uefau17.com

Ragam Bisnis Ustaz Khalid Basalamah yang Ditolak Ceramah di Masjid Raya Al Jabbar - Lifestyle

, Jakarta - Nama Ustaz Khalid Basalamah sedang jadi pembicaraan setelah diberitakan batal ceramah di Masjid Raya Al Jabbar, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat. Sedianya, Khalid Basalamah direncanakan memberi ceramah di masjid itu pada akhir pekan ini.

Kabar itu ramai jadi pembahasan. Wakil Gubernur Jawa Barat (Wagub Jabar) Uu Ruzhanul Ulum ikut angkat bicara seputar polemik tersebut.  Uu Ruzhanul Ulum mempersilakan kepada seluruh umat Muslim untuk mempergunakan Masjid Raya Al Jabbar di Kota Bandung, untuk kemaslahatan umat, bangsa dan negara

"Jadi sepanjang tidak membawa kemudharatan dan tidak bertentangan dengan dasar negara dan tidak membuat perpecahan, sah-sah saja, tidak masalah," ucap Wagub Jawa Barat, melansir Antara, Senin, 13 Maret 2023.

"Tetapi sekalipun mengaku sebagai ormas Islam, umat Islam kalau ceramah hanya untuk memecah belah ummat, saya tidak rela," sambungnya. Dia menambahkan bahwa Masjid Raya Al Jabbar memang masjid milik seluruh umat Islam, tapi masih ditutup untuk umum sampai awal Ramadhan.

"Saya sebagai Wakil Ketua DKM memiliki kewenangan. Kita tutup Masjid Raya Al Jabbar sampai Bulan Puasa, bukan menutup dari beliau yang ingin ceramah, tapi memang ada pembenahan. Kalau sudah selesai, pasti dibuka lagi," ungkapnya.

Sebelumnya beredar kabar bahwa penolakan terhadap Ustaz Khalid Basalamah berawal dari protes oleh anggota GP Ansor, Afif Fuad Saidi melalui akun Twitter @AfifFuadS, Sabtu (11/3/2023). 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis di Berbagai Bidang

Afif menuturkan Ustaz Khalid Basalamah dianggap salafi yang bisa memunculkan keresahan masyarakat. Dirinya juga menyampaikan langsung kepada Ridwan Kamil melalui sebuah cuitan.

"Pak @ridwankamil Saya kecewa kpd Bapak, sumpah. Ini masjid pemprov, dan ngasi panggung ke Khalid Baasalamah, karep e sampean gimana?" cuitnya.

Sampai saat ini belum ada tanggapan resmi dari Khalid Basalamah mengenai penolakan dirinya tersebut. Yang jelas, selain sering memberikan ceramah di berbagai acara, Khalid Basalamah juga punya berbagai bisnis di sejumlah bidang usaha.

Melansir berbagai sumber, Khalid juga memiliki beberapa bisnis lain yang ia besarkan bersama sesama penceramah, Rachmat Parenrengi. Bisnis-bisnis yang dijalankannya berada di bawah naungan Gazwah Enterprise.

Dilansir dari laman Instagram @khalidbasalamahofficial, bisnis-bisnis tersebut meliputi restoran, pencetakan buku, jasa tour haji dan umroh, filantropi, event organizer sampai media taaruf online. Di industri media dan relasi, ustadz Khalid Basalamah menjalankan Gazwah TV dan KHB Digital Studio.

3 dari 4 halaman

Usaha Kuliner Khalid Basalamah

Dua usaha ini jadi garda terdepan yang memproduksi video berisi kajian pendek, kajian panjang, dakwah digital, sinema pendek, ceramah siaran langsung yang dikelola oleh para karyawan.

"Jadi tujuannya mengambil sejarah Nabi. Ana pribadi coba mengangkat itu bagaimana supaya umat Islam kembali mengenang sejarah Nabi Muhammad," terang Khalid Basalamah saat berbincang dengan Teuku Wisnu dalam Channel Yotube The Sungkars Family beberapa waktu lalu.

Tidak hanya media, ia juga memiliki usaha biro jodoh dan wedding organizer, bernama Mawaddah Indonesia. Selain itu, ia juga mendirikan penyalur hewan qurban yang dinamai Adha Farm.

Selanjutnya, di lini perjalanan haji dan umrah, Khalid Basalamah memiliki Uhud Tour yang merupakan merek dagang dari PT Zahra Oto Mandiri.Khalid Basalamah dikabarkan akan membangun bisnis properti yang dinamai KHB Properti. Sedangkan di sektor filantropi, ia menjalankan platform Sedekah Kreatif.

Sementara kegemarannya terhadap kuliner membuat Ustaz Khalid Basalamah membuka usaha restoran khas Arab, Ajwad Resto. Restoran ini berada di kawasan Condet, Jakarta Timur. Berbagai menu khas Timur Tengah dengan rempah yang kuat jadi daya tarik restoran ini.

4 dari 4 halaman

Ketegasan Ustaz Khalid

 

Menu makanannya antara lain, nasi kabsah atau nasi gurih pedas dan nasi mandi atau nasi gurih yang bisa dimakan dengan lomba atau ayam. Ada pula kebab laham berupa satai domba dengan bumbu khas, khobus abyadh atau roti khas Arab, dan musakka berupa tumisan daging domba dengan sayuran.

Bila berkunjung, jangan lupa mencoba Umm Ali atau puding roti hangat bercampur kismis dan kacang- kacangan. Anda juga harus coba jus kurma yang penuh khasiat.

Sebagai penceramah, Khalid Basalamah terkenal dengan dakwahnya yang tegas. Berbagai macam kitab, dalil, dan hadist yang kuat dijadikan materi ceramah. Walau ada saja yang tidak sependapat, banyak orang yang tercerahkan dengan ceramahnya.

Banyak pula artis seperti Teuku Wisnu dan Irwansyah yang tergabung dalam Kajian Musawarah belajar dari Ustaz Khalid Basalamah. Dalam ceramah yang diunggah di akun YouTube-nya, Ustaz Khalid banyak membahas tentang kitab, fikih, adab, kisah tentang perang, Nabi Muhammad SWA, dan sahabat Nabi, hukum jual-beli, serta riba.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat