uefau17.com

6 Area yang Paling Banyak Kuman di Bandara, Mana Saja? - Lifestyle

, Jakarta - Bandara menjadi lokasi pertemuan banyak orang yang akan bepergian ke suatu tempat. Para ahli menyebut permukaan dan area yang harus dihindari saat perjalanan melalui udara.

Dilansir dari Huffpost, Minggu, 12 Desember 2021, meski pandemi menyebabkan prosedur pembersihan lebih sering di bandara, namun kuman tertentu tak dapat dihindari. Bicara soal risiko, tidak semua area bandara diciptakan sama.

Para ahli merinci beberapa bagian dan permukaan paling banyak kuman di bandara. Mana saja? Simak rangkuman selengkapnya berikut ini.

1. Kursi Sandaran Tangan

Jika Anda mencoba mengurangi paparan kuman, mungkin bukan ide terbaik untuk duduk dan menunggu di sana untuk waktu yang lama. "Tempat-tempat di bandara yang sering disentuh tetapi tidak dibersihkan secara rutin termasuk sandaran tangan di kursi di ruang tunggu terminal," kata Kelly Reynolds, profesor dan ketua Departemen Komunitas, Lingkungan & Kebijakan di University of Arizona.

"Ini bisa menjadi titik panas untuk penularan kuman," tambahnya.

Jadi pertimbangkan untuk mengelap kursi dan sandaran tangan bandara jika Anda ingin duduk atau pertimbangkan untuk berdiri dan menunggu di dekatnya. "Jangan duduk di lantai. Mereka kotor," kata Kadi Banjoko, ahli pencegahan infeksi di departemen epidemiologi klinis di Pusat Medis Wexner Ohio State University.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Pegangan Tangan

"Area yang sering disentuh di bandara yang jarang dibersihkan termasuk pegangan tangan di sepanjang tangga dan eskalator," kata Lauren Bryan, seorang ahli pencegahan infeksi di UCHealth Yampa Valley Medical Center di Steamboat Springs, Colorado.

Ia menyarankan secara umum untuk memperhatikan apa yang Anda sentuh sepanjang waktu Anda di bandara dan di pesawat. Selalu cuci tangan Anda, atau bersihkan ketika Anda tidak memiliki akses ke sabun dan air.

"Bawa hand sanitizer di tempat yang mudah diakses tanpa harus merogoh tas Anda tambang menjuntai dari tali dompet," kata Bryan. "Jika saya akan duduk di suatu tempat untuk sementara waktu, seperti di pesawat terbang, saya menggunakan tisu desinfektan di sandaran tangan kursi pesawat, gesper sabuk pengaman, dan meja nampan."

3. Layar Sentuh

"Saya pikir salah satu tempat paling kuman adalah monitor check-in mandiri," kata Banjoko. "Saya tidak tahu seberapa sering mereka dibersihkan, tetapi orang harus memastikan mereka menggunakan pembersih tangan setelah menyentuh layar itu."

Menurut studi InsuranceQuotes.com, layar kios swalayan ini rata-rata mengandung 253.857 CFU per inci persegi. (Satu layar merekam lebih dari satu juta.) Mereka menempatkan posisi pertama untuk pengujian permukaan bandara paling kotor.

3 dari 5 halaman

4. Tempat Sampah Keamanan

Pada 2018, para peneliti dari University of Nottingham dan Institut Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia menerbitkan sebuah penelitian soal keberadaan virus di bandara. Mereka mengumpulkan sampel permukaan dan udara di sekitar Bandara Helsinki dan menemukan bahwa nampan dan tempat sampah plastik di area keamanan "tampaknya memiliki potensi risiko tertinggi."

Empat dari delapan sampel tempat sampah plastik mengandung rhinovirus atau adenovirus, yang dapat menyebabkan gejala seperti pilek. Pada 2014, koresponden "Today" Jeff Rossen dan timnya mengambil sampel permukaan bandara dan pesawat dan menemukan bahwa tempat sampah TSA di bandara AS juga cukup kotor.

Bahkan satu tempat sampah mengandung kadar feses yang berpotensi membuat orang sakit. Kemungkinan karena penelitian seperti ini, beberapa bandara telah mulai menerapkan teknologi tempat sampah keamanan baru untuk memastikan pengalaman yang lebih bersih.

4 dari 5 halaman

5. Permukaan Kamar Mandi

Orang cenderung waspada terhadap kuman dan kotoran saat menggunakan toilet umum. Namun, mungkin lebih penting untuk melakukannya di kamar mandi bandara.

"Bandara dan pesawat terbang menampung sejumlah besar turis setiap hari, meningkatkan kemungkinan Anda akan berhubungan dengan seseorang yang sakit dan berpotensi menularkan penyakit menular," kata Reynolds.

"Kamar mandi bandara dibersihkan secara teratur, tetapi juga sering digunakan. Gagang kios, keran wastafel, dan panel keluar di pintu sering kali positif mengandung mikroba penyebab penyakit dalam jumlah tinggi," tambahnya. Jangan lupa mencuci tangan, terutama jika Anda berencana untuk makan setelah dari kamar mandi.

6. Water Fountains

Pada 2015, layanan perhitungan perjalanan Travel Math mengirim ahli mikrobiologi ke lima bandara berbeda untuk mengumpulkan sampel untuk pengujian laboratorium guna menentukan permukaan mana yang memiliki konsentrasi bakteri tertinggi. Penelitian mereka menemukan bahwa tombol water fountains untuk minum mengandung rata-rata 1.240 CFU per inci persegi paling banyak dari semua permukaan bandara yang diuji.

Studi InsuranceQuotes.com mendeteksi rata-rata 19.181 CFU pada tombol air mancur. Sebuah studi pada 2012 tentang ruang kantor yang dipimpin oleh Profesor mikrobiologi University of Arizona, Charles Gerba, juga menemukan bahwa air mancur dapat menjadi titik penuh kuman, seperti yang dilakukan penelitian sebelumnya tentang air mancur minum sekolah dari National Sanitation Foundation. Anda diimbau pertimbangkan untuk menekan tombol dengan siku Anda.

5 dari 5 halaman

Infografis Prosedur dan Tahapan Kedatangan Wisman di Bandara Bali

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat