uefau17.com

3 Cara Google Maps Bikin Mudik Makin Asyik - Islami

, Jakarta - Aplikasi peta adalah salah satu layanan yang sering digunakan sebagai penunjuk arah dalam berbagai kegiatan, termasuk ketika pulang kampung atau mudik nanti. Salah satu aplikasi peta populer yang banyak digunakan adalah Google Maps.

Nah ada kabar baik buat kamu pengguna Google Maps. Google berbagi 3 cara untuk mengoptimalkan layanan Google Maps supaya perjalanan kamu makin lancar. Kamu bisa mengukur waktu tempuh, menggunakan fitur Street View, dan memanfaatkan fitur offline.

1. Mengukur waktu perjalanan
Google Maps belum lama ini meluncurkan fitur baru, yang memungkinkan kamu memasukkan beberapa tempat sekaligus dalam satu kali navigasi. Misalnya, ketika tengah menyetir ke titik A, lalu kehabisan bensin saat perjalanan, di sini kamu hanya perlu mengklik ikon kaca pembesar kemudian memilih opsi pom bensin.

Baca Juga

  • Bos Indosat Ooredoo Nyatakan 'Perang' dengan Telkomsel
  • 5 Hal Terlarang bagi Pengguna Android
  • Konsumsi Internet Diprediksi Sedot Rp 2,4 Kuadriliun di 2017

Setelah itu, Google Maps secara otomatis akan melakukan 'detour' dan memberitahu kamu berapa lama waktu tempuh yang diperlukan untuk menuju titik A. Ini juga berfungsi ketika kamu akan melakukan 2 pertemuan di satu hari.

Misalnya, kamu memasukkan navigasi dari rumah, menuju titik A dan titik B. Kamu akan diberi tahu berapa lama waktu yang diperlukan, sehingga kamu bisa merencanakan sisa hari dengan lebih baik.

2. Menggunakan Street View
Fitur ini bisa digunakan untuk mengecek kondisi sekitar. Kamu bisa melihat kondisi sekitar lokasi secara virtual dengan fitur tersebut.

Caranya pun cukup mudah. Ketik nama hotel di Google Maps, kemudian drag ikon robot kuning di pojok kanan bawah ke lokasi yang kamu inginkan. Voila! Kamu pun bisa langsung melihat lingkungan sekitar lokasi tersebut.

3. Fitur offline
Menggunakan Google Maps di area dengan koneksi tidak stabil bisa membuat frustrasi, apalagi saat kamu sedang mencari alamat di area yang tidak dikenal. Nah, kamu bisa menyimpan area yang akan dikunjungi di ponsel beberapa hari sebelumnya. Dengan demikian, kamu tetap bisa mendapatkan navigasi ke tempat tujuan tanpa koneksi internet atau WiFi.

Kamu bisa memilih "Unduh area offline" di menu utama Google Maps. Masuk ke pilihan "Area Offline" dan tekan tanda "+" berwarna biru di pojok kanan bawah dan Maps offline pun siap digunakan.

Selamat mencoba!

(Din/Why)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat