uefau17.com

Pandawara Ajak 7.800 Orang Bersihkan Sampah di Pantai Kesenden Cirebon, Dinobatkan Jadi Pantai Terkotor ke-3 di Indonesia - Lifestyle

, Jakarta - Pandawara Group kembali melancarkan aksi bersih-bersih dan kali ini perhatian tertuju pada Pantai Kesenden, Cirebon, Jawa Barat. Pandawara mengumumkan akan membersihkan pantai tersebut dalam sebuah unggahan di akun Instagram mereka.

Video singkat yang digawangi lima pemuda itu menampilkan mereka tengah berdiri di atas tumpukan sampah di Pantai Kesenden, Cirebon. Aksi ini juga dilakukan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun alias HUT ke-78 RI.

"Cirebon, rayakan hari kemerdekaan untuk memerdekakan pantai terkotor nomor tiga di Indonesia," kata salah seorang anggota Pandawara, Gilang, sembari memegang bendera merah putih.

Video selanjutkan memperlihatkan penampakan Pantai Kesenden yang dipenuhi sampah. Pandawara juga menyebut, dalam memperingati HUT ke-78 RI, mereka mengajak 7.800 orang membantu mengurangi sampah di pantai tersebut.

Mereka mengajak warga Cirebon, Jawa Barat untuk menunjukkan pada dunia cara merayakan HUT ke-78 RI dengan bersih-bersih pantai. Pandawara menunjukkan pantai yang didominasi sampah plastik dan kondisi air pantai yang kotor.

Pandawara mendapat informasi bahwa sampah di sini adalah kiriman dari sungai. "Di hari kemerdekaan ini, kita bangkitkan kembali semangat dan jiwa nasionalisme untuk masa depan tanpa kerusakan lingkungan," kata Ikhsan, anggota Pandawara lainnya.

Agung, juga anggota Pandawara, menyampaikan, "Untuk alamatnya ada di Pantai Kesenden, Jalan Diponegoro, Kampung Baru Kesenden, Kota Cirebon RT 07/RW 01. Untuk kegiatannya, (bersih-bersih) akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu pada 12--13 Agustus 2023 pukul 08.00 pagi WIB."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Pujian Warganet

"Kami mengimbau untuk seluruh volunteer yang ikut hadir agar menggunakan pakaian bernuansa kemerdekaan, yaitu merah dan putih. Kami tunggu kehadirannya. Terima kasih," lanjut Agung.

Sebelum video berakhir, mereka kembali menyertakan informasi bersih-bersih pantai, mulai dari alamat, sampai waktu pelaksanaannya. "Mari kita rayakan hari kemerdekaan ini untuk memerdekakan sesuatu yang belum merdeka, sampai ketemu di sana guys," bunyi keterangan tersebut.

Unggahan Pandawara tersebut memantik deretan tanggapan dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang memuji aksi kelima anak muda ini. "This is pandawara, pahlawan tanpa lencana yang peduli Indonesia," tulis salah seorang warganet.

Ada juga yang berkomentar, "Perkiraan yang diundang 7K orang, tapi yang dateng bisa capai 50k. Pasti bakal lebih banyak lagi." "Salut sama team ini gak pernah nyalahin siapapun, baik itu pemerintah maupun masyarakat, tapi mereka selalu mengajak untuk sama-sama bergerak, TOP emg team ini," puji warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Aksi Bersih-Bersih Pandawara di Pantai Sukaraja Lampung

Sebelumnya, sudah ada sederet aksi Pandawara membersihkan pantai hingga sungai, termasuk Pantai Sukaraja, Bandar Lampung. Aksi bersih-bersih di pantai yang digalakkan Pandawara Group itu berhasil mengangkut lebih dari 300 ton sampah.

Kelompok anak muda pegiat lingkungan ini telah mengajak 3.700 orang mengumpulkan tumpukan sampah. Hal tersebut disampaikan Pandawara melalui sebuah video singkat di akun Instagram mereka.

"300++ TON sampah, 3700 orang, 35% progres perbaikan (dalam 1 hari) LAMPUNG KALIAN LUAR BIASA🖤 SAMPE KETEMU DI BULAN DEPAN LAMPUNG!" bunyi keterangan dalam unggahan itu.

Di video, Pandawara juga menyampaikan aksi ini bukan hanya tentang Lampung, tapi Indonesia tercinta. Video memperlihatkan pantai yang berlokasi di Jalan Ikan Selar, Bandara Lampung itu tampak dipenuhi sampah.

Cuplikan berlanjut dengan menampilkan berbagai pihak dan lapisan masyarakat yang turut ambil peran dalam membersihkan Pantai Sukaraja. Mereka terlihat memunguti satu per satu sampah yang memenuhi pantai tersebut.

Tumpukan sampah itu kemudian dimasukkan ke dalam karung. Tampak pula ekskavator didatangkan untuk memindahkan karung-karung penuh berisi sampah ke truk.

4 dari 4 halaman

Sampah Dibawa ke Mana?

Pandawara melancarkan aksi gotong royong membersihkan Pantai Sukaraja di unggahan media sosial pada Minggu, 9 Juli 2023. "Lampung mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor nomor dua di Indonesia ada di daerah kalian," kata Gilang, salah seorang anggota Pandawara Group.

Mereka awalnya mencari seribu orang Lampung untuk membersihkan pantai dari sampah yang didominasi beragam plastik, stirofoam, dan sampah organik. "Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban dari acuhnya kita terhadap lingkungan. Kita perlu kolaborasi antar-seluruh masyarakat dan pemerintah Provinsi Lampung untuk menanggulangi masalah ini," kata Ikhsan menambahkan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bandarlampung Budiman P Mega menyebut bahwa sebanyak 300 ton sampah berhasil diangkut dari kegiatan bersih-bersih Pantai Sukaraja bersama masyarakat. Ia menyebut bahwa sampah-sampah dari Pantai Sukaraja langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung.

"Untuk kegiatan ini setidaknya ada 50 unit truk pengangkut sampah yang dilibatkan dari berbagai pihak yang ikut membersihkan sampah di pesisir pantai," katanya, dilansir Antara, Rabu, 12 Juli 2023.

Aksi serupa juga pernah dilakukan Pandawara di pantai di Desa Teluk, Kecamatan Labuah, Kabupaten Pandeglang, Banten, yang sempat dinobatkan sebagai pantai terkotor nomor satu di Indonesia.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat