uefau17.com

6 Fakta Menarik Yaman, Satu-satunya Negara Republik di Jazirah Arab - Lifestyle

, Jakarta - Yaman adalah negara yang terletak di sudut barat daya Jazirah Arab. Sebagian besar wilayahnya bergunung-gunung dan umumnya gersang, meskipun ada petak-petak luas dengan curah hujan yang cukup untuk membuat pertanian berhasil.

Ibu kota Yaman adalah Sanna. Masyarakat yang didominasi Muslim itu berbicara berbagai dialek bahasa Arab. Sebelum menjadi Republik Yaman pada 1990, Yaman terdiri dari dua negara, yaitu Yaman Utara dan Yaman Selatan. Bangsa ini kemudian bersatu kembali pada 22 Mei 1990. Hari bersejarah tersebut diperingati sebagai Hari Nasional yaitu Hari Penyatuan Yaman.

Mengutip dari Britannica, Jumat, 23 Desember 2022, sebagian besar perbatasan utara Yaman dengan Arab Saudi melintasi padang pasir besar di semenanjung Rubʿ al-Khali "Perempat Kosong", hingga tahun 2000 tetap tidak bertanda dan begitu pula perbatasan timur dengan Oman hingga 1992. Sementara itu Yaman dibatasi di Teluk Aden dan Laut Arab di sisi selatan serta di barat oleh Laut Merah.

Republik Yaman saat ini terbentuk pada Mei 1990, ketika Republik Arab Yaman (Yaman Utara) bergabung dengan Republik Demokratik Rakyat Yaman (Yaman Selatan). Dengan ditetapkannya perjanjian penyatuan, Sanaa, bekas ibu kota Yaman Utara, berfungsi sebagai ibu kota politik negara, sementara Aden yang dulunya ibu kota Yaman Selatan berfungsi sebagai pusat ekonomi.

Masih banyak hal mengenai Yaman, berikut enam fakta menarik Yaman yang dirangkum dari berbagai sumber pada Senin, (26/12/2022). 

1. Sistem Pemerintahan

Yaman menerapkan sistem pemerintahan Republik dan juga satu-satunya negara Republik di wilayah Jazirah Arab. Kepala negaranya adalah presiden yang dipilih secara langsung oleh rakyatnya lewat pemilihan umum. Masa jabatan presiden tujuh tahun dan dapat dipilih untuk kedua kalinya. Sedangkan, kepala pemerintahanya negara ini dijalankan oleh seorang perdana menteri yang ditunjuk oleh presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kota Tertua di Dunia

Sejarah, budaya, ekonomi, dan populasi masyarakat Yaman semuanya dipengaruhi lokasi strategis negara di pintu masuk selatan Yaman. Laut Merah menjadi persimpangan jalur perdagangan dan komunikasi kuno dan modern.

Yaman adalah lokasi sejumlah kerajaan kuno untuk alasan yang sama. Negeri ini dikenal oleh orang Romawi kuno sebagai Arabia Felix yang dalam bahasa latin disebut "Fortunate Arabia".

Yaman memiliki kota tertua di dunia bernama Shibam yang memiliki bangunan vertikal dan sudah ada sejak tahun 300 Masehi. Kota Shibam dikelilingi oleh benteng yang telah berusia ribuan tahun.

3. Pohon Darah Naga

Pohon darah naga atau dikenal sebagai Dracaena cinnabari, yaitu tanaman suji yang berasal dari Kepulauan Socotra. Bentuknya mirip dengan payung yang dipegang tegak. Tumbuhan tersebut pertama kali dideskripsikan oleh Isaac Bayley Balfour pada 1882.

Nama darah naga diambil dari resin merah tua yang dihasilkan pohon ini. Mengutip dari Wikipedia, getah merah ini akan dikeringkan dan kemudian digunakan sebagai obat atau pewarna.

Sementara penduduk Socotra masih menggunakannya sebagai obat mujarab, getah ini banyak dipakai di negara Barat sebagai pernis merah untuk pewarna biola.  Lambang miniatur pohon ini digunakan Windows sebagai Network-Icon.

3 dari 4 halaman

4. Madu Yaman

Para ahli menganggap madu yang diproduksi di Yaman sebagai salah satu yang terbaik di dunia, termasuk Royal Sidr yang terkenal karena sifat terapeutiknya. PBB mengatakan madu berperan penting bagi perekonomian Yaman, bahkan sebanyak 100 ribu rumah tangga bergantung padanya sebagai mata pencaharian mereka.

5. Destinasi Wisata

Pariwisata terkenal di Yaman yang tak boleh dilewatkan adalah Shaharah, desa peradaban kuno yang berada di gunung dengan ketinggian 2.600 meter di atas permukaan laut. Shaharah merupakan nama dari gunung tempat desa kuno tersebut berada.

Satu lagi pemukiman kuno Yaman yang bisa Anda kunjungi, yaitu Zabid. Kawasan ini terdiri dari berbagai gedung tua yang dijadikan sebagai tempat tinggal warga Yaman yang arsitekturnya merupakan perpaduan antara budaya Arab, India, dan Afrika. Sementara, model pemukimannya seperti labirin dengan banyak gang rumit.

Ada pula masjid tua yang menjadi bagian dari sejarah tersebut. Salah satunya Masjid Agung Sana’a yang berada di ibu kota Yaman yang masuk daftar warisan dunia UNESCO. Masjid itu dibangun pada abad ke-7 di sebelah timur Istana Ghumdan. Menurut sejarahnya, Masjid Agung Sana’a menjadi situs masa masa awal penyebaran Islam ketika Nabi Muhammad SAW masih hidup. 

Destinasi menarik di Yaman selanjutnya adalah Kawkaban yang merupakan kota bersejarah. Berada di ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut, kota di bagian barat laut Yaman dengan panorama alam yang indah dan masjid megah jadi favorit para pelancong.

4 dari 4 halaman

6. Kuliner Khas

Mengutip dari Taste Atlas, Senin, (26/12/2022), kuliner terkenal Yaman salah satunya shakshouka merupakan kombinasi lezat telur rebus dengan saus tomat pedas. Meski memiliki nama yang tidak biasa, hidangan ini sederhana dan mudah dibuat. Biasanya dibuat dalam wajan tempat bawang, tomat, dan rempah-rempah dimasak hingga membentuk saus tomat yang lezat.

Telur kemudian ditambahkan langsung ke saus tomat dan direbus hingga matang. Sosis Merguez juga bisa ditambahkan ke piring. Dipercaya bahwa shakshouka berasal dari Tunisia, tetapi hidangan ini terkenal dan biasa dimakan di seluruh Afrika Utara dan juga Timur Tengah.

Selanjutnya adalah maraq, yaitu sup kaldu domba atau ayam versi Yaman yang lembut dan aromatik. Secara tradisional biasa disajikan di awal makan. Setiap keluarga dan restoran membuat stok maraq yang berbeda yang dapat direbus dengan bawang putih, kunyit, bawang bombay, ketumbar, merica, atau kayu manis, tergantung selera masing-masing.

Kaldunya juga bisa menjadi bahan dasar untuk berbagai hidangan lainnya, seperti salta, sup yang juga merupakan hidangan nasional Yaman. Maraq juga merupakan obat alami untuk orang sakit dan sering disajikan kepada wanita yang baru melahirkan, untuk memulihkan stamina mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat