uefau17.com

Nabi Mengungkap Golongan yang Paling Dekat Dengannya di Hari Kiamat - Islami

, Jakarta - Hari kiamat merupakan hari dibangkitkannya seluruh umat manusia untuk dimintai pertanggungjawaban atas apa yang telah diperbuat selama hidup di dunia. 

Datangnya hari akhir tersebut merupakan salah satu rukun iman yang harus diyakini sebagai muslim. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Hajj ayat 7 yang berbunyi:

وَّاَنَّ السَّاعَةَ اٰتِيَةٌ لَّا رَيْبَ فِيْهَاۙ وَاَنَّ اللّٰهَ يَبْعَثُ مَنْ فِى الْقُبُوْرِ 

Artinya: "Dan sungguh, (hari) Kiamat itu pasti datang, tidak ada keraguan padanya; dan sungguh, Allah akan membangkitkan siapa pun yang di dalam kubur".

Setiap apapun perbuatan yang dilakukan akan diperhitungkan. Dengan begitu beratnya timbangan amal menjadi penentu apakah kita masuk ke dalam surga atau neraka.

Namun demikian, tidak semua umatnya dapat mendekat kepada Nabi SAW di hari akhir. Dalam sebuah riwayat, terdapat suatu peristiwa di mana Rasulullah menjelaskan siapa saja golongan yang kelak yang paling dekat dengannya di hari kiamat.

 

Saksikan Video Pilihan ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orang-Orang yang Berakhlak Mulia

Melansir dari laman laduni.id, salah satu golongan yang paling dekat dengan Rasulullah di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Siapakah orang berakhlak mulia itu?

Dalam hadis Nabi shallallahu alaihi wasallam disebutkan adalah bukan orang yang keras, tidak suka menghina sesama dan tidak sombong. Sedang orang yang melakukan tiga perbuatan tersebut, akan menjadi orang yang paling jauh dari Nabi Muhammad SAW pada saat hari kiamat.

عن جابر بن عبد الله رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: إن من أحبكم إليّ وأقربكم مني مجلسا يوم القيامة أحاسنكم أخلاقا وإن أبغضكم إليّ  وأبعدكم منّي مجلسا يوم القيامة الثرثارون والمتشدقون والمتفيهقون

Dari Jabir bin Abdullah bin Amru bin Haram Al-Anshari radliyallahu anhu (607-697 M, Jannatul Baqi' Madinah) berkata; Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : “Orang yang paling saya cintai dan paling dekat dengan tempat saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang memiliki akhlak mulia. Sementara orang yang paling saya benci dan tempatnya paling jauh dari saya kelak di hari kiamat adalah mereka yang keras dan rakus, suka menghina dan sombong.” (HR. Abu Isa Muhammad bin Isa bin Saurah At-Tirmidzi Asy-Syafi'i atau Imam At-Tirmidzi rahimahullah)

Hadis di atas, juga diriwayatkan oleh Imam Bukhari rahimahullah dalam kitab Shahihnya, Imam Muslim rahimahullah dalam kitab Shahihnya dan Imam Ahmad bin Hambal rahimahullah dalam kitab Musnadnya. Wallahu A'lam. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat