uefau17.com

Keutamaan Puasa, Tarawih dan Doa Hari ke-18 Ramadhan - Islami

, Jakarta Berpuasa di Bulan Ramadhan merupakan ibadah yang wajib dikerjakan oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Ibadah puasa sendiri termasuk dalam Rukun Islam yang ke-3. Tak terasa, bulan Ramadhan 1444 Hijriah telah sampai pada hari-18. 

Dimana pada hari ini terdapat keutamaan tersendiri dari hari-hari sebelumnya. Perintah menjalankan puasa Ramadhan telah ada dalam Al-Qur'an dan Hadits Nabi Muhammad SAW. Berikut dalilnya, 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ - ١٨٣

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS. Al-Baqarah : 183)

بني الإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ: شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ

Artinya: "Islam dibangun atas lima pilar; syahadat bahwa tidak ada tuhan yang berhak untuk disembah selain Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, haji, dan puasa di bulan Ramadhan." (HR. Bukhori dan Muslim) 

ومن صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadan karena iman dan ihtisab, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu,” (HR Bukhari).

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: "Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang atau terjauhkan (dari kebaikan)." (HR. Ahmad

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puasa Hari ke 18

Dalam kitab Fadhâil Al-Asyhur Ats-Tsalâtsah, tertulis keutamaan atau fadhillah berpuasa dalam kurun waktu 30 hari. 

Termasuk pada hari ke-18. Berikut keutamaan berpuasa dan tarawih pada hari ke-18 Ramadhan.

Keutamaan hari ke-18 puasa ramadhan, 

"Allah Azza wa Jalla memerintahkan malaikat Jibril, Mikail, Israfil, malaikat pemikul Arasy dan Al-Karubin agar memohonkan ampunan untuk ummat Muhammad saw sampai tahun berikutnya, dan Allah Azza wa Jalla memberikan pada kalian pahala para syuhada’ Badar.

Selain Keutamaan atau keistimewaan Berpuasa, ada pula keutamaan bagi yang melaksanakan Shalat Tarawih pada malam ke-18 :

"Seorang malaikat berseru, “Hai hamba ALLAH, sesungguhnya Allah ridha kepadamu dan kepada ibu bapakmu."

Selain keutamaan berpuasa dan shalat tarawih, ada pula Doa yang bisa dipanjatkan pada hari ke-18 Ramadhan. Berikut doanya

"Ya Allah, Sadarkanlah aku untik mengetahui berkat yang ada pada waktu sahur. Terangilah hatiku dengan cahaya-Mu yang lembut. Jadikanlah seluruh anggota badanku dapat mengikuti cahaya itu, wahai penerang hati sanubari" 

Setelah mengetahui keutamaan berpuasa, shalat tarawih hingga doa di hari ke-18 Ramadhan, tentunya kamu perlu membaca niat puasa untuk esok hari, berikut niat puasa Ramadhan.  

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانِ هذِهِ السَّنَةِ لِلهِ تَعَالَى

Artinya: "Aku berniat puasa esok hari untuk menunaikan fardhu di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah ta'ala."

Nah, itulah infromasi tentang Keutamaan Berpuasa, Shalat Tarawih, dan Doa yang bisa dipanjatkan pada hari ke-18 bulan Ramadhan beserta niat berpuasa.  

Penulis: Fatiyah Nurjanah

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat