uefau17.com

Sanggul Ikonis Mamih Popon dalam Kenangan, Selamat Jalan Nenek Raffi Ahmad - Lifestyle

, Jakarta - Keluarga Raffi Ahmad tengah dilanda duka atas kepergian neneknya, Hanifah, atau lebih dikenal dengan nama Mamih Popon. Kabar ini disampailkan Raffi di akun Instagram-nya, Sabtu sore, (31/12/2022).

Ia menulis, "Innalillahi waina ilaihi raajiun. Telah meninggal dunia pukul 16.01 pada hari ini Sabtu 31 Desember 2022, neneku tercinta Ibu Hanifah binti Darma (mamih popon). Semoga Allah ampuni segala dosa dan khilafnya. Insyaallah dimakamkan besok di Bandung. Mohon dimaafkan bilamana mamih/neneku ada salah."

Di banyak kesempatan dari waktu ke waktu, Raffi telah berbagi momen kebersamaan dengan Mamih Popon. Sebelum sakit, ibunda Amy Qanita ini selalu tampil on point dengan sanggulnya yang ikonis.

Saking identik, dalam sebuah video di YouTube SULE Channel, tahun lalu, Raffi sempat memanggilnya sebagai "nenek sanggul" ketika menceritakan silsilah keluarganya. Kala itu, suami Nagita Slavina ini menjelaskan bahwa kakeknya dulu merupakan seorang pedagang dan penyebar agama dari Pakistan yang datang ke Indonesia.

"Terus di Tasikmalaya ketemu jodohnya dan menikah. Tapi di Pakistan bukan orang yang punya (harta), benar-benar pengembara," tutur Raffi. "Yang kaya (darah biru) justru mamanya dari mama Amy, nenek Popon, nenek sanggul."

Selain sanggul, Mamih Popon juga acap kali tampil necis dengan makeup yang memberi kesan segar pada wajahnya. Di sejumlah potret di media sosial, nenek Raffi Ahmad ini pun tampak sering terlihat memakai aksesori, termasuk sepasang anting dan kalung emas.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perayaan Ulang Tahun

Tahun lalu, Raffi Ahmad masih memamerkan foto perayaan ulang tahun ke-87 Mamih Popon. Kala itu, keduanya tampak berpose bersama di depan kamera, dengan Mamih Popon memegang kue ulang tahun.

Sementara Raffi memilih busana berpalet gelap, Mamih Popon terlihat bergaun pastel dan melengkapi penampilannya dengan scarf oranye cerah. Rambutnya ditata dalam sanggul, sementara wajahnya dipulas makeup tipis.

Namun, ulang tahun Mamih Popon berbeda tahun ini. Saat berulang tahun, tepatnya pada 5 Desember lalu, ia tengah terbaring di sebuah rumah sakit, lapor kanal Showbiz . Banyak alat dan selang infus di kamar perawatan tempatnya menginap.

Melalui unggahan Instagram Story, terlihat Raffi bersama sang istri, Nagita Slavina, kedua anak mereka, dan ibunda Raffi berada di kamar perawatan Mamih Popon. Di kesempatan itu, Raffi, Amy, dan Rafathar kompak mengenakan pakaian putih.

"HBD MAMIH POPON," tulis Raffi dengan memberikan emotikon hati berwarna merah sebagai keterangan unggahan tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Sempat Minta Doa

Di momen ulang tahun Mamih Popon, awal bulan ini, Raffi Ahmad meminta pada para penggemarnya untuk terus mendoakan kesehatan sang nenek. Ia juga mengungkap perasaan sayangnya pada Mamih Popon.

"Mohon doa untuk Mamih Popon agar selalu diberikan segala yang terbaik ya Allah. Love you Mamih Popon sayang," tulisnya.

Seperti diketahui, ini bukan kali pertama nenek Raffi masuk rumah sakit dan menjalani perawatan medis. Beberapa waktu lalu, Mamih Popon juga sempat dirawat, namun kondisinya membaik sehingga diperbolehkan pulang.

Beberapa hari lalu, Raffi sebenarnya sempat mengabarkan kondisi kesehatan Mamih Popon. Meski belum sepenuhnya pulih, Mamih Popon sudah diperbolehkan pulang ke rumah.

Saat itu, bos RANS Entertainment ini memperlihatkan kondisi Mamih Popon yang tengah terbaring dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram-nya, Selasa, 27 Desember 2022. Dalam rekaman dimaksud, terlihat Mamih Popon tidak membuka matanya saat pria berusia 35 tahun ini memanggil namanya.

 

4 dari 4 halaman

Ungkapan Belasungkawa

Kala itu, Raffi Ahmad mengungkap, "Ya Allah, mohon doanya buat Mamih Popon. Selalu berdoa yang terbaik untuk Mamih Popon."

Raffi juga mengungkap perasaannya terhadap sang nenek. Namun, reaksi yang diberikan Mamih Popon tidak berubah jua. Ia hanya terbaring di atas kasurnya. "Pokoknya Affih (Raffi) sayang sama Mamih Popon. Mamih udah di Lebak Bulus ya, udah di rumah," lanjutnya.

Ia berusaha mengajak ngobrol sang nenek. "Mamih sayang, ini Affih sama Rayyanza sama Gigi dateng. Mamih sayang, mamih cantik. Doain ya buat mamih apapun doain yang terbaik buat mamih sayang," sambungnya.

Tapi, takdir berkata lain. Dengan senyum, sebagaimana tampak di foto yang dibagikan, Raffi tampaknya berusaha mengikhlaskan kepergian nenek tercinta. Ungkapan belasungkawa pun diungkap tidak sedikit orang, dari rekan selebritas sampai awam.

"Innalillahi Wainailaihi raajiuun. Gw dan keluarga besar turut berduka cita sedalam-dalamnya ya fii. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisi-NYA dan keluarga diberikan ketabahan. Al-Fatihah," tulis Denny Cagur, sementara Ivan Gunawan berkomentar, "Turut berduka cita aa dan Gigi dan keluarga besar."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat