uefau17.com

3 Bandara Domestik di Turki Tutup Akibat Gempa Dahsyat - Lifestyle

, Jakarta - Gempa magnitudo 7,8 mengguncang Turki dan Suriah pada Senin, 6 Februari 2023, dini hari. Tak berselang lama, gempa susulan magnitudo 7,5 mengguncang daerah tersebut yang menelan ribuan korban jiwa.

Dikutip dari Simple Flying, Rabu (8/2/2023), semua bandara di Turki Selatan dan Suriah Utara kemungkinan merasakan gempa, dan tiga bandara khususnya, telah berhenti beroperasi. Bandara pertama yang ditutup adalah Bandara Adana Sakirpasa (ADA) Turki. Bandara di Provinsi Adana, Turki selatan ini mengalami beberapa kerusakan pada terminalnya, seperti bangunan lain di daerah tersebut.

Di dekat Provinsi Hatay, Bandara Hatay (HTY) telah ditutup karena landasan pacu yang rusak. Bandara Turki selatan itu mengalami kerusakan besar saat retakan besar terbentuk di tengah landasan pacu, menyebabkan aspal melesat ke atas seperti pegunungan kecil.

Otoritas setempat memilih untuk menghentikan semua layanan penerbangan dari dan ke bandara. Penutupan bandara lainnya adalah di dekat Bandara Internasional Gaziantep Oğuzeli (GZT). GZT hanya mengalami kerusakan ringan, tanpa kerusakan di landasan pacu. Meski begitu, otoritas lokal telah menutup bandara untuk semua layanan penerbangan sipil.

Hanya pesawat yang membawa perbekalan bantuan dan yang melakukan operasi evakuasi medis yang dapat beroperasi di lapangan udara. Bandara tetap waspada karena pusat gempa berada sekitar 30 mil (48,2 km) jauhnya.

Penutupan bandara Turki ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan keamanan untuk semua pelancong. Pihak berwenang setempat telah membuat keputusan ini berdasarkan kerusakan bandara saat ini dan potensi kerusakan tambahan yang masih dapat terjadi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wilayah Terdampak

Gempa bumi awal memiliki konsekuensi yang menghancurkan, namun gempa bumi dan gempa susulan berikutnya juga menghancurkan. Lebih banyak laporan tentang kehancuran muncul dalam beberapa jam dan hari mendatang.

Dikutip dari Washington Post, korban tewas akibat gempa dilaporkan hampir 9.500 orang di Turki dan Suriah pada Rabu pagi. Saat upaya penyelamatan berlanjut di negara tersebut, para pelancong yang berencana untuk mengunjungi Turki mungkin bingung tentang apa yang harus dilakukan.

Kantor Luar Negeri & Persemakmuran Inggris memperbarui panduannya untuk pelancong Inggris, menyarankan wisatawan untuk "menghindari sekitar" dari insiden tersebut, yang terjadi di kota Gaziantep. Pihaknya juga menyarankan para pelancong di Turki untuk mengikuti panduan dari otoritas terkait.

"Ada beberapa gempa susulan yang kuat. Anda harus menghindari area sekitar dan mengikuti saran dari otoritas setempat," bunyi saran FCO. Sebanyak 10 provinsi di Turki yang paling terdampak oleh gempa, meliputi Adana Adiyaman, Diyarbakir, Gaziantep, Hatay, Kahramanmaras, Kilis, Malatya, Osmaniye, dan Sanliurfa.

3 dari 4 halaman

Bangun Bersejarah Hancur

Pelancong yang berencana untuk terbang ke tujuan ini, atau dengan penerbangan lanjutan yang akan datang melalui salah satu bandara ini harus memeriksa dengan maskapai penerbangan mereka untuk pembaruan terkini.

Gaziantep di wilayah Anatolia tenggara negara itu adalah lokasi gempa magnitudo 7,8. Salah satu landmark kota yang paling terkenal, yakni Kastil Gaziantep kuno, rusak parah.

Di Malatya, sebuah masjid bersejarah dan hotel bertingkat tinggi runtuh, dan di Diyarbakir, kota yang berjarak 300 km dari pusat gempa, sebuah pusat perbelanjaan runtuh setelah gempa, lapor The New York Times. Sementara di bagian tenggara Turki terkenal dengan wisata kulinernya, itu salah satu tujuan liburan utama negara itu dan terletak ratusan kilometer dari hotspot yang lebih terkenal seperti Istanbul dan Antalya.

Februari juga bukan musim puncak pariwisata untuk wilayah tersebut. Destinasi liburan populer di Turki seperti Cappadocia dan pantai Aegean kemungkinan besar tidak akan terpengaruh oleh situasi tersebut.

4 dari 4 halaman

Penerbangan

Saat getaran dari gempa awal dirasakan hingga ke Siprus, Lebanon, dan Israel, lebih dari 40 gempa susulan juga dilaporkan. Badan Survei Geologi mengatakan ada lebih banyak gempa yang bisa terjadi.

Sebagian besar maskapai penerbangan internasional terus mengoperasikan penerbangan ke Turki. Bandara Istanbul, hub utama negara itu untuk penerbangan internasional, beroperasi seperti biasa.

Pada Senin malam, 6 Februari 2023, Etihad Airways, Emirates, dan flydubai mengonfirmasi kepada The National bahwa penerbangan ke Turki dari UEA tetap tidak terpengaruh oleh situasi tersebut. Turkish Airlines, maskapai nasional negara itu, telah membatalkan beberapa operasi termasuk beberapa penerbangan ke Samsun, Adiyaman, dan Siirt.

Maskapai ini memprioritaskan operasi untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan. Dalam pernyataan yang dibagikan kepada The National, maskapai tersebut mengatakan telah "merencanakan prioritas operasional kami untuk mengirimkan tim penyelamat dan tim ahli, bahan bantuan, dan peralatan yang diperlukan ke wilayah tersebut untuk saat ini". Pesawat kargo Turkish Airlines di seluruh negeri telah menerbangkan pasukan penyelamat dan keamanan, ditambah perbekalan ke tempat-tempat yang paling membutuhkan mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat