uefau17.com

Bali Masuk Top 3 Daftar Pulau Favorit 2023 Versi Pembaca Travel + Leisure, Teratas di Asia Tenggara - Lifestyle

, Jakarta - Jadi bagian dari survei tahunan "Penghargaan Terbaik Dunia" tahun 2023, publikasi perjalanan Travel + Leisure merilis daftar 25 Pulau Favorit versi pembaca mereka. Di antaranya, ada Bali yang bertengger di posisi ke-3.

Melansir situs webnya, Jumat (21/7/2023), Bali mencatat skor pembaca 94,4 dari 100. "Dari jalan-jalan Ubud yang ramai dan klub pantai trendi di Seminyak, hingga tempat peristirahatan yang tenang di pantai utara, selalu ada sesuatu untuk semua orang di Bali," begitu bunyi deskripsinya.

Pihaknya menyambung, "Disebut juga sebagai Pulau Dewata, Bali terkenal dengan resort kelas dunia, spa mewah, dan wellness retreat-nya. Pulau ini berakar kuat pada spiritualitas dan tradisi, sehingga pengunjung dapat membenamkan diri dalam budaya lokal, baik itu menjelajahi pura Hindu kuno, berpartisipasi dalam upacara melukat, atau menyaksikan pertunjukan tarian tradisional."

Dijelaskan bahwa setiap tahun untuk survei "Penghargaan Terbaik Dunia," T+L meminta pembaca mempertimbangkan pengalaman perjalanan di seluruh dunia untuk berbagi pendapat mereka tentang hotel, resort, kota, pulau, kapal pesiar, spa, maskapai penerbangan teratas, dan banyak lagi.

"Hampir 165 ribu pembaca T+L menyelesaikan survei tahun 2023, meningkat hampir 25 persen dari tingkat pemungutan suara sebelum pandemi. Sebanyak lebih dari 685 ribu suara diberikan di lebih dari 8.500 properti unik," sebutnya.

Pulau Bali secara khusus dinilai berdasarkan kriteria objek wisata alam/pantai; kegiatan/pemandangan; restoran/makanan; warga lokal/keramahan; dan kearifan setempat. Untuk setiap karakteristik, responden dapat memilih peringkat sangat baik, di atas rata-rata, rata-rata, di bawah rata-rata, atau buruk.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3 Pulau Favorit Teratas

Tiga pulau favorit teratas adalah tempat berlibur yang ikonis. Sementara Bali bertengger di peringkat ke-3, Kepulauan Great Barrier Reef Australia berada di posisi puncak dengan skor pembaca 96,11.

Di keterangannya tertulis, "Great Barrier Reef, Situs Warisan Dunia UNESCO yang membentang sejauh 2.253 kilometer di lepas pantai timur laut Australia, adalah rumah bagi kumpulan terumbu karang terbesar di dunia, hampir tiga ribu secara total."

"Itu juga rumah bagi sekitar 900 pulau yang telah dipilih pembaca T + L sebagai favorit mereka di dunia. Seorang pembaca T+L yang telah lebih dari sekali tinggal di Pulau Hamilton berkata, 'Keindahan lanskap daerah tersebut tidak ada bandingannya. Cintai saja pulau dan orang-orang Australia.'"

Menyusul di peringkat ke-2 adalah Maladewa dengan skor 95,68. "Maladewa terdiri dari 1.192 pulau, dan hanya 200 di antaranya yang saat ini berpenghuni. Rumah bagi sekitar tiga persen terumbu karang di planet ini, Maladewa juga dikenal dengan perairan zamrudnya yang jernih, bungalo di atas air yang mewah, dan menyediakan tempat peristirahatan yang terisolasi bagi para pelancong," bunyi deskripnya.

Menurut pembaca T+L, ini adalah "surga di Bumi." Waktu terbaik untuk berkunjung ke Maladewa adalah musim kemarau, yang biasanya berlangsung dari November hingga April.

3 dari 4 halaman

Menggenapi Top 5

Menggenapi posisi lima besar, ada Madeira, Portugal di peringkat ke-4 dengan skor pambaca 94,33. Disebutkan bahwa di sini, wisatawan akan disuguhi pemandangan yang sangat indah di setiap belokan.

Seorang pembaca T+L berkata, "Keanekaragaman pulau, dari pantai berbatu hingga pegunungan berkabut, memiliki sesuatu untuk semua orang." Tidak ada kunjungan yang lengkap tanpa memanjakan diri dengan anggur lokal dan makanan laut segar yang terkenal di pulau itu.

Posisi ke-5 kembali diisi wakil Asia Tenggara, yakni Phuket, Thailand dengan skor 94,21. Dikenal sebagai "Mutiara Laut Andaman," surga tropis ini menawarkan pantai berpasir putih yang memukau, perairan biru kehijauan sebening kristal, dan petualangan tanpa batas," katanya.

"Wisatawan dapat bersantai dan berjemur di pantainya yang terkenal atau melakukan kegiatan luar ruang, seperti snorkeling di sekitar terumbu karang dan menjelajahi teluk-teluk kecil yang tersembunyi," sebutnya. "Phuket, terkenal dengan kehidupan malamnya, berjarak dua jam naik perahu dari Kepulauan Phi Phi terdekat."

"Di antara banyak hotel, Amanpuri disebutkan secara terhormat, yang dipilih pembaca sebagai resor favorit ketiga mereka di Asia Tenggara tahun ini," imbuh publikasi itu.

4 dari 4 halaman

25 Pulau Favorit Tahun 2023

Secara lengkap, berikut daftar 25 Pulau Favorit Tahun 2023 versi pembaca Travel + Leisure:

  1. Great Barrier Reef Islands, Australia
  2. Maladewa
  3. Bali, Indonesia
  4. Madeira, Portugal
  5. Phuket, Thailand
  6. Skye dan Hebrides, Skotlandia
  7. Koh Samui, Thailand
  8. Dominika
  9. Langkawi, Malaysia
  10. Boracay, Filipina
  11. Paros, Yunani
  12. Fiji Islands, Fiji
  13. Golden Isles, Georgia
  14. Moorea, French Polynesia
  15. Zanzibar, Tanzania
  16. Seychelles
  17. Azores, Portugal
  18. Bora-Bora, French Polynesia
  19. Rhodes dan Dodecanese, Yunani
  20. Mackinac Island, Michigan
  21. Kepulauan Galapagos, Ekuador
  22. Hvar dan Kepulauan Dalmatian, Kroasia
  23. Sicily, Italia
  24. Anguilla
  25. Santorini, Yunani

Untuk "Penghargaan Terbaik Dunia" edisi ke-28, ratusan ribu suara diberikan dalam survei ekstensif yang dibuka pada 24 Oktober 2022 hingga 27 Februari 2023 melalui situs web yang dikelola dan dipantau mitra riset publikasi itu, Proof Insights. Responden memiliki opsi untuk menilai maskapai penerbangan, bandara, perusahaan persewaan mobil, kota, kapal pesiar, spa tujuan, hotel, merek hotel, pulau, perusahaan persewaan vila mewah, penyedia pakaian safari, operator tur, kereta api, dan taman nasional AS berdasarkan sejumlah karakteristik yang dapat mereka pilih.

Setelah survei ditutup, T+L dan Proof Insights menyaring tanggapan untuk mengidentifikasi suara tidak sah yang kemudian dieliminasi dari penghitungan akhir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat