uefau17.com

Raditya Dika Bersantap di Restoran Indonesia Bernama Toba di Pusat Kota London yang Sajikan Menu Tradisional dari Sate sampai Ikan Arsik - Lifestyle

, Jakarta - ‘Menemukan restoran Indonesia di luar negeri apalagi di negara Eropa seperti Inggris tentu bukan hal yang mudah. Namun baru-baru ini penulis sekaligus Youtuber Raditya Dika menjumpai restoran Indonesia di ibu kota Inggris, London, bahkan di pusat kotanya.

Raditya Dika membagikan pengalamannya itu di kanal Youtube miliknya pada 9 Mei 2023. Restoran itu bernama Toba di kawasan St James’s Market. Kata Dika, restoran itu baru buka sekitar tiga hari saat ia menyambangi tempat makan tersebut. Dika pun bertemu langsung dengan pemiliknya, Pinondang Sinaga atau akrab disapa Pino.

Ia menjelaskan tentang bagaimana bisa membuka restoran Indonesia di Inggris. Pino ternyata sudah beberapa tahun terakhir tinggal dan bekerja di Inggris. Sebelumnya ia sudah membuka usaha kuliner yaitu Pino’s Warung pada akhir 2019 lalu.

Pino menyajikan berbagai makanan khas Indonesia di lokasi wisata turis di Camden Market, London. Setelah sukses dengan Pino’s Warung, ia kemudian memberanikan diri membuka tempat yang lebih besar dan tempat yang lebih strategis yaitu di pusat kota London.

"Restoran ini beda dengan Pino’s Warung karena menyajikan lebih banyak makanan Indonesia dari berbagai daerah dengan bumbu-bumbu otentik khas Indonesia. Kita juga akan ganti menu setidaknya tiga bulan sekali supaya lebih banyak lagi kuliner Indonesia yang bisa dibuat dan diperkenalkan di sini," terang Pino.

"Jadi nanti menunya kita ganti-ganti, kita bakal sajikan menu khas dari berbagai daerah di Indonesia seperti Kalimantan, Aceh, Bali, Sumatra dan daerah-daerah lainnya. Kita sajikan cita rasa yang otentik dari masing-masing daerah tersebut," sambungnya.

Ia mengakui bukan hal yang mudah untuk bisa membuka restoran di tengah kota dengan menyajikan makanan Indonesia. Ia pun sampai harus melakukan persentasi ke pihak manajemen atau pengelola kawasan restoran tersebut untuk bisa memperkenalkan makanan Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rempah khas Indonesia

Setelah mendapat izin, ia juga harus berusaha keras mempromosikan restorannya pada masyarakat sekitar. "Untuk promosi saya sampai memberikan sate dan bakso gratis pada warga Inggris yang sedang melewati pusat kota ini," kata Pino.

Selain itu, Pino mendapat dukungan dari KBRI London, terutama Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya yang ikut membantu mempromosikan restoran miliknya. Toba berlokasi di tengah kota London, tidak jauh dari pusat keramaian Piccadilly dan Trafalgar Square.

Terinspirasi dari momen masak bersama ibunda tercinta yang dipelajari sejak kecil, Pino berkreasi meramu ragam kekayaan rempah Indonesia yang unik seperti kecombrang, diberi sentuhan modern. Melalui sajian kuliner favorit seperti rendang, sate ayam, nasi goreng serta kuliner tradisional Batak, arsik ikan, pengunjung dibawa menikmati atmosfer Indonesia.

Mengenai nama Toba, Pino mengatakan memilih nama tersebut karena identik dengan tempat wisata di daerah asalnya, Sumatera Utara. Pino berharap restorannya bukan hanya disukai orang-orang Indonesia luar negeri yang kangen dengan makanan di tanah air, tapi juga memperkenalkan kuliner Indonesia pada masyarakat Inggris.

3 dari 4 halaman

Ada Bawang Goreng, Kerupuk dan Sambal

Usai mewaancarai Pino, Dika mencoba beberapa menu andalan di restoran tersebut, seperti nasi kuning Fragnant Yellow Rice, sate ayam, perkedel dan rendang. Harganya mulai dari 5 poundsterling (sekitar Rp90 ribu) sampai 11,5 poundsterling (sekitar Rp207 ribu).

Menu seperti sate disajikan dengan bumbu kacang dan bawang goreng, begitu pula nasi kuning yang juga ditaburi bawang goreng. Menu lainnya yang dicoba Dika adalah tempe mendoan, bakwan jagung dan bakwan sayur. Selain itu ada menu pendamping yang juga khas Indonesia seperti kerupuk dan sambal. Untuk sambal bahkan ada tiga pilihan yaitu sambal terasi, kecombrang dan matah.

Selain itu ada ikan arsik, makanan khas Batak yang menurut pemilik restoran tidak bisa ditemukan di restoran Indonesia lainnya di Inggris, bahkan di Eropa. Dari semua makanan yang disajikan, Dika mengaku paling suka dengan sate ayam.

"Ini sate ayamnya gendut, gede banget ya, dan rasanya memang enak, gua suka banget ini, benar-benar sama kayak sate di Indonesia," kata suami dari Anissa Azisa ini. 

4 dari 4 halaman

Dukungan Dubes Indonesia di Inggris

"Semua makanannya enak sih dan bumbunya memang bener kata mas Pino, otentik banget, Gua kayak makan masakan nyokap gua. Ini bener-bener bisa melepas kangen kita sama makanan Indonesia," sambungnya.

Dika sangat merekomendasikan tempat makan tersebut jika sedang berlibur atau berkunjung ke London. Jika dilihat di laman resmi Kementerian Luar Neger (Kemlu) RI, restoran Toba dibuka pada Februari lalu.

Saat baru dibuka, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya dan Irlandia Desra Percaya mengundang rekan-rekan Friends of Indonesia menyantap sajian di restoran Toba.  "Restoran Toba adalah bukti nyata dari kolaborasi yang sukses. Ini adalah kisah persahabatan, pertukaran budaya dan pengalaman dari segala penjuru daerah yang menunjukkan keragaman budaya Indonesia yang kaya," ukata Desra.

Dengan dukungan KBRI London, Toba didirikan oleh Pinondang Sinaga, seorang diaspora Indonesia asal Sumatera Utara yang sebelumnya sukses membuka warung makanan Indonesia 'Pino's Warung' di Camden Market, London.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat