uefau17.com

Kisah Kiai Thoifur Purworejo, Ulama yang Mudah Mimpi Bertemu Nabi Muhammad - Islami

, Jakarta - Di Rusaifah, sebuah pesantren di Kota Makkah, yang didirikan oleh Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki Al-Hasani, ada sebuah sumur yang diberi nama 'bi'ru Thoifur' yang berarti sumur thoifur.

Hingga kini Sumur itu masih aktif dan menjadi sumber air bersih utama bagi para santri di pesantren itu.

Nama Thoifur yang melekat pada sumur sedalam dua meter itu ternyata merujuk pada sosok ulama asal Purworejo, Jawa Tengah yaitu KH Muhammad Thoifur Mawardi. Ia pendiri dan pengasuh Darut Tauhid Purworejo.

KH Thoifur Mawardi rupanya pernah lama berguru pada Sayyid Muhammad. Menurut situs laduni.id, masa nyantri Kiai Thoifur di sana adalah 12 tahun, antara 1976 hingga 1988.

Sebelum mondok di Rusaifah, Kiai kelahiran 8 Agustus 1955 ini pernah nyantri kepada KH Abdul Hamid di Pesantren Kajoran, Magelang dan nyantri kepada Kiai Ma'shum di Pesantren Lasem, Rembang.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumur Thoifur

Suatu kali Pesantren Rusaifah dilanda krisis air yang parah. Kiai Thoifur mengenang saking sulitnya air, ia pernah tidak mandi berhari-hari.

Suatu malam, Kiai Thoifur bermimpi melihat sumber air tak jauh dari pesantren. ketika dia berusaha menimba air dari sumber itu, tarikan timba terasa begitu berat. Setelah timba berhasil ditarik ke atas, Kiai Thoifur kaget ternyata melihat sosok Nabi Muhammad SAW di atas timba.

Ketika mimpi itu diceritakan kepada gurunya Sayyid Muhammad. Sang guru pun memerihtahkan Kiai Thoifur untuk menggali tanah di posisi yang persis dalam mimpinya.

Baru 2 meter menggali, muncullah sumber air yang airnya terus dipakai hingga kini. Sebab itulah, sumur itu dinamai bi'ru Thoifur yang berarti sumur yang ditemukan Kiai Thoifur.

Tak hanya soal sumur, bila sedang ingin mendengar pendapat dari Nabi Muhammad akan suatu perkara Sayyid Muhammad akan meminta Kiai Thoifur yang bertanya langsung kepada Rosulullah.

Bila Rasulullah merestui, Sayyid Muhammad akan langsung mengerjakannya. Namun bila tak direstui, Sayyid Muhammad akan mengikuti arahan dari nabi yang disampaikan lewat muridnya itu.

Berbagai peristiwa inilah yang kemudian membuat Kiai Thoifur dikenal sebagai ulama yang ahli bermimpi bertemu Nabi Muhammad SAW.

 

3 dari 3 halaman

Tips Kiai Thoifur Agar Mudah Bertemu Nabi dalam Mimpi

Dalam sebuah cuplikan video di tiktok, KH Thoifur Mawardi memberikan tips bagaimana agar bisa gampang bertemu Nabi Muhammad dalam mimpi.

Menurutnya, selain membaca sholawat, yang terpenting adalah mengenal sosok nabi Muhammad dengan baik, juga mengenal bagaimana kesehariannya. Maka itu, salah satu kesenangan Kiai Thoifur adalah membaca hadis.

Membaca hadis, katanya, punya dia keutamaan sekaligus. Pertama dengan kembaca hadis sudah otomatis membaca sholawat dan kedua membaca hadis membuat lebih mengenal sosok Kanjeng Nabi Muhammad.

"Kalau ndak minum air seharian pasti haus, jika kemudian tertidur saat haus, pasti bermimpi air karena seharian memikirkan air. Begitu juga bila ingin gampang mimpi kanjeng nabi, harus terus berusaha mengenal kesehariannya. Kalau sudah mengenal, pasti mimpinya bertemu nabi," Kira-kira beginian keterangan Kiai Thoifur tentang tips bisa bermimpi Nabi Muhammad.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat