uefau17.com

Inovasi Pemanas Air Diklaim Ramah Lingkungan, Salah Satu Jawaban Isu Perubahan Iklim - Lifestyle

, Jakarta - Solusi demi mengatasi krisis iklim harus datang dari berbagai sektor. Bukan hanya sampah, penggunaan perangkat elektronik, termasuk pemanas air, pun ikut menyebabkan peningkatan gas rumah kaca yang akhirnya berdampak pada perubahan iklim.

Rheem, perusahaan produk pemanas air dan HVAC global asal Amerika Serikat pun memperkenalkan inovasi teknologi pemanas air terbaru yang diklaim ramah lingkungan. Ini dipamerkan di ajang IndoBuildTech Expo 2023, ICE BSD, Tangerang, bersama PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya sebagai distributor tunggal Rheem di Indonesia. 

"Lebih dari 18 tahun di Indonesia, Rheem telah mengembangkan jangkauan dan keberadaan kami di pasar," ungkap Steve Li, General Manager of Rheem North and Southeast Asia di Tangerang, Banten, Rabu, 5 Juli 2023. 

Selain membuat produk diklaim ramah lingkungan, pihaknya juga mengaku mengedukasi mitra mereka terkait praktik keberlanjutan. "Komitmen kami mengurangi 50 persen dari gas rumah kaca hingga 2025. Jadi, proses manufacturingnya penting," tambah Agus Tandany, Director of PT. Dewata Vulcanindo Suryajaya, di kesempatan yang sama.

Tak hanya itu pihaknya bahkan memiliki tujuan sustainability untuk mencapai nol limbah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Agus menyambung, "Kami juga mendidik partner Rheem, seperti kontraktor dan engineer, supaya mereka bisa memahami mengenai sustainability karena pada akhirnya sustainability adalah hal yang sederhana."

Menurut Agus, produk memang harus ramah lingkungan. Tapi, yang paling penting itu adalah konsumen bisa merawat produk dengan baik. "Kami di Rheem tidak segan membagikan ilmu-ilmu ini (perawatan produk)," sebutnya lagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kini Ingin Mengambil Pasar Rumah Tangga

Rheem ternyata sudah 100 tahun dalam bisnis ini, 50 tahun kiprah di Asia sudah lebih dari 1 juta pemanas airnya dipasang di seluruh ASEAN. Tapi mereka menyasar pasar konsumen yang besar seperti hotel dan rumah sakit.

Kebutuhan akan pemanas air sendiri di Indonesia memang persentasenya masih kecil dibandingkan dengan negara dengan iklim empat musim. Namun Agus tak bisa menyebut berapa besarannya, tapi di Indonesia penggunaan pemanas air lebih kepada tujuan agar air tidak dingin. 

Di pameran IndoBuildTech Expo 2023 yang masih akan berlangsung sampai Minggu, 9 Juli 2023, Rheem meluncurkan dua produk terbaru untuk rangkaian Heat Pump Water Heater Seri ProTerra RHP-2805 dan RHP-5207C. Pihaknya juga memperkenalkan solusi baru RUUD, merek di bawah naungan Rheem yang mencakup teknologi air conditioning dan heat pump.

Dijelaskan bahwa salah satu fitur unggulan dari Seri ProTerra Heat Pump Water Heaters, RHP-2805 danRHP-5207C adalah seri ini memiliki Peringkat Energi Kelas 1. Heat pump water heaters tersebut dapat memberikan penghematan yang lebih besar untuk pengguna dibandingkan dengan pemanas air listrik konvensional.

"Kedua Heat Pump Water Heaters ini juga memiliki jangkauan operasi yang luas, memungkinkan untuk menyediakan sumber air panas yang lebih andal terlepas dari suhu eksternal," jelas Steve Lee menyambung lagi. 

Adapun, Heat Pump Water Heaters dari seri Rheem ProTerra juga dilengkapi penukar microchannel high efficiency heat yang dapat meningkatkan efisiensi pertukaran panas dari sistem heat pump. Selain banyaknya solusi pemanas air yang dipilih, RUUD Air Condition System (UACA) dan RUUD Air Source Heat Pump (UAHA) adalah beberapa produk baru yang akan tersedia di pasar Indonesia.

3 dari 4 halaman

Instalasi TACO di IndoBuildTech Expo 2023

Di ajang IndoBuildTech Expo 2023, TACO yang merupakan penyedia solusi interior juga ikut berpartisipasi. Kali ini TACO menampilkan instalasi booth pameran yang elegan, inovatif, dan modern di pameran material dan teknologi bangunan terbesar di Indonesia tersebut.

Membawa tema Kreativitas Tanpa Batas atau "Limitless", TACO membuat instalasi booth yang secara khusus menggandeng Kezia Karin untuk mendesainnya. Anastasia Tirtabudi, Vice President Brand Marketing & Corp. Communication TACO mengatakan tahun ini TACO membawa nuansa yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Hal tersebut juga didukung dengan menampilkan beragam produk baru yang dirilis TACO. "Kami mengundang pengunjung untuk dapat melihat langsung produk-produk kami yang dapat digunakan untuk kebutuhan interior konsumen. Tahun ini kami menggandeng designer Kezia Karin untuk merancang booth TACO dengan ide yang inovatif dalam mengaplikasikan produk-produk TACO dengan cara yang berbeda sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi konsumen," ungkap Anastasia.

4 dari 4 halaman

Imajinasi Desain Kezia Karin

Kezia Karin, Principal Designer menambahkan bahwa inspirasi instalasi tahun ini ingin memperlihatkan sisi yang elegan, inovatif, dan modern melalui ragam produk terbaru TACO. "Tema Kreativitas Tanpa Batas yang diusung oleh TACO sejalan dengan desain yang saya rancang," ungkapnya saat konferensi pers di Tangerang, Banten, Rabu, 5 Juli 2023. 

Sebagai seorang desainer interior, ia merasa tetap harus mengedepankan kualitas untuk melengkapi nilai estetika dan fungsionalitas dari setiap rancangan, sehingga TACO tentu menjadi salah satu pilihan utama untuk solusi interior. Kezia menambahkan bahwa dalam ranah desain, imajinasilah yang memegang peran krusial karena memungkinkan lahirnya kreasi yang indah dan inovatif.

"Tidak terikat oleh waktu maupun ruang, dunia desain membuka mata untuk membuat sebuah karya seni yang tak terbatas. Kerangka berpikir itu saya aplikasikan juga dalam mendesain booth ini dengan menggunakan ragam produk TACO untuk menjadikan sebuah karya seni yang luar biasa," jelas Kezia.

Instalasi booth TACO kali ini menampilkan koleksi lengkap produk TACO dan koleksi produk inovasi terbaru TACO. Salah satunya TACO Vinyl Flooring Perform 300 XL yang baru diluncurkan di tahun ini juga ditampilkan dalam instalasi booth untuk memberikan kesan ruangan tampak lebih luas. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat