uefau17.com

3 Amalan Agar Hidup Tenteram dan Berkecukupan dari Gus Iqdam, Yuk Gas di Bulan Ramadhan - Islami

, Cilacap - Banyak sekali wejangan dari pendiri Markas ST Nyell, Muhammad Iqdam Kholid atau Gus Iqdam yang berisi tentang amalan yang bisa menjadi solusi berbagai persoalan hidup.

Kali ini tulisan ini akan mengulas perihal amalan anti ruwet yang membuat pengamalnya merasakan hidup tenteram dan berkecukupan.

Amalan ini lebih afdhal atau utama jika diamalkan di bulan Ramadan. Saat ini umat Islam tengah menjalani bulan Ramadhan 2024, maka mengamalkan amalan dari Gus Iqdam ini Insya Allah akan cepat terkabul.

Sebab bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh rahmat dan keberkahan. Selain itu amaliah di bulan ini akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Amalannya

1. Baca Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin 100 kali

Gus Iqdam mengatakan bahwa salah satu amalan yang menyebabkan manusia selamat dari kefakiran ialah dzikir Lailahaillallah Al Malikul Haqqul Mubin 100 kali.

"Dawuhe kanjeng nabi sopo wonge seng sedino gelem dzikir Laa Ilaaha Illallah Al Malikul Haqqul Mubin ping satus, sampean iki aman soko kefakiran," kata Gus Iqdam dikutip dari tayangan YouTube El Maynada Chanel, Sabtu (16/03/2024).

Adapun lafal arabnya adalah sebagai berikut,

 لَا إِلهَ إِلَّا اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ الْمُبِينُ

artinya: Tiada Tuhan Selain Allah, Tuhan yang Maha Benar dan Nyata.

2. Sholawat Jibril

Selanjutnya, Gus Iqdam memapatkan bahwa amalan supaya rezeki lancar dan hati merasa tentram adalah sholawat Jibril. Adapun lafalnya adalan sebagai berikut:

 صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

shallallaahu ‘ala Muhammad

Artinya: "(Ya Allah) berikanlah tambahan rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad." 

Keutamaan membaca sholawat jibril 1000 kali adalah mendatangkan rezeki. 

3. Membaca Surat Yasin

Menurut Gus Iqdam membaca Yasin bisa membuat hati menjadi tenteram, selain kecukupan rezekinya. Ia menyarankan, membaca surah Yasin minimal satu kali dalam sehari semalam.

Selain hati merasa tenteram, memperbanyak membaca surah Yasin, tentu saja akan mendapatkan pahala yang besar serta terkabulnya sesuatu yang kita inginkan.

 

3 dari 3 halaman

Keutamaan Berzikir

Menukil laman baznas.jogjakota.go.id, dalam agama Islam, zikir memiliki banyak keutamaan dan manfaat baik dari segi spiritual maupun psikologis. Berikut adalah beberapa keutamaan zikir yang dapat diambil dari ajaran Islam:

  1. Mendekatkan diri kepada Allah SWT: Zikir merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Maka ingatlah kepada-Ku niscaya Aku akan ingat (pula) kepadamu." (QS Al-Baqarah: 152). Dengan zikir, kita dapat merasakan kehadiran Allah SWT yang lebih dekat dan lebih intens.
  2. Menguatkan iman: Dalam Islam, zikir juga dianggap sebagai cara yang efektif untuk menguatkan iman dan kepercayaan kepada Allah SWT. Dengan mengingat dan memuji Allah SWT secara terus-menerus, kita dapat memperkuat keyakinan kita bahwa segala sesuatu terjadi atas kehendak Allah SWT.
  3. Menenangkan hati: Zikir juga memiliki efek menenangkan hati dan pikiran. Dengan fokus pada zikir, kita dapat melepaskan diri dari kekhawatiran, stres, dan kegelisahan yang seringkali membebani pikiran kita.
  4. Meningkatkan kebahagiaan: Zikir juga dapat meningkatkan rasa bahagia dan kepuasan dalam hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Ingatlah hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram." (QS Ar-Ra'd: 28). Dengan zikir, kita dapat menemukan kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup.
  5. Membantu mengendalikan hawa nafsu: Zikir juga dapat membantu kita mengendalikan hawa nafsu dan dorongan negatif dalam diri kita. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Dan sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar." (QS Al-Ankabut: 45). Dengan zikir, kita dapat mengendalikan dorongan-dorongan negatif dalam diri kita dan membantu kita menjadi lebih baik sebagai manusia.
  6. Meningkatkan kesabaran: Zikir juga dapat membantu kita meningkatkan kesabaran dalam menghadapi cobaan dan ujian dalam hidup. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman, "Dan hanya orang-orang yang sabarlah yang dapat memperoleh pahala tanpa batas." (QS Az-Zumar: 10). Dengan zikir, kita dapat menguatkan kesabaran dan ketahanan dalam menghadapi segala macam cobaan dan ujian dalam hidup.

Inilah beberapa keutamaan zikir dalam Islam. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita sebaiknya senantiasa mengamalkan zikir dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis: Khazim Mahrur / Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat