uefau17.com

Doa Bersyukur kepada Allah Setelah Permintaan Dikabulkan - Islami

, Jakarta Manusia diciptakan dengan banyak keinginan selama menjalani kehidupannya di bumi. Menanggapi semua keinginan kita, sebagai hamba yang beriman, kita harus meminta hanya kepada Allah SWT.

Cara yang dapat kita lakukan untuk meminta pertolongan kepada Yang Maha Kuasa adalah melalui doa yang kita panjatkan. Semua orang menginginkan permintaan dan harapan, yang mereka tuangkan dalam doa, untuk dikabulkan. Pasti akan sangat menyenangkan jika doa kita terkabul segera setelah kita mengucapkannya.

Mengabulkan doa semata-mata adalah pilihan Allah SWT. Sebagai hamba Allah yang taat, kita hanya harus meminta kepada-Nya dan percaya bahwa hanya Allah yang dapat mengabulkan permintaan kita. Soal waktu dan bagaimana Dia menjawab doa kita, hanya Dia yang tahu. Jadi kita tetap harus tawakkal kepada Allah dan memadukannya dengan iman.

Dalam Al Quran, Allah berjanji bahwa jika seseorang dengan tulus memintanya melalui doa, Dia akan menjawabnya. Hal itu juga tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 186.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bersyukur ketika doa dikabulkan

Sebagai umat Islam, kita harus bersyukur ketika harapan dan doa kita dikabulkan oleh Allah. Permohonan kita yang dikabulkan Allah SWT membuktikan bahwa Dia selalu melindungi dan melihat hamba-Nya.

Sebagai bentuk rasa syukur, jangan lupa membaca doa ketika keinginan kita sudah terkabul.

Kita semua pasti tahu apa yang harus diucapkan ketika kita bersyukur kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan-Nya, termasuk mengabulkan doa kita.

Rasulullah Sallallahu alaihi wassalam telah mengajarkan bahwa ketika seorang Muslim menemukan bahwa doanya telah dikabulkan oleh Allah SWT (seperti sembuh dari penyakit atau selamat kembali dari perjalanan), maka dia dapat berterima kasih kepada Allah dengan mengucapkan kata-kata berikut:

 

Banyak sekali keutamaan bersyukur, berikut beberapa keutuhan bersyukur dalam islam seperti dihimpun dari Theislamicinformation. Ini adalah cara untuk mengingat dan mengakui kekuasaan Allah:

  • Dapatkan hidup yang diberkati.
  • Ini untuk mengenali kesempurnaan Allah.
  • Itu adalah sifat seorang mukmin.
  • Dijauhkan dari sifat sombong dan penyakit hati lainnya.
3 dari 3 halaman

Doa Menyambut Bulan Ramadhan yang Dibaca Nabi Muhammad SAW

Bulan suci Ramadhan tinggal menghitung hari lagi. Umat muslim pun menyambutnya dengan penuh sukacita. Di bulan yang suci ini, masyarakat muslim akan melakukan ibadah puasa Ramadhan, menahan diri dari nafsu, makan, minum dan semua hal yang membatalkan dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Di bulan Ramadhan, umat muslim juga berlomba-lomba melakukan kebaikan. Selain itu, di bulan penuh berkah ini umat muslim memanfaatkannya untuk memperbanyak amalan. Mulai dari bersedekah, sholat sunah yang menggandakan amalan dan berbagai ibadah lainnya.

Melansir dari NU, Senin (20/3/2023), semasa hidupnya, Nabi Muhammad SAW sangat menunggu kedatangan Ramadhan dan mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan Ramadhan. Beliau juga memunajatkan doa-doa tertentu dalam rangka menyambut Ramadhan.

Atas dasar itu, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan.

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat