uefau17.com

Dewan Kemakmuran Masjid Jawa Barat Diminta Waspadai Modus Penipuan QR Code Kotak Amal - Islami

, Bandung - Seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di Jawa Barat diminta mewaspadai modus kotak amal yang ditempelkan stiker 'QR Code' asli dengan 'QR Code' pribadi penipu.

Gubernur Ridwan Kamil meminta seluruh DKM di Jawa Barat untuk meningkatkan keamanan dan rutin melakukan pengecekan sebagai antisipasi tindakan penempelan QR Code di kotak amal oleh pelaku kejahatan.

Ridwan Kamil meminta informasi soal modus baru kejahatan ini lebih digencarkan lagi agar diketahui masyarakat sehingga bisa lebih berhati-hati.

"Dari sejumlah informasi di media sosial ada modus baru, yaitu penjahat menempelkan stiker QR Code di kotak amal masjid sehingga saat jemaah berniat menyumbang secara digital ke rekening masjid malah jatuhnya ke rekening penjahat," ujar Ridwan Kamil di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jawa Barat, Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin, 10 April 2023.

Ridwan Kamil meminta seluruh DKM yang terdapat kotak amal digital, selalu dicek setiap hari dan keamanan ditingkatkan.

Hal tersebut agar tidak terjadi perpindahan ilegal uang sumbangan jemaah ke rekening yang tidak berhak, ucap Ridwan Kamil.

Sebelumnya ramai diberitakan di berbagai media, sebuah video viral di media sosial (medsos) memperlihatkan seorang pria mengganti barcode QRIS pada kotak amal sebuah masjid.

Aksi pelaku kemudian terekam kamera pengawas dan diketahui lokasinya berada di Masjid Nurul Iman, Blok M Square, Jakarta Selatan. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelaku Ganti Barcode QRIS Kotak Amal Lain

Video yang kemudian viral kali pertama diunggah oleh akun Instagram dengan nama redasamudera.

Dalam video tersebut, terlihat jelas seorang pria dengan sengaja melakukan tindakan penipuan mengganti barcode QRIS pada kotak amal masjid.

Ternyata bukan hanya satu QRIS yang diganti. Melalui rekaman CCTV, terungkap bahwa pelaku tidak hanya mengganti barcode QRIS pada satu kotak amal, tetapi juga pada kotak amal lain di sisi lain masjid.

"Hati-hati, terutama para DKM Masjid, telah terjadi modus penipuan mengganti barcode QRIS kotak amal masjid Nurul Iman Blok M Square Jakarta Selatan Lt 7. Slide 2 QRIS palsu, slide 3 QRIS asli. Dan juga pindah ke masjid Kalibata menempelkan QRIS lagi," tulis akun redasamudera.

Tak hanya di Instagram, video viral pria menukar QRIS masjid ke QRIS pribadi juga ramai di Twitter. (Arie Nugraha)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat