uefau17.com

4 Potret Makanan Indonesia yang Disantap Prabowo Saat Blusukan di Pulau Jawa - Lifestyle

, Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto kerap berbagi beragam unggahan melalui akun Instagram pribadinya, @prabowo. Salah satu yang mencuri atensi adalah deretan potret makanan Indonesia ketika berkunjung ke berbagai wilayah di Nusantara.

Sebut saja potret Sroto Sokaraja, makanan khas Banyumas, Jawa Tengah. Ia membagikan tiga potret, seperti deretan mangkuk dengan ragam isian Sroto Sokarajo yang tengah disirami kuah.

Baca Juga

  • VIDEO: Toko Kelontong Milik Warga Yaman Jual Makanan khas Indonesia di Tengah Kota Makkah

Potret kedua menunjukkan penjual sedang meracik isi dari sajian ini di mangkuk dan potret ketiga mengabadikan pemandangan di Banyumas. Tak banyak keterangan yang disertakan Prabowo dalam caption foto.

"Selamat Pagi! #Banyumas #srotosokaraja," bunyi keterangan dalam potret yang diunggah pada 30 Oktober 2023 itu.

Dikutip dari Indonesia.go.id, sroto adalah soto dengan ciri khas saus sambal kacang. Ciri khas sajian ini adalah disantap dengan ketupat dan bumbu sambal kacang dalam campuran kuah sotonya.

Sroto Sokaraja juga menggunakan krupuk khusus dari bahan singkong dalam penyajiannya, yaitu krupuk cantir. Krupuk ini biasanya berwarna merah atau putih.

Proses pembuatannya hampir sama dengan soto pada umumnya. Kuah yang digunakan terbuat dari kaldu daging sapi sandung lamur yang dimasak dengan bumbu khusus sehingga memberikan cita rasa yang khas. Kuah pada Sroto Sokaraja ini cenderung lebih bening dan berwarna kekuningan.

Sroto Sokaraja ini biasanya disajikan dalam mangkuk. Isiannya adalah ketupat yang dipotong kecil dan daging sapi maupun babat disertai kuah soto.

Selain daging sapi, tersedia juga soto dengan daging ayam dengan kuah kaldu ayam. Sajian ini biasanya disantap dengan ketupat yang dibungkus dengan daun kelapa muda dan ditambahkan taoge, irisan seledri lalu disiram dengan kuah dan ditaburkan bawang goreng.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kupat Tahu Magelang

Pada Rabu, 1 November 2023, Prabowo kembali mengunggah potret makanan, kali ini adalah Kupat Tahu Magelang. "Sugeng dahar sedulur kabeh. #kupattahumagelang," tulisnya dalam kolom keterangan.

Dikutip dari Merdeka.com, kupat tahu adalah kuliner berbumbu kacang yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah. Sajian ini dilengkapi dengan isian tauge, potongan lontong, hingga irisan tahu goreng yang gurih.

Salah satu warung kupat tahu di Magelang yang paling terkenal adalah Tahu Pojok Magelang. Tempat makan ini bahkan sering dikunjungi artis sampai presiden.

Rasa kupat tahu di warung makan ini begitu gurih, dengan sensasi manis bumbu kacang yang begitu nikmat saat disantap. Salah satu rahasia kelezatan kupat tahu di sini konon berasal dari kecapnya yang diracik sendiri sehingga bercita rasa otentik.

Sejak pertama kali buka puluhan tahun lalu, warung ini sudah menarik minat para pencinta kuliner di sana. Dulunya Tahu Pojok Magelang ini berlokasi di pinggir alun-alun, sehingga dinamai 'pojok'.

Pihak pengelola kemudian mendirikan warung kupat tahu di Jalan Tentara Pelajar Nomor 14, Kota Magelang, Jawa Tengah. Hingga sekarang, warung ini masih terus eksis dan hampir tidak pernah sepi oleh pembeli.

3 dari 4 halaman

Tahu Campur Kalasan

Pada 6 Oktober 2023 lalu, Prabowo juga membagikan potret sajian Tahu Campur Kalasan. "Selamat pagi sahabat-sahabat! Selamat beraktivitas, dan jangan lupa sarapan!#tahucampurkalasan," demikian tulisnya di kolom keterangan.

Dikutip TasteAtlas, tahu campur merupakan masakan tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Timur. Meski ada beberapa variasi di dalamnya, makanan ini biasanya diolah dengan kombinasi kaldu sapi, tahu goreng, salad hijau, tauge, mi telur, sambal petis, singkong goreng berbumbu (lentho), kerupuk bawang putih, dan bumbu yang mengandung bawang putih, ketumbar, jinten, kunyit, dan lada hitam.

Saat disajikan, kuahnya biasanya ditaburi bawang putih goreng, bawang merah goreng, dan kerupuk bawang putih. Salah yang terkenal adalah Tahu Campur Kalasan H. Abdul Mahfud yang berlokasi di Jalan Kalasan, Pacar Keling, Kec. Tambaksari, Surabaya, Jawa Timur.

Warung makan ini buka setiap hari mulai pukul 10.30 hingga 22.30 WIB. Warung ini kerap masuk dalam rekomendasi wisata kuliner ketika tengah berkunjung ke Kota Pahlawan.

4 dari 4 halaman

Sate Klatak

"Sugeng Dahar, Guys! #sateklatak," bunyi keterangan unggahan Prabowo yang menampilkan sate klatak yang dibagikan pada 13 Agustus 2023 lalu. 

Dikutip dari Warisan Budaya Kemdikbud, sate klatak adalah makanan khas yang berasal dari Kabupaten Bantul yang berbahan dasar daging kambing. Dengan spesifikasi tusuk sate terbuat dari besi jeruji sepeda.

Cara memasak dengan dibakar dan hanya diberi bumbu garam. Cara penyajian sate klatak, yakni setiap porsi atau menu umumnya terdiri dari 2--4 tusuk sate. Didampingi penyerta kuah, rasa yang dominan adalah gurih dari aroma daging kambing.

Pencetus atau perintis sate klatak adalah Mbah Ambyah berasal dari Jejeran, Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Menu sate ini telah ada sejak mbah Ambyah memulai usahanya pada sekitar era 1940-an.

Keberadaan sate Klatak di Bantul yang dirintis oleh Mbah Ambyah memberikan ciri khas tersendiri bagi Kabupaten Bantul serta Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau dahulu Kota Yogyakarta disebut Kota Gudeg hingga Kota Bakpia, sebutan itu sekarang bertambah menjadi Kota Sate Klatak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat