uefau17.com

Momo Twice Ungkap Alasan Hanya Makan 1 Kali Sehari Meski Sadar Tak Sehat - Lifestyle

, Jakarta - Momo Twice baru saja tampil di majalah Cosmopolitan Korea. Dalam kesempatan itu, ia ditanyai soal pola makan yang dijalaninya. Karena tuntutan berpenampilan menarik setiap saat, 'mesin dansa' Twice ini kerap hanya makan sekali dalam sehari.

Ia mengakui kebiasaan dietnya itu tak sehat. Namun, ia memiliki alasan yang melatarinya. Menurut perempuan asal Jepang itu, ia sengaja berlaku demikian saat tidak rutin berolahraga.

"Ketika aku tak berolahraga dengan rutin, aku sadar berat badanku bertambah. Aku hanya makan sehari dan aku coba makan yang kusuka," tuturnya dikutip dari Koreaboo, Jumat (27/1/2023).

Meski kesehatannya dipertaruhkan, ia mengklaim hal itu masih 'bisa diatur.' "Itu caraku menurunkan berat badan. Itu mungkin bukan cara paling sehat untuk menurunkan berat badan, tapi itu masih bisa diatur," ucapnya lagi.

Meski begitu, Momo tetap berusaha berolahraga dengan rajin. Ia sering mengubah jenis latihannya agar tidak bosan. "Aku sangat mudah bosan ketika berolahraga. Jadi sebagai contoh, setelah sebulan melakukan pilates, aku ganti ke flying yoga, dan kemudian ke CrossFit. Aku selalu mengubah latihan agar tidak bosan," sambung dia.

Saah satu jenis latihan yang sedang ingin dicobanya adalah 'yoga khusus yang melibatkan gerakan terbang.' Ia terpengaruh dari Jeongyeon, sesama member Twice, yang telah mencobanya lebih dulu. "Itu berbeda dari flying yoga, kamu benar-benar bisa terbang di yoga jenis ini. Aku ingin mencobanya," celoteh Momo.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makan Es Batu

Hubungan Momo Twice dan diet ekstrem bukan yang pertama kali diulas. Sebelum debut bersama Twice pada 2015, ia bahkan hanya memakan balok es setiap hari demi mengejar target agar bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat.

Koreaboo pada 2018 mengungkapkan bahwa Momo saat itu berhasil menurunkan tujuh kilogram berat badannya dalam waktu seminggu. "Saat saya masih menjadi trainee, saya harus turun berat badan 7 kg, apapun caranya. Itu adalah satu-satunya cara agar saya bisa ada di showcase. Saat itu adalah harinya," katanya dalam acara Jihyo Candy Nights.

Ia memilih tidak makan apapun selama seminggu penuh dan sering olahraga di gym. Ia juga meludah sepanjang waktu hingga tidak ada air di tubuh saya.

"Ketika saya berbaring di tempat tidur dan mencoba untuk tidur, saya takut tidak akan bangun lagi, jadi saya tiba-tiba mulai menangis," kata penyanyi 24 tahun ini.

Ia juga begitu khawatir tidak bisa berdiri di panggung showcase. Di sisi lain, ketakutannya pada kegemukan membuatnya nekat. Agensi bahkan memberinya waktu sekitar tiga hari lagi agar ia bisa menurunkan berat badan sesuai target yang ditetapkan. Akhirnya, ia bisa mencapai target berat badannya.

3 dari 4 halaman

Resolusi 2023

Saat mendengar cerita Momo, personel Twice lain terkejut. Mereka pun kembali mengingat saat hari debut, wajah Momo sangat pucat, bahkan seperti mau mati.

Setelah diet ekstrem, Momo mengaku nafsu makannya tidak terkendali. "Saya turun 7 kg seminggu, dan saya naik 7 kg lagi seminggu setelahnya. Saya merasa cepat kenyang meski hanya makan sedikit, tapi saya tidak berhenti makan selama seminggu," kata Momo.

Kini, ia mengaku memiliki 'hubungan' yang lebih baik dengan makanan. "Jika kamu pikir makanan yang kamu makan akan membuatmu gemuk, itu benar-benar akan terjadi. Jika kamu menikmati makanan, makanan itu memiliki nol kalori," ujarnya.

Bahkan, Momo juga mengungkap kecintaannya pada memasak. Ia mengatakan resolusinya untuk 2023 adalah makan lebih sehat dan memasak makanannya sendiri. Ia memiliki keahlian khusus memasak masakan Jepang dibandingkan masak makanan Korea yang menjadi tempat merantaunya saat ini.

Walau begitu, Momo mengaku tidak lebih jago masak daripada rekan segrupnya, Mina. Ia bahkan memuji roti panggang dan poke bowl buatan Mina sebagai makanan terlezat yang pernah disantapnya, padahal Momo juga dikenal pintar masak.

4 dari 4 halaman

Gizi Seimbang

Mengingat pola makan berkontribusi signifikan pada kesehatan, ahli gizi, dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK menekankan bahwa pemenuhan gizi seimbang tidak hanya diperuntukkan bagi orang untuk mencegah penyakit, tapi juga mereka yang sudah mengidap penyakit tertentu.

Dokter Lita pun membagikan tips untuk mengingatkan pemenuhan gizi seimbang.  "Yang pertama, ketika ingin melakukan diet dengan gizi seimbang utamakan dulu sumber pangan lokal yang ada di sekitar kita," ujarnya pada Selasa, 24 Januari 2023.

Untuk karbohidrat, dia menyarankan untuk mencari makanan pengganti yang bernutrisi llebih banyak, seperti singkong dan olahannya. Protein juga wajib ada dalam setiap porsi makan, baik nabati maupun hewani.

Kedua, mengaplikasikan gizi seimbang dalam setiap porsi makan, yang terdiri dari sayur, buah, karbohidrat, protein, dan lemak. Kebutuhan lemak tak boleh diabaikan meski sedang berdiet. "Kalau lagi diet, menghindari lemak itu salah. Pilihlah lemak yang baik supaya kebutuhan gizi dapat berfungsi dengan baik," tuturnya.

Ketiga, menjaga berat badan. Menurutnya, jika sudah bisa mengaplikasikan tips pertama dan kedua dalam kehidupan sehari-hari, berat badan sudah pasti terjaga. Tips terakhir adalah membatasi gula, garam, dan lemak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat