uefau17.com

Menurut Ilmuwan Mengenakan Masker Saat Sehat Bisa Tingkatkan Risiko Terserang Virus Corona - Lifestyle

, Jakarta - Wabah virus corona mulai menyebar hingga ke Indonesia. Pada Senin, 2 Maret 2020, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengumumkan dua orang warga yang tinggal di Depok positif terinfeksi virus corona.

Penyataan tersebut membuat seluruh toko kesehatan diburu masyarakat untuk mendapatkan masker. Bahkan, harga masker meningkat hampir 10 kali lipat dibandingkan harga normal. 

Namun, apakah penggunaan masker efektif menangkal virus corona? Menurut keterangan seorang spesialis pencegahan infeksi, Anda tidak perlu memakai masker bedah atau N95 jika tidak sakit. Memakai masker dalam keadaan sehat justru dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. 

Seorang profesor kedokteran dan epidemiologi di University of Iowa's College of Medicine, Dr Eli Perencevich, mengatakan mengenakan masker dapat membuat seseorang merasa puas dengan kebersihan diri mereka. 

"Jika Anda tidak mencuci tangan sebelum dan setelah melepas masker, Anda bisa meningkatkan risiko (terserang virus corona)," ucapnya dilansir dari Asia One, Selasa, 3 Maret 2020. Ia pun mengingatkan untuk jangan terbuai dengan "rasa aman yang salah". 

Penggunaan masker, menurutnya, hanya diperuntukan bagi mereka yang sakit, untuk mencegah virus corona agar tidak ditularkan kepada orang lain. Masker bedah pun berfungsi untuk menjaga percikan dan tidak mencegahnya, berbeda dengan respirator bedah seperti masker N95. Namun, banyak profesional medis lainnya yang tidak merekomendasikan penggunaan N95. 

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Menimbun Masker

Saat mengenakan masker, menurut Perencevich, secara sadar atau tidak Anda akan lebih sering menyentuh wajah. Padahal, salah satu langkah pencegahan virus corona ialah dengan tidak menyentuh wajah sebelum Anda cuci tangan. 

Tidak ada yang bisa memastikan mereka yang menggunakan masker memakainya dengan benar. Penggunaan yang tidak tepat atau tidak membuang masker dengan benar dapat meningkatkan risiko terkena infeksi. 

Ia memperingatkan bahwa tindakan membeli dan menimbun masker dapat membuat petugas kesehatan kehilangan barang penting tersebut ketika mereka membutuhkannya untuk menangangi pasien. 

Menanggapi masalah ini, ahli bedah Amerika Serikat, Jarome Adams menyuarakan jika Anda tetap ingin mengenakan masker tetapi tidak ingin menimbun, ada pilihan yang lebih murah dan ramah lingkungan, yaitu dengan membuat masker wajah sendiri. (Tri Ayu Lutfiani)

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat