uefau17.com

Aksi Sandiaga Uno Membuat Kue Keukarah, Jajanan Khas Aceh untuk Buka Puasa - Lifestyle

, Jakarta - Setiap perjalanan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ke berbagai daerah selalu menyisakan kisah menarik. Sebut saja ketika Sandi bertandang ke Sabang, Aceh dalam kunjungan kerja baru-baru ini.

Sandiaga Uno menyempatkan untuk turut ambil bagian membuat kue keukarah, jajanan khas Aceh untuk buka puasa. Momen ini diabadikan dalam video berdurasi dua menit dan 31 detik di akun Instagram pribadinya.

 

Baca juga:

 

Video dibuka dengan aksi Sandi yang duduk di bangku kecil sembari memegang kayu panjang dengan batok kelapa di tengahnya. Sedangkan di hadapannya terdapat wajan yang sudah berisi minyak goreng.

Bagian bawah batok kelapa telah dilubangi agar adonan cair kue keukarah dapat berjatuhan. Kue keukarah sendiri terbuat dari paduan bahan tepung beras yang diencerkan dengan air yang kemudian ditambahkan gula pasir.

Lalu, satu tangan Sandi memegang sendok masak kayu yang mengetuk-ngetuk kayu panjang dengan batok kepala, sembari membuat gerakan memutar agar adonan kue berjatuhan di dalam minyak. Selain itu, video juga menampilkan kegiatan Sandi lainnya saat tiba di Sabang.

Sandiaga Uno menyampaikan telah menyaksikan kearifan lokal hingga produk-produk kreatif lokal di sana. Dikatakannya, ada banyak yang ditingkatkan dan mengandung satu cerita dan narasi yang kuat mengenai peran kelapa, mulai dari pohon, batang, buah, dan daunnya, pada kehidupan masyarakat di Sabang.

 

Baca juga:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bagian dari Experience

"Saya juga ikut mencoba. Jadi ini atraksi yang disebut sebagai experience, mengalami sendiri, yaitu menyiapkan kue keukarah yang tadi saya mencoba membuat," kata Sandiaga Uno dalam video yang diunggah pada Minggu, 2 Mei 2021.

Momen itu terjadi ketika Sandi berkunjung ke Desa Wisata Aneuk Laot, Kota Sabang, Aceh. Di sana, pengunjung tak hanya bisa membeli produk-produk ekonomi kreatif, tetapi juga merasakan sensasi pengalaman pembuatannya.

"Sekali lagi, ini merupakan pola penyiapan desa wisata yang kami dorong agar desa wisata ini menjadi desa wisata yang mandiri membangkitkan ekonomi dan memulihkan lapangan kerja khususnya di tengah pandemi," lanjutnya.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi
  • Fakta Menarik Kental Manis, Pelengkap Jajanan Nusantara
  • Kalori Kental Manis untuk Pelengkap Es yang Segar
  • Sejarah Susu Kental Manis, dari Penemuan hingga Asupan Bernutrisi
  • Fakta Unik Susu Kental Manis, Bikin Sarapan Pagi Makin Sedap
  • Mengenal Susu Kental Manis yang Sering Dikonsumsi Sehari-hari
  • Fun Fact Susu Kental Manis, Sekarang Jadi Menu Sarapan Favorit 
  • Manfaat Ngemil Bagi Tubuh, Kental Manis Bikin Makin Nikmat 
  • Kenali Kalori Kental Manis dan Manfaatkan Kandungan Baiknya
  • Ditambah Susu Kental Manis, Level Up 3 Sarapan Viral Ini 

 

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat