uefau17.com

13 Karakter Manusia Terbaik Menurut Rasulullah SAW, Apakah Kamu Termasuk Salah Satunya? - Islami

, Jakarta - Karakter manusia sangatlah beragam. Bahkan anak yang terlahir kembar identik pun memiliki karakter yang berbeda. 

Namun, Rasulullah telah menyebutkan dalam beberapa hadis bahwasanya karakter manusia di antaranya dapat dilihat dari agamanya, sikapnya, perilakunya, serta tutur katanya.  

Begitupun sejatinya bahwa Rasulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia, sebagaimana sabdanya:

إِنَّمَابُعِثْتُلأُتَمِّمَمَكَارِمَالأَخْلاقِ

Artinya: “Sesungguhnya aku diutus hanya untuk menyempurnakan keshalihan akhlak.” (HR. Al-Baihaqi).

Lantas apa sajakah karakter manusia terbaik menurut Rasulullah SAW? Mengutip dari laman dream.co.id, berikut ulasannya mengenai deretan karakter manusia terbaik menurut sabda Rasulullah SAW dalam hadisnya.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar Al-Quran hingga Terjaga dari Kejelekan

1. Orang yang Belajar Al-Quran dan Mengajarkannya

Karakter manusia terbaik menurut Rasulullah SAW yang pertama ialah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya. Rasulullah SAW pernah ditanya siapakah Muslim yang terbaik? Kemudian beliau menjawab: “Orang yang terbaik di antara kamu adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

2. Orang yang Paling Baik Akhlaknya

Karakter manusia terbaik menurut Rasulullah selanjutnya ialah orang yang paling bagus akhlaknya. Rasulullah SAW bersabda: “Orang yang terbaik dari kalian adalah yang paling bagus akhlaknya.” (HR. Bukhari)

3. Orang yang Selalu Membayar Utangnya dengan Baik

Orang yang selalu membayar utangnya meskipun sedikit adalah termasuk karakter manusia yang paling baik menurut Rasulullah SAW.

“Orang yang terbaik dari kalian adalah yang paling bagus ketika membayar utang. Yaitu ketika mengembalikan utang tepat waktu (melebihkan sedikit sebagai tanda jasa).” (HR. Bukhari)

4. Orang yang Terjaga dari Kejelekan

Orang yang diharapkan kebaikannya dan aman dari kejelekan termasuk salah satu karakter manusia terbaik.“Orang yang terbaik dari kalian adalah yang diharapkan kebaikannya dan aman dari kejelekan.” (Shahih Tirmidzi)

 

3 dari 4 halaman

Baik kepada Keluarga hingga Bermanfaat bagi Orang Lain

5. Orang yang Baik kepada Keluarganya

Berlaku baik kepada keluarga adalah bagian dari karakter manusia terbaik menurut Rasulullah SAW. "Orang yang terbaik dari kalian adalah yang paling baik kepada keluarganya." (Shahih Ibnu Hibban)

6. Orang yang Berbagi Makanan dan Menjawab Salam

Karakter manusia terbaik menurut Rasulullah SAW adalah orang yang suka memberikan makanan kepada orang lain dan selalu menjawab salam."Orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang memberikan makanan (kepada orang lain) dan menjawab salam." (HR. Ahmad)

7. Orang yang Berlapang Diri Saat Sholat Berjamaah

"Orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang lembut pundak-pundaknya ketika sholat (berjamaah)". Maksudnya adalah berlapang diri untuk orang lain yang mau masuk shaf.

8. Orang yang Panjang Umur dan Bagus Amalnya

Umur panjang hendaknya dimanfaatkan untuk memperbanyak amal kebaikan. Sebab orang yang berumur panjang dan bagus amalnya adalah termasuk memiliki karakter manusia yang paling baik menurut Rasulullah.

Rasulullah SAW bersabda:"Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan bagus amalannya. Dan sejelek-jelek manusia adalah orang yang panjang umurnya dan jelek amalannya."(HR. Ahmad, Tirmidzi dan Al-Hakim)

9. Orang yang Bermanfaat untuk Manusia Lain

Dalam hadis, Rasulullah SAW pernah bersabda: "Orang yang terbaik dari kalian adalah orang yang yang terbaik dari kalian adalah orang yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya." 

4 dari 4 halaman

Sempurna Imannya hingga Mengamalkan Amalan yang Dicintai Allah

10. Orang yang Sempurna Imannya

Karakter manusia terbaik menurut Rasulullah SAW selanjutnya ialah yang sempurna imannya. Sebab orang mukmin yang sempurna imannya berarti paling baik akhlaknya.Rasulullah SAW bersabda: "Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya." (HR. Tirmidzi)

11. Orang yang Baik kepada Tetangga

Berbuat baik kepada tetangga mencerminkan karakter terbaik manusia menurut Rasulullah.

"Sebaik-baik sahabat di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap sahabatnya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah yang terbaik di antara mereka terhadap tetangganya." (HR Tirmidzi, Ad-Darimi, Al-Hakim, dan Ahmad)

12. Orang yang Bersih Hatinya dan Benar Lisannya

"Manusia yang terbaik adalah yang memiliki hati bersih dan lisan yang benar." Para sahabat bertanya: "Kami sudah mengetahui lisan yang benar, lalu apa maksud makhmumul qolbu? Rasulullah SAW menjawab: "Dia adalah orang yang bertakwa (takut) kepada Allah, yang bersih hatinya, tidak ada dosa dan kedurhakaan di dalamnya, serta tidak ada pula dendam (hasad)." (HR Ibnu Majah, Ath-Thabrani)

13. Mengamalkan Amalan yang Dicintai Allah

Tiga amalan yang paling dicintai Allah adalah sholat pada waktunya, berbakti kepada orang tua, dan jihad fi sabilillah. Melakukan ketiga amalan tersebut menandakan bahwa seseorang memiliki karakter terbaik sesuai yang dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadisnya.

Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu pernah bertanya kepada Rasulullah SAW: Amal apa yang paling dicintai Allah 'Azza wa Jalla?" Nabi SAW bersabda: "Sholat pada waktunya." Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" Nabi menjawab: "Birrul walidain (berbakti kepada orang tua)." Ibnu Mas'ud bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" Nabi menjawab: "Jihad fii sabilillah." Demikian yang beliau katakan, andai aku bertanya lagi, nampaknya beliau akan menambahkan lagi." (HR. Bukhari dan Muslim)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat