uefau17.com

4 Golongan yang Dijanjikan Masuk Surga oleh Allah SWT, Siapa Mereka? - Islami

, Jakarta - Surga merupakan tempat yang digambarkan memiliki kedamaian, keindahan dan tempat yang paling mulia di akhirat. Sehingga banyak manusia yang mendambakan dapat memasuki surga-Nya kelak.

Namun tidak semudah itu untuk memasuki surga, sebab itu semua tergantung dari amalan baik serta ketaatan setiap orang kepada seluruh perintah Allah SWT selama hidup di dunia.

Meski demikian, Allah telah menjanjikan Surga kepada 4 golongan manusia. Bisa auto masuk surga jika kita termasuk dalam 4 golongan ini.

Orang-orang yang beriman dan selalu menjaga ibadahnya serta menjauhi segala larangan dari Allah SWT-lah yang memiliki peluang lebih besar untuk memasuki surganya Allah SWT, tidak terkecuali jika Allah sudah berkehendak.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ini Janji Allah dalam Surat Ali-Imran ayat 195

4 Golongan yang telah dijanjikan langsung mendapat surga dari Allah SWT ini dijelaskan dalam surat Ali-Imran ayat 195 yang berbunyi:

فَاسۡتَجَابَ لَهُمۡ رَبُّهُمۡ اَنِّىۡ لَاۤ اُضِيۡعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنۡكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ اَوۡ اُنۡثٰى​​ۚ بَعۡضُكُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ​​ۚ فَالَّذِيۡنَ هَاجَرُوۡا وَاُخۡرِجُوۡا مِنۡ دِيَارِهِمۡ وَاُوۡذُوۡا فِىۡ سَبِيۡلِىۡ وَقٰتَلُوۡا وَقُتِلُوۡا لَاُكَفِّرَنَّ عَنۡهُمۡ سَيِّاٰتِهِمۡ وَلَاُدۡخِلَنَّهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُ​ۚ ثَوَابًا مِّنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ ​ؕ وَ اللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الثَّوَابِ‏ ١٩٥

Artinya: "Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik."

Simak penjelasan secara lengkap terkait 4 golongan yang dijanjikan surga aleh Allah SWT berikut ini!

1. Orang yang berhijrah

sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Muhammad at Tamimi Rahimahullah dalam risalahnya Tsalatsatul Ushul,

وَالهِجْرَةُ: الاِنْتِقَالُ مِنْ بَلَدِ الشِّرْكِ إِلى بَلَدِ الإِسْلاَمِ

“Hijrah adalah berpindah dari negeri syirik menuju negeri Islam” (Syarh Al-Ushul Ats-Tsalatsah li Syaikh Ibnu ‘Utsaimin).

Sebab disyariatkannya hijrah adalah karena seorang mukmin wajib untuk menampakkan agamanya dan bangga denganya, dalam rangka menjelaskan kepada manusia bahwa dirinya telah bersaksi dengan kebenaran.

3 dari 3 halaman

3 Golongan Lainnya

2. Orang yang diusir dari kampung halamannya

Hal ini dapat digambarkan seperti sebuah peristwa penjajahan sebuah kaum di wilayahnya sendiri. Dewasa ini, konflik antara Palestina dan Israel dapat menjadi salah satu contohnya.

3. Orang yang disakiti pada jalan-Ku

Bagi orang-orang atau hamba Allah yang beriman dan bertaqwa namun tetap didzalimi oleh orang lain yang mungkin lebih tinggi derajat atau pangkatnya.

4. Orang yang berperang dan yang terbunuh atas nama Allah SWT

Orang-orang ini merupakan orang-orang yang berjuang dan berperang di jalan Allah SWT. Mereka senantiasa berani untuk mengorbankan nyawa demi membela kebenaran sesuai dengan petunjuk Allah SWT.

Demikian 4 golongan yang dijanjikan auto masuk surga oleh Allah SWT. Meski bukan termasuk dalam salah satu golongan tersebut, sebagai umat muslim yang beriman kepada Allah SWT kita senantiasa berlomba-lomba melakukan kebaikan yang diniatkan atas nama Allah SWT. Wallahu A'lam.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat