uefau17.com

4 Fakta Kota Lod, Tempat Nabi Isa Membunuh Dajjal Jelang Kiamat - Islami

, Cilacap - Salah satu tempat penting dalam khazanah Islam ialah kota Lod. Pasalnya tempat ini disebut-sebut sebagai tempat Nabi Isa AS membunuh Dajjal.

Sebagaimana kita ketahui, munculnya makhluk terkutuk ini terkait dengan hari akhir, sebagai salah satu tanda kiamat.

Lod sebagai tempat terbunuhnya Dajjal banyak hadis Rasulullah SAW yang menginformasikannya. Salah satunya hadis yang diriwayatkan dari Mujami bin Jariyah al-Anshari RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Isa bin Maryam akan membunuh Dajjal di Bab Lud (Gerbang Lod).” (HR Ahmad, Turmudzi, dan Nu’aim bin Hamad).

Dalam hadis lain Rasulullah SAW bersabda “Lalu, turunlah Isa bin Maryam di menara putih di bagian timur Damaskus. Isa menemukan Dajjal di Pintu Lod, kemudian membunuhnya.” (HR. Abu Daud)

Penasaran dengan lokasi terbunuhnya Dajjal? Berikut ulasan lengkap tentang fakta-fakta kota Lod.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta-fakta Kota Lod

Menukil Dream.co.id, berikut ini beberapa fakta terkait kota lod.

1.  Sebuah Gerbang

Gerbang Lod merupakan sebuah kota yang terletak dekat Baitul Maqdis atau Elia di Palestina yang berdekatan dengan Ramalah. Para kafilah di masa lalu yang berasal dari Syam (Suriah) dalam perjalanan mereka menuju Mesir sering istirahat di kota ini.

2. Penyebutan Berbeda dalam Islam

Kaum Yahudi menganggap Kota Lod sebagai bekas tempat tinggal Suku Benyamin. Sedangkan umat Islam menyebut kota ini dengan sebutan Al-Lud atau Lud. Kota ini memiliki luas sekitar 13 km2 dan terletak 38 km barat laut Yerusalem

3. Pernah Dikuasai Pasukan Khalid bin Walid

Kota Al-Lud mengalami kemajuan saat pasukan Khalid bin Walid berhasil merebut kota ini pada 636 Masehi. Ketika itu Kota Lod menjadi pusat administrasi Provinsi Filastin. Lalu kota ini mengalami pergantian penguasa, mulai dari masa kekuasaan tentara salib padda abad ke-11 Masehi hingga integriasinya ke dalam wilayah Ottoman atau Turki Utsmani. Setelah kesultanan Ottoman runtuh, Kota Lod dikuasai masyarakat Arab dan mengalami perubahan nama dari Lod menjadi Lydda pada 1948.

4. Jatuh Lagi ke Tangan Yahudi

Kemudian kaum Yahudi kembali menguasai Kota Lydda atau Lod ini. Mereka mengusir ratusan penduduk Arab dengan paksa. Hingga pada Agustus 1948, imigran Yahudi dari berbagai wilayah datang. Masyarakat Arab di kota tersebut menjadi kalah seiring berjalannya waktu. Akhirnya kota Lod didominasi kaum Yahudi. Di kota ini terdapat dinding setinggi 3 meter yang berfungsi sebagai pembatas antara distrik Yahudi dan Arab.

 

 

3 dari 3 halaman

Alasan Nabi Isa yang Dipilih Allah Membunuh Dajjal

Nabi Isa menjadi nabi yang dipilih Allah SWT untuk membunuh dajjal. Hal ini karena ada alasan tersendiri dijelaskan dalam At-Tadzkirah Jilid 2: Bekal Menghadapi Kehidupan Abadi oleh Imam Syamsuddin Al-Qurthubi sebagai berikut:

1. Nabi Isa Masih Hidup

Alasan yang pertama adalah karena Nabi Isa masih hidup. Hal itu dibuktikan melalui firman Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 159:

"Tidak ada seorangpun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka." (QS. An-Nisa: 159)

Ayat di atas menunjukkan bahwa adanya kabar Nabi Isa disalib oleh kaum Yahudi adalah sebuah kesalahan. Sedangkan Allah SWT mengatakan melalui firman-nya, bahwa Nabi Isa diangkat ke langit sebelum kaum Yahudi membunuhnya.

Saat akhir zaman nanti, dajjal pun akan muncul yang kemudian dibai'at oleh kaum Yahudi, yang mana mereka nanti akan menjadi bala tentaranya. Lalu, Allah SWT pun menurunkan Nabi Isa untuk memerangi dajjal dan bala tentaranya.

2. Mengembalikan Nabi Isa ke Tanah

Alasan kedua kenapa Nabi Isa dipilih Allah SWT untuk membunuh dajjal adalah karena mungkin Allah SWT hendak mengembalikan Nabi Isa ke bumi.

Seperti diketahui bahwa manusia diciptakan dari tanah, dan kelak juga akan kembali ke tanah ketika sudah meninggal dunia. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Thaha ayat 55:

"Dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kamu dan kepadanya Kami akan mengembalikan kamu dan daripadanya Kami akan mengeluarkan kamu pada kali yang lain," (QS. Thaha: 55)

Ada kemungkinan jika kelak Nabi Isa diturunkan ke bumi karena ajalnya yang sudah dekat. Sehingga, nantinya beliau akan dimakamkan di Tanah Suci dan dibangkitkan bersama manusia yang lain pada hari kebangkitan.

Turunnya Nabi Isa adalah ketika dajjal berada di bumi dan tidak ada satu orang pun yang mampu menghadapi dajjal selain Nabi Isa.

3. Kewajiban Berjihad

Alasan yang terakhir adalah karena adanya kewajiban untuk berjihad. Hal ini karena Nabi Isa pernah bedoa kepada Allah SWT agar dijadikan umat dari Nabi Muhammad saw.

Ketika Nabi Isa diturunkan ke bumi, saat itulah dajjal sudah berada di bumi dan memperdaya umat manusia. Kewajiban Nabi Isa adalah berjihad untuk melawan dajjal beserta bala tentaranya.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat