uefau17.com

Raja Charles III Pangkas Pengeluaran Kerajaan, Pangeran Andrew Kemungkinan Pindah ke Rumah Lama - Lifestyle

, Jakarta - Pangeran Andrew kemungkinan pindah ke rumah lama yang dibelinya seharga 5 juta poundsterling atau setara Rp91,3 miliar yang pernah ditinggalinya bersama sang mantan istri, Sarah Ferguson. The Sun baru-baru ini mengungkapkan mereka kemungkinan harus keluar dari Royal Lodge lantaran biaya pemeliharaan tinggi di Windsor.

Hal ini menyusul kebijakan Raja Charles III untuk memangkas hibah tahunan saudaranya sebesar 249 ribu poundsterling atau setara Rp4,5 miliar pada bulan April mendatang. Tahun lalu The Sun menceritakan bagaimana Fergie membayar tunai untuk sebuah rumah indah di Belgravia yang sangat cerdas di London.

Mereka telah merombak total rumah dan sumber yang dekat dengannya mengatakan itu akan menjadi "properti investasi" untuk putri Beatrice dan Eugenie. Orang dalam berkata, "Ini telah direnovasi dengan standar yang sangat tinggi, tetapi sekarang tiba-tiba semua menjadi sunyi karena akan memindahkan penyewa."

"Mereka ingin mengosongkannya untuk digunakan sendiri. Jauh sekali dari rumah besar di perkebunan Windsor, tapi ini satu-satunya properti mereka di London," kata sumber dikutip dari The Sun, Kamis (23/2/2023). 

Rumah itu tidak jauh dari bekas rumah miliarder Jeffrey Epstein, yang dikenal sebagai pedofil. Pangeran Andrew juga sempat mendapat tuduhan pelecehan seksual terhadap Virginia Giuffre yang masih 17 tahun.

Rumah dia dan mantan istrinya sebelumnya termasuk Sunninghill, di Ascot, Berks. Pada tahun 2007, mereka menjualnya ke oligarki Kazakh seharga 3 juta poundsterling lebih dari harga yang diminta 12 juta pounsterling.

Belakangan diketahui bahwa Andrew telah bertindak sebagai pemecah masalah dalam kesepakatan bisnis untuk pembeli. Pada bulan Desember, pria bergelar Duke of York ini akhirnya menjual pondok ski miliknya di Verbier, Swiss, dengan harga sekitar 19 juta poundsterling.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memulihkan Nama Baik

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa anak kedua mendiang Ratu Elizabeth II yang juga adik dari Raja Charles III, Pangeran Andrew akan memelihara anjing-anjing ratu. Para pengamat kerajaan percaya kalau tugas utama Andrew saat ini dan kemungkinan beberapa tahun ke depan merawat ketiga anjing peninggalan Ratu Elizabeth II yang berjenis corgi, yaitu Candy, Muick dan Sandy.

Mereka berseloroh kalau Andrew akan mendapat jabatan sebagai ‘kepala penjaga anjing kerajaan’. Peran Pangeran Andrew diyakini akan semakin mengecil meski ia berambisi untuk kembali menjalani tugas-tugas penting di Kerajaan Inggris. 

Melansir The Sun, Selasa, 27 September 2022, Andrew tengah berusaha memperbaiki imej buruknya usai terkena kasus pelecehan seksual yang dituduhkan wanita asal Amerika Serikat, Virginia Giuffre. Di tengah kisruh ini, pada Januari 2022 lalu Kerajaan Inggris resmi mencopot Pangeran Andrew dari militer dan tugas kerajaan. Andrew juga tak lagi mendapatkan perlindungan dari Kerajaan Inggris.

3 dari 4 halaman

Sumber Pendapatan

Situasi itu juga masih menganggu Raja Charles III. Kini setelah Ratu Elizabeth II meninggal, para pengamat percaya segala upaya Andrew untuk mengembalikan posisinya di kerajaan tak akan berhasil. Walau dikabarkan akan tetap tinggal di Royal Lodge di Kastil Windsor yang punya tujuh kamar dan seharga 30 juta pound sterling (sekitar Rp480 miliar), pria berusia 62 tahun ini tetap tidak bisa bertugas di kerajaan, seperti juga mantan istrinya, Sarah Ferguson.

Sangat kecil kemungkinan Pangeran Andrew akan kembali mendapat bayaran sebedar 248 ribu pound sterling (sekitar Rp3,9 miliar) setiap menjalankan tugas kerajaan saat Ratu Elizabeth masih bertakhta. Penghasilan tetapnya kemungkinan cuma didapat dari bayaran pensiun sejumlah 20 ribu pound sterling setara Rp320 juta per tahun yang berasal dari Angkatan Laut Inggris. 

Pada Februari lalu, Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre setuju menyelesaikan tuduhan pelecehan seksual di luar pengadilan. Keputusan tersebut menurut dokumen pengadilan yang diajukan pengacara Giuffre, Selasa, 15 Februari 2022. Dilansir dari CNN, Rabu, 16/2022), Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre tengah mengantisipasi pengajuan penetapan penghentian kasus dalam waktu 30 hari, menurut surat yang ditujukan pada Hakim federal Lewis Kaplan.  

4 dari 4 halaman

Uang Warisan Ratu

Adapun Andrew masih akan menerima pemasukan tambahan dari investasi maupun uang warisan dari Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip.  Jumlah warisan yang bakal diterimanya memang belum diketahui pasti, tapi Andrew kemungkinan harus bisa mengurangi gaya hidup mewahnya. Selama ini ia dikenal suka bermalam di hotel-hotel mahal, membeli mobil mewah dan terbang dengan pesawat jet yang membuatnya mendapat julukan ‘Air Miles Andy’ lantaran begitu seringnya terbang dengan pesawat jet. 

Tetapi pakar keraajaan Nigel Cawthorne mengatakan pada The Sun, Andrew kemugkinan bakal menerima sejumlah uang dari Charles sebagai imbalan agar dia tidak terlalu sering muncul di publik dan tetap bersikap baik. Cawthorne yang telah menulis sejumlah buku mengenai Andrew terutama tentang hubungannya dengan dua pelaku pedofilia Jeffrey Epstein dan Ghislaine Maxwell, meyakini bahwa Andrew tak akan pernah tampil lagi di depan publik.

Skandal seks yang pernah melibatkan Andrew dengan Virginia masih akan menghiasi berita utama di Inggris dalam waktu cukup lama. Hal itu terindikasi dari sejumlah cerita yang masih bakal dibeberkan Virginia dalam waktu dekat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat