uefau17.com

Mengenal Mitoni, Tradisi Ibu Hamil yang Dijalani Adipati Dolken dan Sang Istri - Lifestyle

, Jakarta - Pasangan suami istri Adipati Dolken dan Canti Tachril sebentar lagi akan menjadi sepasang orangtua. Usia kandungan Canti kini diketahui sudah memasuki bulan ketujuh. Keduanya pun mengelar acara mitoni tujuh bulanan sang istri.

Pada saat bersamaan, Adipati dan Canti mengumumkan jenis kelamin dari anak pertama mereka. Melalui unggahan video di Instagram Storynya, Adipati mengatakan bahwa Canti saat ini tengah mengandung seorang anak perempuan.

Adipati membuat pengumuman itu di depan keluarga serta kerabat mereka yang hadir.  "Jadi, gendernya adalah perempuan," ucap Adipati. Canti Tahcril pun menanggapi ucapan dari sang suami dengan cukup antusias. "Baby's a mini me," tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Adipati terlihat mengenakan beskap berwarna kuning yang senada dengan kemben yang dipakai oleh Canti. Sementara Canti tampak semakin cantik dan menawan dengan hiasan melati khas Jawa di tubuhnya serta rambutnya yang disanggul.

Tampilan mereka ini mengingatkan pada prosesi pernikahan. "Nikah lagi," canda pria berusia 30 tahun itu dalam keterangan foto. Unggahan itu banjir ucapan selamat dari para warganet.

"Nggak tahu ntar anaknya selucu apa," komentar seorang warganet. "Sehat-sehat Lau and bini ya, lancar sampe lahiran," timpal warganet lainnya.

Menurut laman resmi Pemerintah Surakarta, mitoni merupakan upacara adat siklus hidup, yang masih sering dijumpai di masyarakat Jawa yaitu selamatan saat janin dalam kandungan berusia tujuh bulan. Tradisi selamatan kehamilan telah ada sejak dahulu di wilayah pulau Jawa, dan terdapat pula istilah-istilah yang berbeda dalam menyebut upacara adat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Prosesi Utama Mitoni

Bagi Karesidenan Solo, tujuh bulanan dikenal dengan istilah “mitoni”. Sementara di Jawa Timur, upacara adat tujuh bulanan lebih dikenal dengan tradisi “tingkeban”, di Madura disebut dengan “palet kandhungan”, dan tradisi sejenis yang dikenal di Jawa Barat disebut dengan istilah “nujuh-bulan”.

Tradisi mitoni ini dilakukan untuk memohon keselamatan, yang ditujukan kepada calon ibu dan bayinya, serta memanjatkan doa-doa agar proses bersalin berjalan dengan lancar, dan bayi yang dilahirkan menjadi pribadi yang luhur di masa depan. Ada beberapa prosesi utama dalam upacara mitoni, antara lain, pertama, siraman pada waktu siang hari karena dipercaya sebagai waktunya para bidadari juga turun dari kayangan untuk mandi.

Kedua adalah prosesi brojolan, yaitu memasukan telur kedalam jarik calon ibu, yang diikuti dengan pemotongan tali letrek sebagai simbol membuka jalan lahir. Selanjutnya, sepasang kelapa gading muda (cengkir gading) dimasukkan ke dalam sarung dari atas perut calon ibu.

Setelah itu akan ada prosesi ganti pakaian sebanyak tujuh kali, yakni calon ibu akan dipakaikan kemben atau kain jarik dengan tujuh motif yang berbeda oleh para sesepuh. Acara mitoni akan ditutup dengan berjualan rujak dan makan bersama.

 

3 dari 4 halaman

Menggelar Syukuran

Pada upacara ini, calon ibu membuat rujak di damping oleh calon ayah. Para tamu yang hadir dapat membelinya dengan menggunakan kereweng sebagai mata uangnya. Upacara ini bermakna supaya anak mendapat banyak rezeki dan juga bagi kedua orangtuanya kelak.

Usai menikah pada akhir 2020 lalu, tepat di hari ulang tahun Adipati, sang istri mengumumkan kehamilan yang pertama pada Agustus lalu. Baby bump Canti saat itu sudah terlihat membesar. Adipati pun menggelar tasyakuran untuk istri dan calon buah hatinya.

Keduanya menggelar acara pengajian empat bulanan yang digelar secara sederhana bersama keluarga tercinta pada Minggu, 28 Agustus 2022. Acara pun berlangsung khidmat dan penuh kehangatan.

Syukuran yang digelar sederhana itu penuh kehangatan. Syukuran kehamilan istri Adipati ini hanya dihadiri beberapa kerabat dekat. Meski begitu, lantunan doa dan harapan berhasil membuat acara itu berlangsung penuh khidmat. Tak sedikit warganet yang fokus pada kebersamaan Adipati Dolken dan Canti Tachril yang kompak.

4 dari 4 halaman

Bawa Bayi Lihat Baju

Selebihnya mereka tak sabar menanti kelahiran anak pertama Adipati. Dalam potret syukuran kehamilan Canti melansir dari Instagram @cantitachril, Selasa, 30 Agustus 2022, ia dan suami mengenakan pakaian dengan warna senada.

Mereka juga berfoto bersama keluarga dalam momen syukuran serta pengajian kehamilan pertama Canti. Terlihat pula saudara dan kerabat dekat yang melantunkan doa terbaik mereka bagi ibu dan buah hati.

Kebersamaan keduanya pun mencuri perhatian, apalagi Canti yang tampak selalu tersenyum bahagia. Setelah mengumumkan kehamilan dan menggelar acara pengajian, wanita berusia 27 tahun itu tampak datang ke acara fashion, JF3 2022 pada awal September lalu.

Di ajang fashion tersebut, Canti tampil menawan dengan balutan dress berwarna hijau toska. Baby bump-nya yang terlihat makin besar pun mencuri perhatian. Dalam keterangan ia menuliskan,

"Bawa bayi liat baju dan bergaul," kata wanita kelahiran 18 September 1994 ini tampak percaya diri dengan perut yang makin besar. Badan Canti saat itu juga tetap terlihat ideal meski tampil dengan perut yang makin besar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat