uefau17.com

Laos Cetak Sejarah, Wakil Indonesia Tak Masuk 16 Besar Miss Universe 2022 - Lifestyle

, Jakarta - Ajang Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat (AS), Sabtu malam, 14 Januari 2023 atau Minggu (15/1/2023) waktu Indonesia.  Kontes kecantikan paling bergengsi yang diikuti 84 negara ini sudah memilih kontestan yang berhasil masuk 16 Besar

Siapa saja mereka dan apakah wakil Indonesia berhasil masuk dalam daftar 16 Besar? Sayangnya tidak. Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, gagal melangkah ke babak selanjutnya.

Yang menarik adalah Laos yang untuk pertama kalinya masuk 16 Besar. Berikut daftar kontestan yang masuk babak 16 Besar Miss Universe 2022.

Puerto Riko - Ashley Cariño

Haiti - Mideline Phelizor

Australia - Monique Riley

Republik Dominika - Andreina Martínez

Laos - Payengxa Lor

Afrika Selatan - Ndavi Nokeri

Portugal - Telma Madeira

Kanada - Amelia Tu

Peru - Alessia Rovegno Cayo

Trinidad dan Tobago - Tya Jané Ramey

India - Divita Rai

Venezuela - Amanda Dudamel Newman

Spanyol - Alicia Faubel

Kolombia - Maria Fernanda Aristizabal

Kurakaoi - Gabriëla Dos Santos

Amerika Serikat -  R'Bonney Gabriel.

 

 

Sejak awal kontes, kehadiran Miss Laos Payengxa Lor sudah menarik banyak perhatian. Ia bahkan banyak disebut sebagai salah satu favcorit pemenang Miss Universe 2022. Prediksi itu mulai sedikt terbukti.

Kiprah Lor membuat banyak orang penasaran dengan sosoknya. Melansir laman angelopedia dan berbagai sumber lainnya, merupakan seorang guru dan ratu kecantikan Payengxa berasal dari Vientiane, Laos dan merupakan mahasiswi jurusan bisnis manajemen di Lao-American College. Selain fasih berbahasa Laos, ia juga fasih menggunakan bahasa Inggris. Berkat kemampuannya itu, Lor menjadi guru bahasa Inggris sejak 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kegiatan Sosial

Wanita berusia 21 tahun ini juga mendirikan beberapa organisasi yang fokus pada kegiatan sosial Beberapa organisasi tersebut di antaranya You Can Do It dan Hmong Woman Network

Dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, Lor berhasil menjadi Miss Laos Payengxa mengikuti kompetisi Miss Universe Laos 2022 yang berlangsung pada 8 Oktober 2022 lalu. Acara diselenggarakan di Mekong Riverside Hotel, Kota Vientiane Lor berhasil jadi pemenang setelah bersaing dengan 19 kontestan lainnya di ajang tingkat nasional ini

Selain berhasil memenangkan gelar utama dan beberapa penghargaan khusus.  Ia mendapat penghargaan Miss Perfect Skin, Miss Confident Smile, dan Scent of Beauty.

Tak hanya jadi wakil Laos pertama yang lolos ke babak 16 besar Miss Universe, Lor juga menjadi keturunan suku atau etnis Hmong pertama yang menjadi pemenang Miss Universe Laos dan mewakili negaranya di ajang Miss Universe. Di Asia Tenggara suku Homong atau Mong mereka dapat dijumpai di Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar. 

3 dari 4 halaman

Etnis Terpinggirkan di Laos

Suku Hmong di Laos terlibat dalam usaha pemberontakan terhadap kaum komunis-nasionalis Pathet Lao dalam Perang Rahasia. Ketika Pathet Lao mengambil alih pemerintahan pada tahun 1975, warga suku Hmong dikenakan retribusi, sehingga banyak yang mengungsi ke Thailand. Ribuan pengungsi Hmong juga mengungsi ke Amerika Serikat, Prancis, Australia, Guyana Prancis, dan Kanada.

Sementara lainnya kembali ke Laos dengan program repatriasi dari PBB. Saat ini sekitar 8.000 orang warga Mong menjadi pengungsi di Thailand. Meski kini sudah diperbolehkan kembali ke negaranya, Laos masih menjadi tempat yang kurang aman bagi warha etnis Hmong. Namun situasi itu mungkin saja bakal berubah dengan kiprah gemilang Payengxa Lor di Miss Universe 2022.

Sementara itu, setelah mahkota baru, Organisasi Miss Universe kembali memperkenalkan gebrakan lain. Mereka sepertinya ingin ratu kecantikan berikutnya membawa kecintaan terhadap lingkungan di pundak mereka secara harfiah.

Pasalnya, pada 23 Desember 2022, akun media sosial organisasi tersebut mengungkap apa yang mereka juluki sebagai "selempang berkelanjutan pertama di alam semesta." Bekerja sama dengan The Sash Company, selendang baru Miss Universe diklaim dibuat dari 100 persen bahan daur ulang pascakonsumsi dengan rhinestones yang diproduksi secara etis.

Dalam keterangan unggahan, mereka menulis, "Kami berharap komitmen kami terhadap keberlanjutan akan mengurangi jumlah keseluruhan plastik dan limbah di lingkungan. Ini adalah salah satu langkah kecil dari banyak langkah yang kami harap dapat kami lakukan di masa depan karena tindakan kecil perusahaan dan organisasi akan berdampak besar dalam menciptakan masa depan yang lebih hijau untuk semua."

Di sisi lain, mahkota baru kontes kecantikan ini dinamai "Force for Good." Melansir The National Thailand, 21 Desember 2022, pemilik Organisasi Miss Universe, sekaligus CEO JKN Global Group, Anne Jakapong, menggambarkan mahkota tersebut sebagai warisan baru di bawah kepemimpinannya.

 

4 dari 4 halaman

Puteri Indonesia

 

"Force for Good," yang dirancang merek perhiasan mewah Mouawad, mewakili inkarnasi anggun dari nilai-nilai lama Miss Universe sebagai cahaya penuntun, katanya."Ambisi kami adalah menanamkan semangat untuk 'kepemimpinan transformasional,' dengan keyakinan kuat bahwa setiap orang dapat memimpin, menjadi sukses, dan mencapai tujuan hidup mereka," Anne Jakapong menyebut.

Sebelumnya, Preliminary competition Miss Universe 2022 telah digelar di New Orleans Ernest N. Morial Convention Center, Louisiana, Amerika Serikat, Rabu, 11 Januari 2022. Di kesempatan itu, para kontestan berparade dengan gaun pembuka, gaun malam, dan pakaian renang di depan para juri sebelum malam final, Sabtu (14/1/2023), waktu lokal.

Dalam persiapannya, Puteri Indonesia 2022, Laksmi De Neefe, telah bertolak ke Amerika Serikat (AS) sejak akhir bulan Desember 2022. Merujuk pada unggahan media sosial, baik di akun pribadi Laksmi maupun Puteri Indonesia, kepergiannya dilepas dengan penuh haru dan harap.

Di kesempatan itu, Laksmi tampak memukau dengan memakai cocktail dress rilisan MaisonMet. Half-shoulder dress berpalet warna lembut didominasi merah muda ini menonjolkan lekuk tubuh perempuan berdarah Bali tersebut.

Melengkapi tampilan, ia juga terlihat memakai mahkota Puteri Indonesia beserta selendang ikonis. Tidak ketinggalan, Laksmi juga mengenakan stiletto heels merah, sementara rambut panjangnya dibiarkan tergerai. Padanan penampilannya kian serasi dengan makeup bernuansa nude nan kalem.

Di salah satu unggahan di akun Instagram-nya, Laksmi menulis keterangan, "TERIMA KASIH INDONESIA. Semua bersatu untuk Indonesia. Sangat terharu dan bangga merasakan dukungan, antusias, dan cinta Pageant Lovers Indonesia yang me #merahputihkansoetta kemarin di send-off Laksmi ke @missuniv

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat