hiburan Itaewon, Seoul, setelah puluhan ribu orang berkumpul untuk bergabung dalam pesta pora Halloween pertama sejak pembatasan Covid-19 dilonggarkan.

"Saya tidak ingin orang ke Shibuya jika mereka datang hanya untuk Halloween," kata Hasebe saat konferensi pers, Selasa, 12 September 2023, seraya menambahkan bahwa distrik tersebut bukanlah tempat pesta. Minum-minum di jalanan telah jadi hal yang normal pada hari itu.

Potensi perkelahian dan banyaknya sampah juga menimbulkan risiko keselamatan, katanya. Banyak orang, termasuk turis asing, diperkirakan berkumpul di distrik tersebut, yang terkenal dengan penyeberangannya yang ikonis, untuk merayakan Halloween.

Seperti dalam pengumuman terbaru, area ini juga melarang minuman beralkohol di sekitar Stasiun Shibuya mulai 27 Oktober 2023 hingga awal 1 November 2023. Toko-toko di sekitar area tersebut juga akan diminta membatasi penjualan alkohol pada 28 dan 31 Oktober 2023.

3 dari 4 halaman

WNI Rayakan Halloween di Jepang

Di tengah pembatasan itu, ide out of the box direalisasikan seorang warga negara Indonesia (WNI) ketika ikut merayakan Halloween di Jepang. Ia memilih cosplay jadi makhluk mitologi Bali, Rangda, dan sukses menarik perhatian publik di Negeri Sakura.

Momen ini jadi viral setelah dibagikan melalui serangkaian unggahan di akun TikTok @young_monkey00. Klip pertama, yang diunggah pada 22 Oktober 2023, memuat keterangan, "Siap meramaikan Halloween😁✌🏼."

Rekaman berdurasi 15 detik itu memperlihatkan kostum Rangda yang telah ia siapkan. Ada juga beberapa video lanjutan memperlihatkan "Rangda" bergerak atraktif, mengundang orang di sekitarnya berhenti untuk melihat. Tidak ketinggalan, ia juga merekam reaksi orang Jepang melihat kostum Halloween-nya.

Beberapa tampak tersenyum takjub dan dengan sigap merekam momen itu di ponsel mereka. Ada juga yang lari sambil berteriak ketika hendak dihampiri orang berkostum Rangda tersebut. Warganet pun tidak mau kalah, berbondong-bondong memenuhi kolom komentar. Salah satunya bertanya bujet yang dihabiskan untuk membuat kostum Rangda.

Si pengunggah video menjawab, "Yang tak (saya) bawa hampir (Rp)10 juta-an." Ia juga menambahkan, "Standar itu kalo gak salah sekitar (Rp)5 jutaan udah dapet 1 set."

4 dari 4 halaman

Wajib Tes TBC bagi Turis Indonesia

Sementara itu, Indonesia jadi satu dari enam negara yang warganya bakal diwajibkan tes TBC sebelum berlibur ke Jepang pada 2024. Selain Indonesia, negara-negara yang masuk dalam daftar aturan tes tuberkulosis sebelum kedatangan ini adalah China, Myanmar, Nepal, Filipina, dan Vietnam.

Melansir Japan Today, 19 November 2023, keenamnya dipilih karena sebagian besar warganya didiagnosis mengidap penyakit menular tersebut saat berada di Jepang, sebut Menteri Kesehatan negara itu, Keizo Takemi. Persyaratan tes TBC berlaku bagi warga enam negara tersebut maupun orang asing yang tinggal di sana.

Pendatang dari enam negara yang berencana tinggal lebih dari tiga bulan di Jepang untuk tujuan belajar atau bekerja juga wajib menyertakan hasil tes. Mereka akan diminta memberi bukti bahwa mereka tidak terinfeksi TBC sebelum kedatangan atau ditolak masuk.

"Kami sedang membuat pengaturan akhir untuk memulai sistem ini pada tahun fiskal berikutnya," Menteri Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang, Takemi, mengatakan. Sebagai catatan, tahun fiskal Jepang dimulai pada April.

Menurut sumber, aturan ini kemungkinan akan diperkenalkan mulai dari negara-negara yang telah menyelesaikan persiapan tes tersebut. Pemerintah Jepang sebelumnya mempertimbangkan menerapkan sistem pemeriksaan tuberkulosis wajib menjelang pembukaan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo pada 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat