uefau17.com

6 Kegiatan untuk Merayakan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, Cekidot! - Islami

, Jakarta - Umat Islam akan merayakan tahun baru 1 Muharram 1445 Hijriyah pada Rabu, 19 Juli 2023. Tahun baru Hijriyah menjadi salah satu momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia. 

Selain menyongsong tahun baru, momen tersebut mengingatkan pada peristiwa hijrahnya umat muslim zaman Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada 622 M. Peristiwa hijrah tersebut akhirnya dijadikan sebagai tahun pertama Hijriyah dengan Muharram adalah bulan pertamanya. 

Imam Ibnu Hajar dalam Fathul Bari menjelaskan, alasan Muharram sebagai awal bulan Hijriyah karena pada bulan tersebut umat Islam memulai tekad untuk melaksanakan hijrah ke Madinah.

Kemeriahan tahun baru Islam sejatinya tidak boleh kalah dengan tahun baru Masehi. Umat Islam bisa menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan tahun baru Islam.

Berikut ini ada beberapa kegiatan yang dapat digelar umat Islam dalam rangka memperingati tahun baru 1445 Hijriyah. Semoga kemeriahan tahun baru Islam membawa semangat muslim kedepannya.

 

Saksikan Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan Tahun Baru Islam

1. Membaca Doa

Pada tahun baru Hijriyah umat Islam dianjurkan untuk membaca doa akhir dan awal tahun. Doa akhir tahun dibaca setelah Ashar sampai sebelum Maghrib hari terakhir Dzulhijah. Kemudian membaca doa awal tahun setelah Maghrib.

2. Mabit

Organisasi-organisasi Islam terutama di sekolah biasanya sering mengadakan malam bina taqwa atau mabit pada momen tahun baru Hijriyah. Tujuan diadakannya mabit adalah untuk meningkatkan iman dan taqwa, menjadi lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menumbuhkan muhasabah diri.

3. Pawai Obor

Pawai obor di tahun baru Hijriyah merupakan bentuk syiar Islam. Pawai obor di awal tahun Hijriyah sarat dengan semangat hijrah nabi.

3 dari 3 halaman

Rangkaian Kegiatan Tahun Baru Islam

4. Lomba-Lomba Islami

Bentuk syiar Islam lain saat merayakan tahun baru Hijriyah dapat melalui lomba. Beberapa mata lomba yang cocok diadakan pada tahun baru Islam antara lain lomba ceramah, hafalan juz 30, hafalan doa-doa harian, hadrah/marawis, kaligrafi, dan nasyid.

5. Tabligh Akbar

Tabligh akbar bisa dimasukkan sebagai salah satu kegiatan merayakan tahun baru Islam. Tema yang diangkat adalah tentang Muharram atau semangat hijrah nabi yang dikaitkan dengan masa kini.

6. Santunan Anak Yatim

Muharram adalah bulan yang istimewa bagi anak-anak yatim. Santunan anak yatim pada 10 Muharram merupakan salah satu anjuran bagi umat Islam. Santunan bisa dimasukkan ke rangkaian dalam rangka memperingati tahun baru Islam sekaligus lebaran anak yatim.

Itulah beberapa contoh kegiatan yang dapat digelar untuk memperingati tahun baru Islam. Semoga apapun acaranya dapat memberikan makna kepada umat Islam.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat