uefau17.com

Terungkap Peran Penting Pangeran William di Penobatan Raja Charles III - Lifestyle

, Jakarta - Pangeran William ditetapkan untuk memberi penghormatan kepada ayahnya Raja Charles III pada penobatan. Pangeran William akan melangkah maju di Westminster Abbey pada 6 Mei mendatang dan mengikrarkan kesetiaannya kepada Raja selama upacara penobatan Raja Charles III tersebut.

Dikutip dari People, Senin, 1 Mei 2023, setelah Raja Charles III dimahkotai di tengah upacara, Pangeran William akan berlutut di hadapan Raja Charles III. Pangeran berusia 40 tahun itu juga meletakkan tangannya di antara tangan Raja.

Ia juga akan berkata, "Saya, William, Pangeran Wales, berjanji setia kepada Anda dan iman dan kebenaran akan saya tanggung kepada Anda, sebagai penghubung hidup dan anggota tubuh Anda. Jadi bantu saya Tuhan. Kata-kata Pangeran Wales - yang disebut Penghormatan Darah Bangsawan - menggemakan sumpah yang dibuat oleh mendiang kakeknya Pangeran Philip kepada istrinya Ratu Elizabeth pada tahun 1953 ketika dia juga bersumpah untuk menjadi "tuan hidup dan anggota tubuhnya".

"Kata-kata kesetiaan" dan peran Pangeran William telah dikonfirmasi dalam liturgi layanan penobatan yang dirilis oleh kantor Uskup Agung Canterbury di Istana Lambeth. Pangeran William adalah satu-satunya bangsawan yang akan memberikan penghormatan dengan cara ini dalam kebaktian tersebut.

Pangeran William juga akan muncul selama upacara penobatan sebagai Stole Royal (dari kata Yunani kuno yang berarti "syal") dan Robe Royal dibawa ke Raja. William akan membantu Baroness Merron dan para uskup mengenakan jubah pada Raja Charles III.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Penobatan

Liturgi juga melihat terobosan lain yang berbeda dari masa lalu, dengan Uskup Agung, Yang Terhormat Justin Welby, mengundang orang-orang di seluruh Inggris untuk menonton atau mendengarkan upacara untuk bergabung dalam Penghormatan Rakyat. Peran itu secara tradisional akan dilakukan oleh Duke dan bangsawan turun-temurun di Westminster Abbey.

Gereja Inggris mengatakan ini adalah "momen baru dan penting dalam tradisi Penobatan. Seperti yang belum pernah terjadi sebelumnya, masyarakat umum ditawari kesempatan seperti itu untuk bergabung dengan tokoh nasional dalam menyatakan kesetiaan mereka kepada Yang Berdaulat."

Sumpah baru berbunyi, "Saya bersumpah bahwa saya akan memberikan kesetiaan sejati kepada Yang Mulia, dan kepada ahli waris dan penerus Anda menurut hukum. Jadi bantu saya, Tuhan." Lantas, diikuti dengan kemeriahan dan Uskup Agung kemudian memimpin orang-orang untuk memuji Tuhan Selamatkan Raja, dengan jawaban "Tuhan selamatkan Raja Charles, Hidup Raja Charles, Semoga Raja hidup selamanya."

Dalam penyimpangan lainnya dari tradisi, dan menggarisbawahi komunitas yang berbeda di Inggris modern, para pemimpin agama lain akan menyambut Charles secara serempak saat dia meninggalkan kebaktian. 

3 dari 4 halaman

Banyak yang Berbeda

Perwakilan dari agama Yahudi, Hindu, Sikh, Muslim dan Budha akan berkata, "Sebagai orang yang berdekatan dalam iman, kami mengakui nilai pelayanan publik. Kami bersatu dengan orang-orang dari semua agama dan kepercayaan dalam ucapan syukur, dan dalam pelayanan dengan Anda untuk kebaikan bersama."

Layanan akan memiliki yang momen pertama lainnya, termasuk seorang uskup perempuan yang mengambil bagian dalam penobatan, dan bahasa tradisional negara-negara Kepulauan Inggris juga akan digunakan. Ada doa dalam bahasa Welsh dan himne, Veni Creator, yang akan dinyanyikan dalam bahasa Welsh, Gaelik Skotlandia, dan Gaelik Irlandia.

Pangeran George, putra tertua Pangeran William yang berada di urutan kedua dalam garis suksesi, juga akan memainkan peran khusus dalam penobatan kakeknya. Pangeran berusia 9 tahun itu akan menjadi Page of Honor bagi Raja Charles pada upacara penobatan.

Partisipasi George di penobatan akan membuat sejarah, menurut The Telegraph. Pangeran George akan menjadi calon raja termuda yang memainkan peran resmi di penobatan.

4 dari 4 halaman

Pangeran George Akan Bawa Pedang Pelindung di Penobatan Raja Charles III

Dikutip dari Mirror, Jumat, 14 April 2023, sementara perencanaan prosesi penobatan terus didetailkan dan daftar tamu terus diperbarui, Pangeran George sudah dipastikan akan bertugas sebagai Page of Honour. Ia tidak akan bertugas sendirian, tetapi total ada empat Page of Honour yang bertugas membawa pedang sambil mengenakan mantel merah, celana putih, dan stoking. 

George akan menjadi yang termuda di rombongan pendamping Raja Charles. Tiga lainnya adalah anak-anak teman Raja Charles III, yakni Lord Oliver Cholmondeley, Nicholas Barclay, dan Ralph Tollemache. George akan mengenakan pakaian yang sangat berbeda dari seragam sekolah regulernya dan cocok untuk menggambarkan posisinya sebagai pewaris takhta Inggris kedua.

Melansir The Sun, Rabu, 5 April 2023, Ratu Camilla juga akan didampingi empat Page of Honour dalam prosesi penobatan itu. Mereka adalah tiga cucu Camilla, Gus Lopes, Louis Lopes, dan Freddy Parker Bowles, serta keponakan Camilla, Arthur Elliot.

Gus dan Louis Lopes adalah putra kembar anak Camilla, Laura Lopes, yang kini berusia 13 tahun. Sementara, Freddy Parker Bowles adalah putra Tom Parker Bowles yang berusia 12 tahun serta Arthur Elliot 11 tahun. Para pendamping nantinya akan ditugasi memegang ekor jubah Raja dan Ratu selama penobatan yang diperkirakan akan berlangsung sekitar 2,5 jam.

Dengan hanya tiga minggu tersisa, seorang sumber menyebut latihan untuk acara penobatan itu baru digelar sekali. Pengaturan tempat duduk masih belum diputuskan dan pembangun telah diminta untuk membuat tanjakan karena khawatir Raja Charles III bisa tersandung karena jubah seremonialnya yang berat saat berjalan ke kursi singgasana setelah dimahkotai. Namun, Istana Buckingham membantah klaim tersebut dengan para pembantunya bersikeras semuanya berjalan lancar.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat