uefau17.com

Intip Desain Kapal Pinisi Mewah Milik Awkarin - Lifestyle

, Jakarta - Nama Awkarin tentu sudah familiar bagi warganet Indonesia. Ia dikenal sebagai salah satu influencer yang cukup produktif. Artinya, selalu ada saja proyek yang tengah digarap.

Setiap aktivitas pun acap kali menarik perhatian publik. Kalau mengikuti akun media sosialnya, terutama Instagram, Anda pasti tahu jika belakangan ini Awkarin sedang menggilai aktvitas menyelam.

Ia telah mengunjungi beberapa spot menyelam yang indah dan terkenal di Indonesia. Merasa jatuh cinta dengan olahraga tersebut, pemilik nama asli Karin Novilda ini bekerja sama dengan sebuah penyedia jasa perjalanan laut untuk membuat proyek cukup spektakuler, yaitu membuat kapal pinisi.

Istiah pinisi mengacu pada jenis sistem layar (rig), tiang-tiang, layar dan konfigurasi tali dari suatu jenis kapal layar Indonesia. Awkarin sendiri memutuskan membuat kapal pinisi untuk diving di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapal jenis ini memang sering digunakan untuk wisata, termasuk mengantarkan wisatawan mencari spot menyelam. Informasi Awkarin sedang membuat kapal diketahui dari unggahan di akun Instagram miliknya.

"Saking cintanya sama Bajo dan keindahannya dan obesis kita sama diving, kita memutuskan untuk membuat kapal pinisi di Labuan Bajo," tulisnya dalam unggahan pada 16 Agustus 2021. Kapal dengan ukuran besar ini terlihat sangat mewah.

Di bagian sampingnya, dilengkapi tempat bersantai untuk menikmati pemandangan senja Labuan Bajo. Kapal yang rencananya akan mulai berlayar pada September 2021 itu bisa memuat sekitar 12 orang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Banyak Ruangan dan Fasilitas

Di bagian dalam kapal, terdapat satu kamar, jadi wisatawan bisa bermalam di kapal tersebut. Kamar dalam kapal ini pun terlihat super nyaman dengan lantai dan dipan kayu, kasur yang terlihat empuk, dan, yang paling spesial, jendela, serta pintu yang menghadap langsung ke lautan.

Kamar di kapal ini punya akses langsung ke bagian luar dengan spot jaring-jaring untuk bersantai. Di bagian dek kapal juga didesain sebagai tempat bersantai. Di area ini terdapat tempat untuk bercengkerama, dilengkapi kursi santai dan meja.

Selain itu, kapal pinisi ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa dapur dan area makan. Area ini juga dilengkapi meja makan panjang dan sejumlah kursi. Interior dalam kapal ini didominasi ornamen kayu.

Di bagian depan kapal ini juga terdapat outdoor spot untuk para wisatawan duduk bersantai setelah diving. Sampai berita ini ditulis, unggahan desain kapal pinisi milik Awkarin itu sudah disukai lebih dari 118 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 1.180 komentar.

3 dari 4 halaman

Kapal Tangguh

Dikutip dari laman indonesia.travel, pinisi merupakan kapal layar tradisional asal Sulawesi Selatan. Kapal ini tepatnya lahir di Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

Pinisi memiliki keistimewaan, yakni terkait proses pembuatannya yang dilakukan tanpa paku maupun peralatan modern. Keistimewaan itu makin diperkuat dengan pembuatannya yang masih manual menggunakan tangan manusia. Meski tak mendapat sentuhan modern di proses pembuatannya, ketangguhan kapal pinisi tak perlu dipertanyakan.

Inilah satu-satunya kapal kayu yang mampu mengarungi lima benua. Dari Vancouver di Kanada, ganasnya ombak Samudera Pasifik, Australia, Madagaskar, hingga Jepang, semua sudah diarungi kapal pinisi.

Memiliki sejarah panjang, pinisi sudah sangat sering dibawa dan diperkenalkan di sejumlah pameran Wonderful Indonesia di luar negeri. Setiap tahunnya juga terdapat Festival Pinisi di Balakumba. Di salah satu agendanya, Anda bisa melihat proses pembuatan kapal kayu raksaksa itu.

4 dari 4 halaman

Misi Evakuasi 74 WNI dari Kapal Diamond Princess

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat