uefau17.com

Likupang versus Destinasi Wisata Populer di Sulawesi - Lifestyle

, Jakarta - Kekayaan alam Sulawesi memancarkan keindahan yang telah sejak lama termasyhur di seantero Indonesia hingga dunia. Salah satu potensi wisatanya adalah Likupang yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, yang masuk dalam lima Destinasi Super Prioritas atau DSP.

Kelima Destinasi Super Prioritas di Indonesia yang telah ditetapkan, yakni Borobudur, Likupang, Mandalika, Danau Toba, dan Labuan Bajo. Pengembangan destinasi wisata ini merujuk pada potensi menjadi "Bali Baru".

"Dari sisi perencanaan, kalau masuk dalam Destinasi Super Prioritas artinya dirintis untuk bisa masuk ke dalam pilihan kunjungan wisatawan mancanegara," kata Wakil Direktur 2 Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Wisnu Rahtomo saat dihubungi , Sabtu, 8 Juli 2023.

Wisnu melanjutkan, Sulawesi merupakan salah satu surga dengan deretan destinasi wisata yang cantik, termasuk pantainya. "Pantai di selatan sudah populer, di Sulawesi Tenggara ada Wakatobi dan Buton," terangnya.

"Pilihannya karena prioritas daerah ujung, secara geografis memberikan satu peluang pengembangan di daerah paling utara dari Sulawesi," terangnya.

Lantas, bagaimana bila dibandingkan dengan Tana Toraja? Wisnu menyebut, "Tana Toraja itu memang dari tahun 90-an sudah menjadi destinasi yang diunggulkan Indonesia."

"Dari sisi prioritas, pengembangan di 2014 ke sini tidak terlalu diekspos, namun sebetulnya Tana Toraja lebih kepada budaya. Saya kira juga menjadi alternatif melihat potensi jalur pola wisata yang ada di Sulawesi," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Versus Destinasi Wisata Lainnya

Punya keunikan yang berbeda, Wisnu mengatakan tidak dapat membandingkan potensi Tana Toraja dengan Likupang secara apple to apple. "Likupang itu fasenya, fase rintisan untuk berkembang menjadi destinasi yanh diarahkan maju," katanya.

Wisnu lantas menambahkan bahwa, "Sementara Tana Toraja sudah punya historis legend, alam dan budaya di sana secara historis sangat kuat dan punya market tersendiri, berbeda dengan Likupang."

Ia menambahkan, begitu pula dengan destinasi wisata di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan yang punya pasar yang berbeda. "Sehingga kalau diperbandingkan boleh dikatakan akan melihatnya dari proses pengelolaan dan brandingnya," tuturnya.

Kendati demikian, Wisnu tak menampik bahwa minat wisatawan berwisata ke Likupang memang belum sebesar keempat Destinasi Super Prioritas lainnya. "Kalau dilihat dari arus kunjungan memang masih relatif jauh dari pada yang diharapkan," katanya.

"Karena memang kondisi pengelolaan belum settle, sehingga langkah-langkah promosi pemetaan belum berjalan secara simultan," terang Wisnu.

3 dari 4 halaman

Sinergi Berbagai Pihak

Apa yang harus dilakukan untuk menggaungkan lebih luas wisata Likupang? Wisnu menyebut upaya itu tidak semata-mata diarahkan kepada pemerintah pusat saja.

"Karena ini adalah Destinasi Super Prioritas, tentu pemerintah daerah juga jika melihat pitensonya sudah bisa memulai untuk mensinergikan rencana-rencana pengembangan Likupang secara Super Prioritas," tambahnya.

Wisnu mengungkapkan, "Misalnya dengan memberikan penguatan kepada beberapa simpul-simpul daya tarik yang ada di sekitarnya."

Ia juga menyebut perlunya mengakselerasi penyediaan infrastruktur di Likupang. "Jadi memang harus ada sinergi antara kesiapan SDM di Likupang, kesiapan pemerintah daerah dan tentu keberlanjutan program yang sudah dicanangkan secara nasional untuk Destinasi Super Prioritas."

Sementara, Likupang memiliki deretan wisata alam yang dapat dikunjungi wisatawan. Selain pantai, Likupang juga ada danau hingga bukit dengan pemandangan eksostis, mulai dari Pantai Paal, Bukit Savana Lihunu, Pulau Lihaga, Bukit Larata, dan Desa Bahoi. Selain itu pada Juli 2023 ini dihadirkan pula Likupang Tourism Festival 2023.

4 dari 4 halaman

Likupang Tourism Festival 2023

Likupang Tourism Festival menjadi salah satu agenda dalam Karisma Event Nusantara 2023. Biasa disingkat menjadi KEN, helatan ini adalah strategi kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama pemerintah daerah dan seluruh stakeholder pariwisata untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Tahun ini, Likupang Tourism Festival bakal digelar pada 29 hingga 31 Juli 2023. Selain itu, KEN Juli 2023 di Sulawesi juga menampilkan event Toraja International Festival, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, Likupang Tourism Festival 2022 dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pantai Paal, Likupang, Sulawesi Utara. Ia menyebut festival ini jadi penanda kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di kawasan Destinasi Super Prioritas Likupang.

Kala itu, acara dibuka secara simbolis oleh Menparekraf Sandiaga Uno dengan melepas 200 ekor tukik atau bayi penyu di Pantai Paal. Pembukaan ini juga dimeriahkan dengan atraksi perahu karet oleh anggota marinir dari Lantamal VIII Manado.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat