uefau17.com

Ternyata Mudah, Panduan Praktis Cara Menulis Arab di MS Word Lengkap Harakatnya - Islami

, Cilacap - Banyak yang mengalami kesulitan menulis arab di Microsoft Word. Padahal software ini memiliki segudang perangkat untuk memudahkan kita, termasuk juga menulis huruf arab.

Namun, ketika kita belum memahaminya tentunya akan kesulitan. Padahal dalam waktu yang bersamaan kita tengah menghadapi tugas membuat paper, makalah atau lainnya yang berkenaan dengan tulisan Arab.

Namun tidak usah khawatir, kali ini Liputan 6.com akan membagi panduan atau cara menulis huruf arab di Microsoft Word lengkap dengan cara menulis harakatnya. Tentu saja cara ini tidak rumit dan mudah dipahami sehingga anda dijamin bisa.

Melansir puskom.uma.ac.id, berikut ini langkah-langkah dan cara menulis Arab di MS Word:

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menulis Arab di MS Word

1. Tambah Bahasa Keyboard di Windows

Jika laptop atau PC kamu belum dilengkapi dengan bahasa Arab, maka bisa menambahkan terlebih dahulu.

•  Buka pengaturan di menu ‘Start’ dan pilih ‘Waktu dan Bahasa’.

•  Pada bagian sebelah kiri, pilih ‘Bahasa’. Kemudian, scroll ke bawah hingga di bagian ‘Bahasa pilihan’, klik ‘Tambahkan bahasa’.

•  Cari bahasa Arab, kemudian klik saja. Jika sudah klik ‘Berikutnya’ dan klik ‘install‘, ada banyak bahasa Arab yang bisa dipilih. Kali ini, kita menggunakan bahasa Arab dari Arab Saudi.

•  Tunggu hingga proses instalasi selesai. Proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika sudah selesai, bahasa Arab akan muncul di bawah bahasa utama PC kamu.

2. Ubah Pengaturan Bahasa Keyboard

Setelah menginstal bahasa Arab, kamu bisa mengubah pengaturan bahasa keyboard komputer. Berikut ini adalah bagaimana cara menulis Arab di Word:

•  Masih di halaman pengaturan bahasa, kamu bisa klik ‘Keyboard’.

•  Selanjutnya, pilih bahasa Arab agar bisa menulis huruf Arab. Dengan memilih bahasa ini, maka fitur menulis dari kanan ke kiri di PC akan aktif.

 

3 dari 3 halaman

3. Cara Menulis Arab di Word Windows 10 dan Lainnya

Kini kamu sudah bisa menulis Arab di Word, karena pengaturan keyboard kamu sudah diubah sebelumnya. Berikut adalah cara menulis Arab di Word agar tidak terbalik:

•  Buka Microsoft Word. Lalu, pilih pengaturan paragraf rata kanan, karena tulisan Arab berjalan dari kanan ke kiri.

•  Ketik di lembar kerja Word dan lihatlah huruf yang muncul sekarang adalah Arab. Kamu bisa menggunakan bantuan on screen keyboard untuk membantu mengetik huruf Arab.

•  Jika ingin menambahkan tanda baca, klik ‘Shift’ di keyboard. Setelah menulis huruf, maka kamu bisa klik tanda baca yang ingin disematkan.

4. Menambahkan Harakat

Untuk menambahkan harakat dapat menggunakan tombol shortcut berikut ini:

Shift + ~: Tasydid

Shift + A: Kasrah

Shift + E: Dammah

Shift + Q: Fathah

Shift + R: Dammah Tanwin

Shift + S: Kasrah Tanwin

Shift + W: Fathah Tanwin

Shift + X: Sukun

Demikian penjelasan singkat cara menulis Arab di MS Word. Semakin sering kamu berlatih, maka akan semakin cepat pula menulis Arab di Word dengan mudah.

Penulis: Khazim Mahrur/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat