uefau17.com

Aksi Nyeleneh Salon Kecantikan Warnai Rambut Pakai Perabot Rumah, dari Tampah sampai Jala Ikan - Lifestyle

, Jakarta - Prosedur mewarnai rambut di salon kecantikan tentu sudah bukan satu hal asing. Tapi, jika berbicara praktiknya di salah satu salon kecantikan di Thailand, layanan familiar ini justru bisa membuat Anda mengerutkan dahi.

Bagaimana tidak, prosedur mewarnai rambut di salon tersebut menggunakan perabot rumah, seperti tampah. Di sebuah video viral di akun TikTok @arjan_somporn, pewarnaan rambut dengan medium tidak biasa itu dibagikan beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: VIDEO: Dugaan Malapraktik, Wanita Suntik Payudara lalu Meninggal Dunia

Selain kain pelindung atasan dan masker, perempuan di klip tersebut tampak duduk dengan tampah dalam posisi terbalik ditaruh di kepalanya. Dari celah-celah anyaman tampah terlihat rambut wanita itu dikeluarkan beberapa bagiannya.

Proses pengecatan pun berjalan seperti biasa setelahnya, dengan rambut yang keluar dari celah anyaman tampah itu jadi yang diwarnai. Sampai artikel ini ditulis, video tersebut telah mencatatkan lebih dari 7,7 juta penayangan.

Di kolom komentar, warganet mengutarakan keheranan mereka, dan beberapa di antaranya bertanya bagaimana hasil pewarnaan rambut tersebut. Dari situ, si pemilik akun mengunggah beberapa klip lagi memperlihatkan hasil pengecatan rambut yang dimaksud.

Jelas terlihat bahwa hanya bagian atas rambut yang dicat cokelat. Kontras warnanya terlihat setelah tampah diangkat dari kepala wanita itu. "Anak sekolah kecantikan kayak saya yang sudah belajar tiga tahun nangis melihat ini," komentar seorang warganet.

Sementara ada yang tertarik mencobanya di rumah, sebagian mengaku kehebohan pemakaian tampah justru memperlihatkan hasil tidak sesuai ekspektasi. "Kirain maksudnya bakal jadi highlight. Tahu begini mah mending enggak usah," tulis salah satunya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wadah Kukusan

Tidak berhenti di tampah, di unggahan lain akun TikTok tersebut, salon kecantikan ini pun memanfaatkan berbagai barang sehari-hari lainnya untuk layanan cat rambut. Salah satu yang diperlihatkan adalah semacam wadah kukusan.

Seperti tampah, hanya rambut bagian atas yang keluar dari sela barang tersebut untuk diwarnai. Tampak beberapa staf salon menangangi sekaligus prosedur tersebut.

Barang yang seharusnya jadi perabot dapur itu tampak diikat menggunakan tali rafia ke bagian bawah dagu seorang perempuan. Hasil pewarnaan rambutnya pun terlihat tidak jauh berbeda dari saat menggunakan tampah.

3 dari 4 halaman

Jala Ikan

Di video berbeda, jala ikan tradisional Thailand, seperti tampah dan wadah kukusan, digunakan untuk mengecat rambut pelanggan. Selain itu, barang yang umumnya tidak berada di salon kecantikan ini juga digunakan pihaknya untuk mengeriting rambut. 

Dituliskan sebagai keterangan video, "Untuk mengeriting rambut bagian bawah tanpa memengaruhi atasnya, bisa tidak selalu memanfaatkan peralatan modern. Kearifan lokal yang sudah lama bersama orang Thailand juga bisa dimanfaatkan."

Ini juga dituliskan sebagai cara "menghormati leluhur Thailand" dengan mengekspansi kegunaan barang-barang tersebut. Pendekatan tidak biasa ini menimbulkan pro-kontra. Ada yang mengaku penasaran, namun sebagian mempertanyakan keamanan dan efektivitas benda tersebut.

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Perawatan Rambut di Masa Pandemi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat